UNTUK INDONESIA
Gibran Emoh Calon Wakil Wali Kota di Pilkada Solo
Rekomendasi DPP belum keluar untuk Pilkada Solo. Gibran ingin calon wali kota, bukan wakil wali kota. Alasannya mendaftar sebagai calon wali kota.
Gibran Rakabuming Raka saat blusukan ke kawasan Pujasari Sriwedari, Solo, Selasa 14 Januari 2020. (Foto: Tagar/Reyma Pramista)

Solo - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan belum mengumumkan rekomendasi untuk calon yang bakal berkompetisi pada Pilkada Kota Solo 2020. Namun, putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka disebut-sebut sebagai kandidat terkuat mengantongi surat sakti tersebut.

Bagaimana tanggapan Gibran? Ayah Jan Ethes ini tidak ingin terburu-buru berbangga hati. Gibran memilih untuk menanti statement resmi yang dikeluarkan dari DPP PDIP secara langsung.

"Ya sudah kita tunggu saja statement resminya. Dari DPP belum ada kabar. Ya nanti kita tunggu statement resminya saja," ujar Gibran saat ditemui usai blusukan di kawasan Pujasari, Sriwedari, Laweyan, Solo, Jawa Tengah, Selasa 14 Januari 2020.

Dalam putusan rekomendasi nantinya, DPP PDIP akan mengeluarkan nama-nama calon kepala daerah. Baik itu untuk posisi calon Wali Kota maupun calon Wakil Wali Kota.

Saya kan mendaftarnya bukan sebagai wakil, saya mendaftarnya sebagai Wali Kota.

Nampaknya, Gibran tak ingin menempati posisi sebagai calon Wakil Wali Kota Solo. Ia bersikukuh bisa terpilih menjadi calon AD 1 tersebut. "Saya kan mendaftarnya bukan sebagai wakil, saya mendaftarnya sebagai Wali Kota," ungkapnya.

Dalam pendafataran sebagai bakal calon Wali Kota Solo pada Sabtu 12 Desember lalu di DPD PDIP Jawa Tengah, Gibran secara resmi mendaftarkan diri sebagai bakal calon Wali Kota Solo. Ia mendaftar seorang diri, tanpa disertakan nama bakal calon Wakil Wali Kota Solo untuk dirinya.

Gibran menyerahkan sepenuhnya posisi wakil Wali Kota Solo sebagai pasanngannya kepada DPP PDIP. "Ada beberapa step kalau sekiranya dapat rekomendasi. Ya kita tunggu saja dari PDI Perjuangan. Untuk wakil, nanti saya serahkan ke pimpinan saja," ungkap Gibran.

Sebelumnya DPP PDIP memberikan sinyal akan mengusung sosok anak muda di Pilkada Solo. Pernyataan itu diungkapkan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto saat Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I yang berlangsung di Jakarta Internasional Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta, Jumat-Minggu 10-12 Januari 2020 lalu. []

Baca Juga:

Berita terkait
Kader Golkar Ingin Dampingi Gibran di Pilkada Solo
Razali, kader Golkar ingin berpasangan dengan Gibran di Pilkada Kota Solo 2020. Dia gencar mengenalkan dirinya ke publik lewat spanduk.
Ini Hasil Pertemuan Megawati-Rudy untuk Pilkada Solo
Ketua DPC PDIP Solo FX Rudy mengaku bertemu dengan Megawati perihal Pilkada Kota Solo. Rekomendasi calon yang diusung untuk siapa masih abu-abu.
Banteng Solo Tengah Minta Megawati Dukung Puguh
Ratusan kader PDIP yang tergabung dalam Banteng Solo Tengah, mendatangi kantor DPC PDIP Kota Solo. Mereka tetap mendukung Puguh di Pilkada Solo.
0
Jatim Akan Lebih Represif dalam Penerapan PSBB
Sub Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jatim akan lebih agresif dalam melaksanakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).