5 Manfaat Buah Naga, Salah Satunya Melawan Penyakit Kronis

Tampilannya yang unik dan rasanya yang manis membuat buah naga digemari banyak orang
Ilustrasi buah naga. (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta - Buah naga adalah buah yang tumbuh pada kaktus yang disebut hylocereus. Buah ini dapat ditemukan di daerah tropis di seluruh dunia.

Tampilannya yang unik dan rasanya yang manis membuat buah naga digemari banyak orang. Dari luar, kulit buah naga seperti sisik naga dengan warna merah dan hijau, sedangkan daging di dalamnya berwarna putih dan ada juga yang merah dengan biji – biji hitam kecil namun tetap bisa dimakan.

Buah ini awalnya tumbuh di Meksiko selatan dan Amerika Selatan. Kemudian Prancis membawanya ke Asia Tenggara pada awal abad ke-19. Namun, tidak harus tinggal di daerah tropis untuk menikmati buah naga. Karena buah ini mudah dijumpai di supermarket di seluruh dunia.

Tak hanya lezat, manfaat buah naga juga beragam bagi kesehatan tubuh manusia. Dirangkum dari laman Heatlhline, berikut 5 manfaat buah naga untuk kesehatan.


1. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Kemampuan tubuh untuk melawan virus ditentukan oleh beberapa faktor yang berbeda, termasuk kualitas makanan yang dikonsumsi. Vitamin C dan karotenoid dalam buah naga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah infeksi dengan melindungi sel darah putih dari kerusakan.

Sel darah putih dalam tubuh sendiri berfungsi untuk menghancurkan zat berbahaya. Namun, sel darah putih sangat sensitif terhadap kerusakan oleh radikal bebas. Sebagai antioksidan kuat, vitamin C dan karotenoid dapat menetralkan radikal bebas dan mempertahankan sel darah putih dari bahaya.

2. Kaya akan zat besi

Buah naga ternyata kaya akan zat besi yang sangat berguna bagi tubuh. Zat besi memainkan peran penting dalam mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Zat besi juga memainkan peran penting dalam mengolah makanan menjadi energi.

Buah naga bisa menjadi pilihan bagus untuk penderita anemia, karena dengan rutin mengonsumsi buah naga dapat memenuhi kebutuhan zat besi dalam tubuh. Zat besi juga mengandung vitamin C yang membantu tubuh dapat menyerap zat besi dengan lebih baik.

3. Kaya akan magnesium

Buah naga menawarkan lebih banyak magnesium daripada kebanyakan buah yang sering dijumpai. Magnesium memiliki peran penting dalam tubuh misalnya untuk membantu pengolahan makanan menjadi energi, menjaga kesehatan otot, pembentukan tulang dan bahkan pembuatan DNA.

4. Meningkatkan kerja usus

Usus Anda adalah rumah bagi sekitar 100 triliun mikroorganisme yang beragam, termasuk lebih dari 400 spesies bakteri. Buah naga ternyata mengandung prebiotik yang berpotensi meningkatkan keseimbangan bakteri baik di usus.

Prebiotik adalah jenis serat khusus yang mendorong pertumbuhan bakteri sehat di usus. Dalam proses pencernaan ternyata usus tidak dapat memecah serat sendiri. Namun, bakteri di usus dapat membantu mencernanya.

Secara khusus, buah naga mendorong pertumbuhan dua keluarga bakteri sehat yakni bakteri asam laktat dan bifidobacterial. Mengonsumsi prebiotik secara teratur dapat mengurangi risiko infeksi pada saluran pencernaan dan diare. Ini karena prebiotik mendorong pertumbuhan bakteri baik, yang dapat mengalahkan bakteri jahat.

5. Membantu melawan penyakit kronis

Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang menyebabkan kerusakan sel, yang dapat menyebabkan peradangan dan penyakit. Salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengonsumsi makanan kaya antioksidan seperti buah naga. Antioksidan bekerja dengan menetralkan radikal bebas, sehingga mencegah kerusakan sel dan peradangan.

Buah naga mengandung beberapa jenis antioksidan kuat, diantaranya, Vitamin C, Betalains dan Karotenoid. Fakta penting yakni, antioksidan bekerja paling baik apabila dimakan secara alami dalam makanan, bukan dalam bentuk pil atau sebagai suplemen. mengonsumsi makanan tinggi antioksidan dapat membantu mencegah penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, diabetes, dan radang sendi. []


(Fauzi Maulana Rizqi)

Berita terkait
Manfaat Luar Biasa Buah Persik untuk Kesehatan
Buah persik sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan menghindari berbagai risiko penyakit.
4 Buah-buahan Ini Bisa Membuat Badan Gemuk
Beberapa buah-buahan bisa menjadi senjata makan tuan bagi kelancaran program diet Anda jika dimakan terlalu banyak.
5 Buah Berserat Tinggi untuk Menurunkan Berat Badan
Buah kaya serat bisa dikonsumsi kapan saja sepanjang hari, terutama saat sarapan pagi.
0
5 Manfaat Buah Naga, Salah Satunya Melawan Penyakit Kronis
Tampilannya yang unik dan rasanya yang manis membuat buah naga digemari banyak orang