Ini Dia 3 Cara Jitu untuk Menabung dengan Mudah

Dengan begitu banyaknya kebutuhan sehari-hari dan pengeluaran yang diperlukan, rasanya menabung menjadi hal yang semakin sulit dilakukan.
Ilustrasi (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Kemampuan untuk menyimpan uang menjadi pondasi untuk membangun kekayaan. Hal ini juga bisa memberikan seseorang rasa yang nyaman. Umumnya, untuk menghemat uang, peerlu menghabiskan sedikit lebih dari penghasilan. Namun, sering kali ini lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Apalagi terkadang manusia mempunyai keinginan yang banyak.

Jika kamu sadar, ada banyak cara yang dapat dimulai untuk menghemat uang. Berapapun usia, pekerjaan apa pun, dan seberapa besar atau kecilnya pemasukan, kamu bisa berhemat. Berikut cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk berhemat:


Pentingnya Dana Darurat

Yang pertama dan paling penting tujuanmu menabung adalah untuk dana darurat. Kamu tidak bisa memprediksi apa yang terjadi ke depannya. Oleh sebab itu, tak jarang juga di beberapa situasai bisa menyebabkan darurat keuangan, seperti kehilangan pekerjaan, biaya medis, perbaikan rumah atau mobil. Secara teori, dana darurat bisa menjadi biaya hidup cadangan untuk tiga hingga enam bulan ke depan. Di sinilah dana darurat bisa berguna.


Tempat Menyimpan Uang

Setelah memutuskan untuk berhemat, kamu perlu menentukan tempat di mana harus menyimpannya. Dari menyimpannya di rekening tabungan bank sampai sertifikat deposito, kamu perlu mempertimbangkan semua opsi yang ada agar mencari tahu yang sesuai denganmu.


Menabung Otomatis

Dengan begitu banyaknya kebutuhan sehari-hari dan pengeluaran yang diperlukan, rasanya menabung menjadi hal yang semakin sulit dilakukan. Salah satu cara untuk mengatasi ini adalah membuat rencana tabungan otomatis. Menyiapkan transfer otomatis langsung ke rekening tabungan untuk berhemat bisa mengurangi godaan untuk dibelanjakan.[]


(Retno Ayuningrum)

Baca Juga:

Berita terkait
Setop 3 Kebiasaan Ini Agar Kamu Bisa Menabung
Disadari atau tidak, masyarakat zaman now jadi lebih suka gonta-ganti gadget seperti ponsel pintar karena mengikuti tren terkini.
Cara Mangajarkan Anak Menabung Diusia Dini
Sebelum mengajarkan cara menabung, baiknya orangtua jelaskan dulu apa itu uang dan apa tujuan berhemat menyimpan uang.
Patut Dicoba Nih! 5 Cara Menabung Unik Tradisional Ala 90-an
Salah satu cara untuk menyimpan uang adalah dengan menabung, yang sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian orang. Nah, ini cara menabung ala 90-an.
0
Ini Dia 3 Cara Jitu untuk Menabung dengan Mudah
Dengan begitu banyaknya kebutuhan sehari-hari dan pengeluaran yang diperlukan, rasanya menabung menjadi hal yang semakin sulit dilakukan.