Hindari Beberapa Mitos Tentang Diet yang Tidak Benar

Tidak semua informasi yang beredar seputar diet benar dan terpercaya.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Diet dan menurunkan berat badan merupakan resolusi tahun baru paling populer. Tak sedikit yang berlomba-lomba mencari informasi soal cara diet terbaik, untuk mencapai target berat badan.

Sayangnya, tidak semua informasi yang beredar seputar diet benar dan terpercaya. Bahkan sebagian di antaranya sudah terbukti cuma mitos dan tidak benar secara ilmiah.

Berikut 5 mitos diet paling populer yang harus dihindari.


1. Tidak makan karbohidrat dapat lebih cepat kurus

Karbohidrat ada dalam bentuk sederhana dan kompleks. Karbohidrat sederhana terdapat dalam kue-kue dan manisan. Karbohidrat ini tidak memiliki kandungan vitamin, mineral, dan serat.

Sementara karbohidrat kompleks bisa ditemukan dalam roti, biji-bijian, dan buah. Kurangi karbohidrat sederhana, dan biarkan yang kompleks dalam menu sehari-hari.


2. Makanan low fat tidak membuat gemuk

Banyak makanan jenis berlabel "low fat", misalnya keju dan susu, mengandung gula lebih banyak, atau pati, atau garam. Sehingga kandungan kalorinya sama atau lebih banyak dari versi yang tak berlabel "low fat".


3. Jangan makan malam agar diet ampuh

Orang yang makan saat larut malam, bobot tubuhnya kerap bertambah. Salah satu penyebabnya, mereka kerap memilih maknan yang kadar kalorinya tinggi. Jika malam hari masih lapar, santap makanan ringan yang sehat, seperti buah-buahan.


4. Jangan menargetkan penurunan berat badan dengan tinggi

Tidak ada prinsip yang berlaku pada semua orang. Sesuatu yang berfungsi pada orang lain, mungkin tidak berfungsi pada Anda. Menurunkan berat badan perlu proses. Sebaiknya siap mengubah strategi, setelah mengetahui apa yang berfungsi, dan apa yang tidak.


5. Tidak sarapan membuat gendut

Tidak ada bukti ilmiah, bahwa pendapat ini benar. Jika di pagi hari belum merasa lapar, tidak perlu memaksa diri untuk makan. Begitu siap untuk makan, lebih baik menyantap havermut dengan buah-buahan segar. []

(Hosea Leonard Hutabarat)


Baca Juga

Berita terkait
Diet Mediterania Ditetapkan Sebagai Diet Terbaik, Ini Alasannya
Diet Mediterania sangat aman dan ramah bagi lingkungan.
Kenali 5 Efek Samping Diet Karbo Sebelum Menjalaninya
Menurut penelitian, diet karbo yang berlebihan ternyata dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan.
Ancaman Mengintai, Berikut Penyakit Akibat Diet Keto
Risiko penyakit yang ditimbulkan oleh diet ketogenik mungkin lebih besar daripada manfaatnya
0
Video Jokowi 'Menghadap' Megawati Sangat Tidak Elok Dipertontonkan
Tontonan video Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang sedang bertemu dengan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarno Putri, sangat tidak elok.