UNTUK INDONESIA
Jalan Gibran Jadi Wali Kota Lebih Mulus dari Bobby
Diperkirakan langkah Gibran Rakabuming Raka lebih mulus daripada Muhammad Bobby Afif Nasution sebagai calon wali kota dalam Pilkada 2020
Ilustrasi - Putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka (tengah). Berkas pendaftaran Gibran dinyatakan lengkap dan resmi terdaftar sebagai bakal calon Wali Kota Surakarta dari PDI Perjuangan pada Pilkada Tahun 2020, Kamis, 12 Desember 2019. (Foto: Antara/R.Rekotomo)

Jakarta - Langkah putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, menuju kursi wali kota Solo diprediksi kian mulus. Hal ini disampaikan Peneliti Politika Research and Consulting, Dudi Iskandar, menyusul pertemuan Jokowi dan Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto, di Gedung Agung Yogyakarta pada awal tahun 2020.

“Dilihat dari teori patronase politik, Gibran pasti jadi,” kata Dudi kepada Tagar usai acara Politacal Outlook: Menghadapi Kontestasi Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2020, Jakarta Selatan, Minggu 5 Januari 2020.

Apalagi, kata Dudi, mayoritas partai politik di Solo, membuka pintu dukungan untuk Gibran. Pertemuan tertutup Prabowo dan Presiden di Gedung Agung juga diperkirakan membicarakan dukungan terhadap Gibran di Solo dan Muhammad Bobby Afif Nasution, menantu Jokowi yang bakal maju di Pilkada Medan 2020. “Jokowi memang tidak bermain (secara langsung), tapi anak buahnya di mana-aman bermain,” katanya.

Gibran dan Bobby, menurut Dudi, memiliki modal sosial yang kuat. Gibran merupakan putra Presiden sementara Bobby adalah menantu Presiden. “Gibran anak kemarin sore (dalam politik), tapi dia punya modal sosial yaitu anak presiden,” kata Didi.

Meski didukung oleh patronase politik dan modal sosial, Gibran dan Bobby menghadapi rival politik yang berbeda di masing-masing daerah. “Di Solo, Gibran tidak melawan incumbent (petahana), oleh karena itu kemungkinan besar jadi. Rudi (FX Hadi Rudyyatmo) sudah selesai sebagai wali kota Solo,” ujarnya.

Sementara Bobby harus berhadapan dengan petahana, Dzulmi Eldin. Oleh sebab itu, menurut Dudi, peluang suami Kahiyang Ayu itu tidak akan semulus Gibran. “(Peluang) Bobby agak berat karena melawan incumbent. Di mana-mana juara bertahan itu selangkah lebih maju,” tuturnya.

Sebelumnya, Jokowi menerima kunjungan Prabowo di Gedung Agung pada 1 Januari 2020. Jokowi menyebut Menteri Pertahanan itu sebagai ‘tamu besar pertama’ yang ia terima pada tahun 2020.

Dalam pertemuan terutup selama satu jam itu, Presiden mengatakan, banyak hal yang ia bicarakan dengan Prabowo. Menurut Dudi Iskandar, tidak menutup kemungkinan keduanya membicarakan dukungan Gibran dan Bobby dalam pilkada serentak 2020. []

Berita terkait
Gibran Rakabuming Raka Bantah Ada Politik Dinasti
Balon Wali Kota Surakarta yang juga putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, bantah ada politik dinasti terkait Pilkada 2020
Bobby Nasution Bertemu Prabowo, Bahas Pilkada Medan?
Bakal calon Wali Kota Medan, Bobby Nasution bertemu Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto. Keduanya membahas Pilkada Medan?
Nasib Gibran di Tangan Megawati
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menegaskan Gibran Rakabuming Raka melaju sebagai calon Wali Kota (Cawalkot) Solo, tergantung Megawati Soekarnoputri.
0
India Bantah Tudingan FPI Diskriminasi Umat Muslim
Duta Besar India untuk Indonesia Pradeep Kumar Rawat membantah tudingan pemerintahannya mendukung diskriminasi terhadap warga muslim di India