Hasil Pertandingan Timnas Indonesia vs Taiwan: Skor 2-1

Skuat Garuda berhasil memenangkan pertandingan vs Taiwan dengan skor 2-1 di Stadion Chang Arena Buriram, Thailand. Simak ulasannya.
Para pemain Timnas Indonesia saat merayakan gol Evan Dimas tadi malam vs Taiwan. (Foto: Tagar/Instagram/@pssi)

Jakarta – Timnas Indonesia berhasil meraih kemenangan pada leg pertama play off Kualifikasi Piala Asia 2023. Skuat Garuda berhasil memenangkan pertandingan vs Taiwan dengan skor 2-1 di Stadion Chang Arena Buriram, Thailand, Kamis 7 Oktober 2021 malam WIB.

Gol kemenangan Timnas Indonesia dicetak oleh pemain muda Ramai Rumakiek di babak pertama dan juga kapten Evan Dimas yang menggandakan keunggulan Indonesia di babak kedua. Sementara Taiwan berhasil memperkecil kedudukan melalui gol Heng Pin Shu di akhir babak kedua.

Kemenangan 2-1 atas Taiwan ini menjadi modal berharga buat Timnas Indonesia untuk menjalani pertandingan leg kedua yang akan di mainkan pada hari Senin, 11 Oktober 2021 mendatang.

Namun Timnas Indonesia wajib waspada, karena Taiwan sudah mencuri 1 gol tandang mereka, sehingga di leg kedua nanti Indonesia minimal harus mencetak satu gol agar Skuat Garuda juga punya gol tandang.


Jalannya Pertandingan

Timnas IdonesiaIrfan Jaya (kiri) saat menghadapi pemain Taiwan. (Foto: Tagar/Instagram/@pssi)


Bermain di Chang Arena, Taiwan di awal-awal pertandingan babak pertama mencoba untuk mengambil inisiatif serangan. Pada menit ke-5 awal babak pertama, Taiwan mulai mengancam gawang Indonesia melalui tembakan Emilio Estevez, namun bola berhasil di tepis oleh Riyandi.

Perlahan tapi pasti Indonesia akhirnya bisa menguasai pertandingan dan memainkan ball possession. Mereka kini berbalik menekan Taiwan dan hasilnya berbuah manis pada menit ke-16.

Berawal dari umpan silang Miftah di sisi kiri, bola berhasil diterima oleh Rumakiek. Pemain muda tersebut melewati hadangan dua pemain bertahan Taiwan sebelum melepaskan tembakan datar di sela-sela kaki kiper dari Taiwan.

Unggul 1-0 membuat Indonesia semakin percaya diri menyerang. Namun pertahanan yang rapat Taiwan cukup sulit ditembus oleh pemain Indonesia.

Di laga ini, Taiwan beberapa kali melakukan pelanggaran kepada pemain Indonesia. Hasilnya di menit ke-27 sang pencetak gol Indonesia Rumakiek harus di tarik keluar dan digantikan oleh Egy Maulana Vikri. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Di awal babak kedua, Shin Tae Yong membuat satu pergantain pemain. Miftah Sani ditarik dan digantikan oleh Pratama Arhan. Baru lima menit berjalan pada babak kedua, Indonesia berhasil menggandakan keunggulan menjadi 2-0. Kali ini gol dicetak oleh Evan Dimas.

Kushedya Hari Yudo berhasil memberikan umpan tarik di kotak penalti lawan dan kemudian bola dapat disambar dengan baik oleh Evan Dimas. 2-0 Indonesia memimpin.

Di menit ke-66, Egy nyaris memperbesar keunggulan Indonesia atas Taiwan. Andai saja jika tendangannya berhasil di tepis oleh kiper Taiwan.

Lagi-lagi Indonesia mempunyai peluang emas di menit ke-81. Pemain pengganti, Syahrian Abimanyu melepaskan tembakan dengan kaki kirinya dengan keras, namun sayang tembakannya berhasil di tepis oleh Shi Xin An.

Di akhir babak kedua, tepatnya di menit ke-90, Taiwan berhasil mencuri gol dari Indonesia. Berawal dari free kick, Heng Phin Shu berhasil lolos dari pengawalan pemain Indonesia dan dapat menceploskan bola ke gawang Riyandi.

Skor 2-1 bertahan hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan.


Susunan Pemain

Indonesia: Riyandi; Miftah Sani, Victor Igbonefo, Fachrudin, Asnawi Mangkualam; Evan Dimas, Ricky Kambuaya, Rachmat Irianto; Ramai Rumakiek, Kushedya Hari Yudo, Irfan Jaya.

Taiwan: Shih Shin-An; Hsieh Peng-Long, Chen Ting-Yang, Liang Meng-Hsin, Cheng Hao, Li Cheng-Yi; Emilio Estevez, Wu yen-Shu; Li Mao, Wu Chun-Ching, Lee Hsiang-Wei.

(Alwin Widiyantoro)

Berita terkait
Kalahkan DKI, Tim Basket Jateng Melenggang ke Semifinal PON
Tim Basket Jawa Tengah (Jateng) sukses melenggang ke semifinal setelah mengalahkan DKI Jakarta sengan skor tipis 88-82. Berikut ulasannya.
7 Pemain Sepak Bola Internasional yang Lahir Bulan Oktober
Bulan Oktober menjadi momen yang sangat spesial terutama bagi mereka yang akan merayakan ultah. Berikut pemain sepak bola yang lahir Oktober.
Jejak Langkah Pep Guardiola Jadi Pelatih Handal Sepak Bola
Pelatih yang sukses mempersembaahkan trofi juara dalam menanagani klub asuhannya sejak kali pertama gantung sepatu dari pemain sepak bola pada 2006
0
Hasil Pertandingan Timnas Indonesia vs Taiwan: Skor 2-1
Skuat Garuda berhasil memenangkan pertandingan vs Taiwan dengan skor 2-1 di Stadion Chang Arena Buriram, Thailand. Simak ulasannya.