Hanyut 11 Hari, Warga Solok Selatan Tewas Tersangkut

Seorang warga Solok Selatan, Sumatera Barat, ditemukan tewas di aliran sungai setelah dilaporkan hilang selama 11 hari.
Proses evakuasi warga Solok Selatan, Sumatera Barat, yang tewas di aliran sungai. (Foto: Tagar/dok.Basarnas Padang)

Solok Selatan - Seorang warga Nagari Pulakek, Kecamatan Sungai Pagu, Kabupaten Solok Selatan (Solsel), Sumatera Barat, ditemukan tewas tersangkut di aliran sungai Batang Bangko, Nagari Koto Baru, Kecamatan Sungai Pagu.

Korban diduga hanyut akibat arus deras di sungai dan hilang malam hari.

Jasad lelaki bernama Rusdiyanto, 45 tahun, itu ditemukan sekitar 20 kilometer dari Batang Pulakek atau dari tempat awal dia dilaporkan hilang saat pergi memancing pada Sabtu 28 Desember 2019.

Kepala Basarnas Padang, Asnedi, mengatakan jasad Rusdiyanto baru ditemukan tim BPBD dan SAR gabungan pada Rabu 8 Januari 2020 malam. Dia ditemukan dalam keadaan wajah yang sudah tidak utuh.

Namun pihak keluarga meyakini itu adalah Rusdiyanto karena melihat dari celana yang digunakan. Sehingga, keluarga menolak untuk di autopsi dan segera menyemayamkan jenazah usai dievakuasi.

"Korban diduga hanyut akibat arus deras di sungai dan hilang malam hari Sabtu 28 Desember 2019 atau sekitar 11 hari sebelum ditemukan," katanya saat dihubungi Tagar, Kamis 9 Januari 2019.

Basarnas Padang sendiri menurunkan delapan personel untuk membantu pencarian korban. Jasadnya ditemukan sekitar 20 kilometer dari lokasi korban dilaporkan hanyut.

"Aliran air sungai yang cukup deras juga menjadi kendala kami dalam melakukan pencarian," katanya.

Sebelumnya, Rusdiyanto dikabarkan hanyut terseret arus Batang Pulakek sejak Sabtu 28 Desember 2020. Dia pamit kepada keluarga untuk pergi memancing sekitar pukul 20.00 WIB malam. Namun karena tak kunjung pulang hingga pagi hari, keluarga pun melaporkan Rusdiyanto hilang.

Tim SAR dan BBPD bersama warga sempat melakukan upaya pencarian korban. Berhari-hari menyisir aliran Batang Pulakek, Rusdiyanto tak kunjung ditemukan. Petugas hanya menemukan sepeda motor korban yang terparkir di rumah temannya.[]

Berita terkait
1.607 Warga Padang Cerai 2019, 35 Persen Selingkuh
Selain faktor ekonomi dan KDRT, perceraian di Kota Padang, Sumatera Barat, juga dipicu faktor perselingkungan di media sosial.
Sumbar Rawan Bencana, Anggaran BPBD Malah Dipangkas
Sumatera Barat kerap diterjangan beragam bencana yang hampir setiap tahun terjadi. Namun anggaran BPBD Sumbar 2020 dipangkas sebesar 30 persen.
Polisi Kebut Kasus Dugaan Korupsi Dana KONI Pessel
Jajaran Polres Pesisir Selatan, Sumatera Barat, telah menyelidiki empat kasus dugaan korupsi sepanjang 2019.
0
Simak 5 Aplikasi dan Situs Simulasi Tes CPNS
Terdapat lima aplikasi dan situs simulai tes CPNS 2021 yang sudah disiapkan untuk mengisi kota sebanyak 105.777 dari 189.102 formasi ASN yang ada.