UNTUK INDONESIA
Hari Antikorupsi Erick Thohir Jadi Tukang Bakso
Menteri BUMN Erick Thohir bersama Presiden Jokowi dan jajaran menteri lainnya menghadiri #PrestasiTanpaKorupsi di SMKN 57 Jakarta.
Erick Thohir. (Foto: Tagar/Nurul Yaqin)

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak memenuhi undangan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk memperingati Hari Antikorupsi 2019 di Gedung Merah Putih. Jokowi terlihat menghadiri pentas #PrestasiTanpaKorupsi di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 57 Jakarta, bersama para Menteri Kabinet Indonesia Maju.

Kalian belajar aje, supaya prestasi kalian makin kinclong tanpa korupsi.

Di sana Jokowi menyaksikan pertunjukan pentas seni drama yang diperankan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama.

Baca juga: Sosok Tersangka Korupsi Kapal Latih Disdik Sul-Sel

Selain itu, pentas seni ini turut didukung juga oleh dua artis komedian, yakni Sogi Indra Dhuaja dan Bedu.

Dalam acara itu para Menteri Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024 menampilkan pesan tentang korupsi yang menjadi musuh bersama. Seperti Menteri BUMN Erick Thohir, Senin pagi, 9 Desember 2019 berperan sebagai penjual baso, menyindir perilaku korupsi. 

Di depan para siswa-siswi SMKN 57, mantan bos Inter Milan itu menyinggung isu terkini, seperti soal keterlibatan Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Askahara dalam penyelundupan Harley Davidson. 

#PrestasiTanpaKorupsiSeni drama #PrestasiTanpaKorupsi yang dilakoni para Menteri Kabinet Indonesia Maju di SMKN 57 Jakarta, Senin, 9 Desember 2019. (foto: Tagar/Popy Sofy).

Erick juga menyampaikan pesan menyangkut korupsi uang, korupsi waktu, dan berbagai hal yang harus dihindari anak sekolah terkait dengan bahaya korupsi.

Dia memberikan wejangan kepada para murid agar tidak jajan bakso menggunakan uang murid lainnya yang terkumpul dalam uang kas kelas. Karena, hal itu hanya menguntungkan pribadi, merugikan orang lain.

Sedangkan menteri dan artis lainnya tampil menghibur berperan sebagai siswa sekolah.

Baca juga: Dua Tersangka Korupsi Kapal Disdik Sul-Sel Ditahan

Di akhir percakapan, salah satu murid yang diperankan oleh Sogi mengutarakan sebuah pantun berisi pesan antikorupsi.

"Makan sagu pake terasi, gue enggak mau jadi tukang korupsi," ucap Sogi dalam dialog pementasan di Aula SMKN 57 Jakarta, Senin, 9 Desember 2019.

"Kalian belajar aje, supaya prestasi kalian makin kinclong tanpa korupsi," timpal Erick dengan logat betawi.

Acara hari ini juga dihadiri oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. []

Berita terkait
Agus Rahardjo Ingatkan Korupsi Masih Merajalela
Bagi KPK tahun ini adalah tahun terberat, apalagi dengan adanya revisi UU KPK yang sudah diberlakukan pada 17 Oktober lalu.
ACC: Penanganan Kasus Korupsi di Sul-Sel Tertutup
Anti Coruption Commmite (ACC) Sulawesi menilai penanganan kasus korupsi di Sul-Sel oleh penegak hukum nyaris tertutup.
2500 Personel Kawal Hari Anti Korupsi di Makassar
Polda Sul-Sel juga menerjunkan personel masing-masing untuk mengawal Hari Anti Korupsi di daerah atau Kabupaten.
0
Sektor Usaha Penerima Fasilitas Pajak Ditambah
Pemerintah melalui Kementerian Keuangan telah menambah jumlah sektor usaha yang dapat menerima fasilitas pajak.