UNTUK INDONESIA
Hangus Dibakar, Gimana Nasib Gedung DPR Papua Barat?
Unjuk rasa di Manokwari merembet pembakaran gedung DPR Papua Barat. Lantas bagaimana nasib gedung lokasi wakil rakyat dan ASN itu?
Kondisi gedung DPRD Papua Barat yang terbakar pascakerusuhan di Manokwari, Papua Barat, Senin (19/02/2019). (Foto: Antara/Tomi)

Jakarta - Unjuk rasa di Manokwari pada 19 Agustus 2019 merembet pembakaran gedung pemerintahan daerah. Sekretaris Daerah (Sekda) Papua Barat Nathaniel mengaku bakal mencarikan gedung baru untuk DPR (Dewan Perwakilan Rakyat) wilayahnya.

Ketika itu, massa menghancurkan gedung sekretariat Majelis Rakyat Papua (MRP) Papua Barat. Gedung yang berada tepat di depan kantor DPR itu hangus dibakar massa.

"Kalau sudah terbakar begini ya kita terpaksa harus cari gedung baru. Pastinya akan sewa sehingga ada tempat untuk melaksanakan tugas-tugas DPR," kata Nathaniel di Manokwari, Papua, seperti dilansir dari Antara, Kamis 22 Agustus.

Soal bagaimana teknis pelantikan, dimana lokasinya nanti baru diatur. Yang penting sekarang kita harus cari gedung untuk sekretariat sementara.

Gedung yang diamuk massa itu, kata Nathaniel, tidak akan berimbas pada pelantikan anggota DPR Papua Barat yang terpilih pada Pemilu serentak 2019 periode 2019-2024

"Soal bagaimana teknis pelantikan, dimana lokasinya nanti baru diatur. Yang penting sekarang kita harus cari gedung untuk sekretariat sementara,"ujar dia.

Begitu pula kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Papua Barat yang berada dalam satu atap dengan gedung MRP.

Pemprov juga akan mengupayakan gedung bagi MRP. Sedangkan untuk Dinas Kependudukan, pihaknya akan mendorong agar pembangunan gedung yang sudah dimulai sejak beberapa tahun lalu dipercepat.

"Pembangunan kantor Dinas Kependudukan tahun ini seharusnya sudah selesai. Nanti akan kami cek," tuturnya.

Berita terkait
Sandiaga Uno Prihatin Papua Bergejolak
Saat ini bukan saatnya untuk mengkritik, tetapi berusaha untuk saling memahami permasalahan yang terjadi.
Senjata Rakitan dan 34 Pelaku Kerusuhan Timika Ditahan
Pasca-kericuhan pecah di Timika, polisi mengamankan senjata rakitan dan menahan 34 orang diduga pelaku kerusuhan.
Kondisi Terkini Manokwari Setelah Kerusuhan Papua
Manokwari mencekam pada Senin 19 Agustus 2019. Massa memblokir jalan dan membakar Gedung DPRD. Bagaimana kondisinya saat ini?
0
Relawan Dukung Jokowi dan Mahasiswa Tolak RKUHP
Komite Penggerak Nawacita mendukung aksi demonstrasi mahasiswa di berbagai daerah yang menolak rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP).