Gubernur Sumbar Dukung Pembangunan Pintu Tol di Dharmasraya

Gubernur Sumatera Barat mendukung usulan pembangunan pintu tol di Kabupaten Dharmasraya.
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno. (Foto: Tagar/Rina Akmal)

Padang - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyetujui usulan Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan soal rencana pembangunan Jalan Tol penghubung Padang - Pekanbaru dari arah Dharmasraya.

Kalau dipenuhi pemerintah pusat kita setuju, Pemprov dukung. Kalau butuh surat kita akan surati, tetapi itu semua tergantung dari pusat.

Hal itu dinyatakan Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) III Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Bambang Pardede. Menurutnya, Menteri PUPR meminta agar membuat akses jalan yang menghubungkan Jembatan Pulai, Dharmasraya ke jalan tol Padang - Pekanbaru.

"Saya sudah tugaskan perencana kami untuk mencari trase ke salah satu pintu tol yang saat ini juga masih rencana pengembangan jalan tol, kalau secara fisik belum mulai," katanya.

Rencana tersebut juga mendapat dukungan positif dari Gubernur Sumbar Irwan Prayitno. Namun, semuanya tetap tergantung pemerintah pusat.

"Setuju itu, kalau dipenuhi pemerintah pusat kita setuju, Pemprov dukung. Kalau butuh surat kita akan surati, tetapi itu semua tergantung dari pusat," katanya, Rabu, 30 September 2020.

Gubernur juga mengomentari terkait kelanjutan pelaksanaan Jalan Tol Padang - Pekanbaru masih 4,2 kilometer di Kasang Padang Pariaman. Menurutnya, sejak awal pembangunan jalan terus, walau ada halangan pembebasan lahan.

"Pembangunan dilakukan di titik yang tidak bermasalah sambil membebaskan lahan yang belum bebas," katanya.

Untuk diketahui, saat peresmian 10 proyek infrastruktur secara virtual pada Senin, 21 September 2020, Bupati Dharmasraya Sutan Riska mengusulkan kepada Menteri PUPR agar menyetujui pembangunan jalan penghubung dari Dharmasraya ke tol Trans Sumatera - Riau. Menurutnya, untuk mengakses jalan menuju tol hanya butuh pembangunan jalan sekitar 60 kilometer dari Dharmasraya. []


Berita terkait
Pembangunan Tol Padang - Pekanbaru Masih Tersendat Lahan
Pembangunan Jalan Tol Padang - Pekanbaru Seksi I Padang - Sicincin masih terkendala pembebasan lahan.
Jalan Tol Padang-Pekanbaru Dikebut di Tengah Pandemi
Pembangunan Jalan Tol Padang-Pekanbaru terus dikebut meski di tengah pandemi Covid-19.
Tol Padang-Pekanbaru Punya Terowongan 8 Km Lebih
Ruas Tol Padang-Pekanbaru bakal memiliki terowongan sepanjang 8,95 kilometer.
0
Permintaan Risma Kepada ASN Kemensos di Hari Lahir Pancasila
Mensos minta semua teman-teman di lingkungan Kemensos menegakkan integritas. Bayangkan bila kita salah mengetik angka bisa merugikan negara.