Gredu Hadirkan Dua Fitur Baru Belajar Jarak jauh

Gredu menghadirkan dua fitur terbaru sebagai penunjang pembelajaran jarak jauh (PJJ), yaitu Kelas Interaktif dan Tugas Online.
Fitur Kelas Interaktif di platform belajar online Gredu. (Foto: Gredu)

Jakarta - Platform belajar secara online Gredu menghadirkan dua fitur terbaru sebagai penunjang pembelajaran jarak jauh (PJJ), yaitu Kelas Interaktif dan Tugas Online.

Fitur terbaru Gredu tersebut menjadi solusi di tengah pandemi virus corona Covid-19, yang menyebabkan aktivitas belajar-mengajar Tahun Ajaran Baru 2020/2021 harus dilakukan secara daring atau online. 

"Gredu menyadari kolaborasi antara orang tua, guru dan siswa selalu menjadi kunci keberhasilan pendidikan. Terlebih, dengan frekuensi tatap muka yang jauh berkurang selama masa pandemi ini, siswa dituntut untuk lebih mandiri dan aktif sehingga materi yang sudah direncanakan selama satu tahun ajaran dapat terserap dengan baik dan mendapatkan hasil akademis yang sesuai harapan," kata CTO Gredu Mohammad Fachri, dalam keterangan pers yang diterima Tagar, Kamis, 2 Juli 2020.

GreduFitur Tugas Online di platform belajar online Gredu. (Foto: Gredu)

Fitur Kelas Interaktif berguna bagi para guru untuk membimbing murid saling berdiskusi dan melakukan tanya-jawab secara real-time. Para guru dapat mendampingi siswanya melalui perangkat masing-masing sehingga pembelajaran bisa berlangsung lebih efektif dan efisien. 

Dalam kelas online ini, para guru membuat materi kemudian membagikannya ke siswa melalui aplikasi Gredu Teacher. Materi yang diterima para siswa melalui aplikasi Gredu Student bisa didiskusikan bersama di Kelas Interaktif sesuai materi pelajaran. 

Para siswa juga dapat mengemukakan pertanyaan melalui layanan chat yang sudah disediakan Gredu. Dengan fasilitas tanya-jawab antara guru dan siswa di Kelas Interaktif, maka atmosfer pembelajaran bisa berlangsung dua arah seperti halnya pendidikan offline di sekolah. 

Sedangkan, fitur Tugas Online dibangun berbasis Kurikulum 2013 (Kurtilas) yang merupakan pengembangan dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kurikulum ini menitikberatkan pembelajaran agar berpusat kepada murid (student-centered learning), yang sejalan dengan solusi dari Gredu. 

Melalui fitur Tugas Online, guru dapat mempersiapkan materi pembelajaran beserta tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh siswa pada aplikasi Gredu Teacher. Selanjutnya, siswa mendapatkan notifikasi dari aplikasi Gredu Student. Siswa mengerjakan tugas dan mengumpulkan tugasnya melalui aplikasi yang sama. Kemudian guru akan mengoreksi tugas yang telah terkumpul dan memberikan penilaian. 

Para orang tua dapat memantau proses PJJ dari notifikasi aplikasi Gredu Parent. Jadi, seandainya orang tua sudah harus bekerja dari kantor atau berada di luar rumah, mereka tetap dapat membantu anaknya mengklarifikasi tugas dengan guru atau memantau anak-anaknya selama mengerjakan tugas dari sekolah. 

Aplikasi GreduAplikasi Gredu di PlayStore. (Foto: Tangkapan Layar)

Ketiga aplikasi tersebut (Gredu Teacher, Gredu Student, Gredu Parent) dapat diakses melalui perangkat mobile, tablet maupun laptop sehingga guru dan siswa dapat mengerjakan tugas mereka kapan saja. Para guru, orang tua dan siswa masing-masing dapat men-download aplikasi Gredu di PlayStore.[]

Berita terkait
Aplikasi Gredu Penghubung Guru, Orang Tua dan Murid
Gredu meluncurkan aplikasi yang mampu memfasilitasi komunikasi dan memaksimalkan peran antara orang tua, murid dan guru, bernama Gredu.
Stiker, Kode QR, Mode Gelap Meluncur di WhatsApp
WhatsApp secara resmi meluncurkan sejumlah fitur baru, yaitu stiker animasi, kode QR dan mode gelap untuk versi web dan desktop.
Windows 10 Punya Desain Baru di Menu Start
Microsoft akan mempersembahkan desain menu Start baru pada Windows 10. Desain anyar ini mengurangi tampilan kotak-kotak yang ada selama ini.
0
Sejumlah Aturan Baru PPDB 2021 untuk SD Hingga SMK
Kemendikbudristek menetapkan delapan aturan baru dalam PPDB 2021 mulai dari perubahan batas usia hingga daya tampung sekolah pada zonasi peserta.