UNTUK INDONESIA
Hanung: Mas Anji Kurang Kerjaan, Protes Mayat Corona
Hanung Bramantyo sebut Anji Drive kurang kerjaan komentari jenazah Corona hasil potret jurnalistik karya Joshua Irwandi.
Penyanyi Anji. (Foto: Instagram/duniamanji)

Jakarta - Tak hanya soal Jerinx Superman is Dead (SID), Hanung Bramantyo juga merasa risih melihat kelakuan Anji Drive yang belum lama ini mengomentari foto jurnalistik jenazah korban virus corona karya Joshua Irwandi. Ia mengatakan bahwa Anji hanya kurang kerjaan.

Hanung Bramantyo menegaskan, ia tidak melarang siapa pun yang mengeluarkan pendapatnya di muka umum. Namun, hal yang amat disayangkan suami Zaskya Adya Mecca itu tatkala ada yang berpendapat soal virus corona, ironisnya justru di luar dari ilmu yang dimiliki orang tersebut.

Kalau memang kita tidak perlu berpendapat, karena kadang-kadang apa yang diucapkan dengan yang tidak didasari ilmu itu berbahaya. Itu aja sih.

Saat disinggung menyoal aksi vokalis Anji yang mengkritik foto jurnalistik jenazah korban corona karya Joshua Irwandi, secara gamblang Hanung mengulang ucapannya, pria berambut pelontos itu cuman kurang kerjaan.

Baca juga: Duduk Perkara Kontroversi Anji Soal Jenazah Covid-19

"Tidak perlu lah harus berpendapat seperti itu, malah jadi orang melihat Mas Anji itu jadi kayak apa, ya kurang kerjaan," ujar Hanung Bramantyo saat dihubungi Tagar pada Kamis, 30 Juli 2020.

Lebih lanjut ia mengungkapkan bahwa dirinya pun bisa memberikan komentar soal lagu-lagu Indonesia, namun ia memilih bungkam lantaran dirinya bukan ahli di bidang tersebut. Maka, sutradara film Jomblo itu lebih memilih diam dan fokus terhadap keahliannya.

"Saya itu sebetulnya bisa banget berkomentar mengkritik lagu-lagu Indonesia itu cemen ya, bisa tapi kenapa saya tidak mau? Karena saya bukan penyanyi, saya bukan praktisi. Saya filmmaker, ketika saya mengkritisi film wajar. Sudah lah mas Anji, nyanyi aja lah mas. Buat saya foto jurnalis itu sudah ada undang-undangnya, ada tata caranya, dan itu sudah jelas kok," ujarnya.

Baca juga: Gegara Jerinx, Hotman Paris Dihujat Habis-habisan

"Tiba-tiba saya mau berbicara tentang bola atau komentar kesehatan, tiba-tiba saya diundang untuk topik seperti itu. Saya kan sutradara, bukan seorang dokter. Keluar dari topik saja gitu," tutur ayah enam anak tersebut.

Untuk itu, Hanung menyarankan agar orang yang tidak berkompetensi mengenai suatu hal, tidak usah merecoki profesi orang lain dengan komentar tidak sedap. Untuk itu sangat diperlukan pengendalian diri.

"Kalau memang kita tidak perlu berpendapat, karena kadang-kadang apa yang diucapkan dengan yang tidak didasari ilmu itu berbahaya. Itu aja sih," ujar Hanung.

Terlebih, belakangan ini, keributan yang melibatkan Anji dengan Pewarta Foto Indonesia (PFI) terjadi di laman Instagram, hingga membuat publik heboh. Bagi Hanung, tindakan Anji pantas disebut sangat kurang kerjaan.

"Kalau saya selama ini terlihat tidak pernah memberikan pendapat atau segala macam. Bukan saya tidak memberi pendapat, tapi saya kepingin mencari tempat untuk berpendapat yang pas gitu loh," ucapnya.

"Kalau medsos itu tempat orang-orang berkicau, namanya juga berkicau gitu lah. Makanya kalau kicauan di media sosial, ya yang lucu-lucu saja enggak usah terlalu ngapain. Berkicau kurang kerja banget gitu loh, buat saya kalau misalnya mau berdiskusi begini berada di depan gini bisa lihat mukanya enak toh gitu loh, ada forum saya malah lebih konservatif," ujar Hanung Bramantyo. []

Berita terkait
Hotman Paris Imbau Kapolda Bali Bawa Jerinx ke Kuburan
Geram dengan kelakuan Jerinx SID yang menyalahi protokol kesehatan Corona, Hotman Paris imbau Kapolda Bali bawa dia ke kuburan korban Covid-19.
Jerinx Demo Tolak Rapid Test, DPR Minta Pemerintah Tegas
Anggota Komisi IX DPR Nabil Haroen meminta pemerintah tegas terhadap demo tolak rapid test dan swab test Covid-19 yang dimotori Jerinx cs di Bali.
Jerinx Sombong Ngalahin Firaun Tantang Hotman Paris
Jerinx beradu sempat komentar dengan Hotman Paris Hutapea di media sosial. Netizen sebut Jerinx sombongnya mengalahkan Firaun.
0
Sebut Monyet di Facebook, Wanita Ini Dituntut Penjara
Seorang wanita yang menulis kata monyet dan ditujukan kepada wanita lainnya via akun Facebook dituntut penjara 1 tahun 6 bulan.