UNTUK INDONESIA
GMKI Sumut: Tangkap Ormas Sweeping dengan Kekerasan
GMKI mendesak kepolisian menindak aksi sweeping berujung pengerusakan di Deli Serdang, Sumatera Utara.
Koordinator Wilayah Sumut-NAD GMKI Gito Pardede. (Foto: Tagar/Istimewa)

Medan - Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) mendesak kepolisian menindak aksi sweeping berujung pengerusakan sebuah warung milik Lamria Manullang, warga Batang Kuis, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara pada Selasa, 28 April 2020.

Koordinator Wilayah I Sumut-NAD Pengurus Pusat GMKI, Gito M Pardede, Rabu, 29 April 2020, menyebut pelakunya diketahui beberapa orang yang diduga dari sebuah ormas keagamaan.

Kejadian yang sempat direkam warga dalam bentuk video berdurasi dua menit, menunjukkan sekelompok orang menghampiri warung kopi.

Mereka terlihat dengan jelas memarahi dan melemparkan dagangan milik Lamria yang tengah berjualan saat bulan puasa.

Kepada Polda Sumatera Utara dan jajarannya harus bertindak cepat jika ada terjadi sweeping yang berbau kekerasan

Menurut Gito, tindakan kekerasan dan intimidasi yang dilakukan ormas tersebut tidak bisa ditolerir, karena menurutnya ini akan menjadi hal yang berlarut-larut.

"Ini oknum harus segera ditangkap dan bila perlu dikaitkan dengan proses hukum. Ini sudah bentuk kriminal dengan melakukan persekusi intimidasi dan kekerasan. Ini mengganggu keberlangsungan HAM di Sumut," ujar Gito.

Gito menambahkan, perlunya peran aparat dalam menjaga ketertiban dan ketenteraman saat bulan puasa. Dan jika ada indikasi perbuatan yang melanggar hukum harus secepatnya diproses.

"Kepada Polda Sumatera Utara dan jajarannya harus bertindak cepat jika ada terjadi sweeping yang berbau kekerasan apalagi pengerusakan. Jangan dibiarkan persoalan itu, tiap tahun selalu ada kekerasan di bulan puasa. Apalagi sampai masyarakat yang menyelesaikan masalahnya dengan main hakim sendiri," ujarnya.

Sementara itu, diperoleh informasi Kepala Kepolisian Resor Kota Deli Serdang, Komisaris Besar Polisi Yemi Mandagi, sudah melakukan proses mediasi antara dua pihak dan mensosialisasikan kepada masyarakat agar tidak main hakim sendiri. []

Berita terkait
Pemuda GMKI dan KNPI Berbagi Kasih di Bulan Ramadan
Pemuda GMKI dan KNPI berbagi kasih saat Ramadan di Jalan Salemba dan Diponegoro Jakarta, membagikan makanan dan hand sanitizer kepada pengendara.
GMKI Kendari Berbagi Kasih di Tengah Pandemi Covid-19
GMKI Kendari berbagi kasih dengan menyalurkan bantuan bahan pangan kepada para karyawan korban PHK dampak buruk pandemi Covid-19.
GMKI: Bantuan Dampak Covid-19 di Sumut Tidak Merata
Pemprov Sumatera Utara dinilai belum merata mendistribusikan bantuan paket sembako kepada warga miskin terdampak Covid-19.
0
Kata PKS, Presiden Jokowi Lemah dan Plin Plan
Pemerintahan Jokowi periode dua ini masih saja seperti dulu. Lemah dan plin plan. Terlihat saat wabah Covid-19 melanda negara ini. Kata orang PKS.