Guys, Begini Nih 5 Cara Meningkatkan Tabunganmu

Menabung tidak terjadi dalam semalam, tetapi kamu bisa membuat rencana untuk mulai menabung. Dengan memulai langkah-langkah kecil yang konsisten.
Asuransi dan Tabungan (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta - Dari mempunyai dana darurat, menabung untuk pembelian besar hingga memiliki rencana tabungan bulanan bisa secara signifikan meningkatkan keamanan finansialmu. Jika kamu menjadikan tabungan sebagai bagian dari rutinitas yang wajib, jauh lebih mudah membuatnya menjadi prioritas.

Tentunya tidak mudah seperti saat mengucapkannya. Apalagi banyak godaan di luar sana, misalnya ketika kamu harus rela tidak membeli barang yang kamu inginkan. Saat menabung mulai terasa luar biasa, ada beberapa cara besar dan kecil yang bisa menambah tabunganmu setiap bulannya.


Tetapkan Tujuan Tabungan yang Rasional

Langkah pertama untuk meningkatkan tabunganmu adalah menetapkan tujuan yang bisa dicapai dan realistis. Menetapkan tujuan awal yang lebih kecil bisa membuatmu lebih berhasil dalam menabung dan tidak kewalahan. Misalnya, kamu ingin menghemat 10% dari tabunganmu atau lima ratus ribu per bulan.

Setelah kamu berhasil mencapai tujuan selama beberapa bulan, kamu akan merasa lebih termotivasi dan bisa meningkatkan jumlahnya. Namun, jangan coba untuk menghemat dari yang awalnya lima ratus per bulan menjadi tiga juta per bulan. Sebaliknya, tingkatkan tujuanmu secara bertahap agar kamu tidak kewalahan dan bisa mencapainya dengan konsisten.


Mengurangi Pengeluaran

Setelah mempunyai anggaran yang solid, kamu bisa mengurangi pengeluaran dari kategori tertentu. Seberapa pun jumlahnya yang bisa kamu potong dari pengeluaran, bisa menambah tabunganmu. Ini bisa membantumu fokus pada satu atau dua kategori pengeluaran yang bisa dikurangi dengan mudah, seperti:

Hiburan: Cobalah meminjam buku dari perpustakaan atau teman daripada membelinya. Atau mengurangi layanan streaming berlangganan.

Kendaraan: Cobalah menggunakan kendaraan umum, sepeda, atau berjalan untuk bekerja daripada membayar bensin dan parkir.

Dengan beralih ke kategori baru setiap bulannya, kamu mengembangkan kebiasaan pengeluaran baru di berbagai bidang.


Tetapkan Tujuan yang Spesifik

Jika kamu pribadi yang berorientasi pada tujuan, bisa mempunyai tujuan spesifik pada uang yang kamu simpan. Ini berbeda dari menetapkan jumlah untuk ditabung. Kamu mungkin mempunyai tabungan untuk liburan, travelling, uang muka rumah, biaya pendidikan, atau dana pensiun lebih awal.

Mengetahui apa yang membuatmu berhemat bisa mengukur kemajuan dan tetap termotivasi. Hal ini juga bisa membuatmu lebih mudah merelakan pada sesuatu yang diinginkan, seperti pakaian baru atau makan di luar.


Cari Penasihat Keuangan

Jika mengalami kesulitan mengetahui di mana dan bagaimana cara menabung atau jenis tabungan apa yang dibutuhkan, kamu bisa konsultasikan dengan penasihat keuangan. Penasihat keuangan yang professional bisa mengidentifikasi kekuatan dan kelamahan di keuanganmu, membantumu membuat rencana pengelolaan uang, memberi tahu jenis tabungan yang sesuai dengan tujuan keuanganmu, dan membantu perencanaan jangka panjang.

Carilah penasihat keuangan yang membuatmu nyaman mengajukan pertanyaan dan kamu bisa memahami jawabannya.


Mulai Membangun Kekayaan

Setelah mempunyai tabungan dana darurat dan tabungan pensiun, jangan berhenti menyisihkan uang setiap bulan. Sebaliknya, mulailah membuat rencana untuk menggunakan tabungan bulanab itu untuk membangun kekayaan. Cara terbaik untuk melakukannya dengan mulai berinvestasi.

Penasihat keuangan juga bisa membantumu untuk merencanakan investasi, investasi apa yang sesuai dengan tujuanmu.

Menabung tidak terjadi dalam semalam, tetapi kamu bisa membuat rencana untuk mulai menabung. Dengan memulai langkah-langkah kecil yang konsisten, kamu akan terbiasa dengan menabung.[]


(Retno Ayuningrum)

Baca Juga:

Berita terkait
Ini Dia 3 Cara Jitu untuk Menabung dengan Mudah
Dengan begitu banyaknya kebutuhan sehari-hari dan pengeluaran yang diperlukan, rasanya menabung menjadi hal yang semakin sulit dilakukan.
15 Cara Memulai Usaha Kuliner Sukses Untuk Pemula
Bisnis kuliner adalah jenis usaha yang bergerak dibidang makanan dan bisa jadi ladang cuan yang bisa membalikkan modal dengan cepat.
Cara Ajukan Kredit Kepemilikan Apartemen atau KPA
Jika kamu sudah mengajukan kredit ini, kamu sudah tak usah direpotkan dengan asuransi jiwa kredit, asuransi kebakaran, dan sebagainya.
0
Guys, Begini Nih 5 Cara Meningkatkan Tabunganmu
Menabung tidak terjadi dalam semalam, tetapi kamu bisa membuat rencana untuk mulai menabung. Dengan memulai langkah-langkah kecil yang konsisten.