Genjot Produksi Gula PTPN II Tanami Tebu 1.530 Ha di Langkat

Guna menggenjot swasembada gula nasional, PTPN II Kebun Kwala Bingai membersihkan lahan di Stabat, Kabupaten Langkat, Sumut.
Pembersihan lahan milik PTPN II untuk meningkatkan produksi gula nasional di Kabupaten Langkat. (Foto: Tagar/Jufri Pangaribuan)

Langkat - Guna menggenjot swasembada gula nasional, PT (Persero) Perkebunan Nusantara II kebun Kwala Bingai membersihkan lahan di Pasar IX, Dusun Selemak, Desa Petumbukan dan Kampung Durian, Stabat, Kabupaten Langkat, Sumut.

Kuasa hukum PTPN II, Sastra saat di Langkat mengatakan, perusahaan milik negara tersebut akan membersihkan sesuai sertifikat Hak Guna Usaha nomor 3 yang masuk Kebun Kwala Bingai seluas 1530,71 hektare.

"Akan tetapi, untuk awal PTPN masih membersihkan lahan seluas 218 hektare dengan komposisi tanaman palawija seluas 115 hektare dan tanaman sawit 103 hektare," katanya didampingi Kepala Bagian Humas, Sutan Panjaitan, Senin, 28 September 2020.

Tentang hitungan tali asih, ditentukan oleh tim dari PTPN II

Pelaksanaan pembersihan, tambah dia melibatkan karyawan, Serikat Pekerja Perkebunan (SPP) PTPN II dibantu pihak keamanan dari Polres Langkat, serta BKO keamanan kebun yang selama ini bertugas di wilayah Kebun Kwala Bingai.

Sastra menerangkan, pembersihan seluruh lahan milik PTPN II harus secepatnya dilaksanakan untuk memenuhi dan mendukung produksi gula nasional yang saat ini dicanangkan oleh pemerintah dan menejemen PTPN II.

Dalam hal ini, PTPN II sebagai pemilik lahan sesuai dengan sertifikat HGU telah melakukan sosialisasi pendekatan dan memasang baliho pemberitahuan bahwa areal tersebut milik negara.

"Sosialisasi dan pendekatan sudah dilakukan kepada masyarakat. Mulai dari menyurati warga agar meninggalkan areal yang akan dilakukan tanam ulang tebu," katanya menambahkan.

Selain itu, PTPN II juga telah menawarkan tali asih kepada pemilik tanaman dan bangunan yang telah mendirikannya di lokasi areal HGU.

Cara mendapat tali asih, pemilik tanaman maupun bangunan dapat membuktikan bahwa itu merupakan milik mereka. "Tentang hitungan tali asih, ditentukan oleh tim dari PTPN II," ungkap Sastra. []

Berita terkait
Tusuk Wanita Pakai Obeng, Begal di Langkat Ditembak
Polisi menangkap pelaku pembunuhan wanita muda di Kabupaten Langkat. Motif pelaku ingin merampas sepeda motor korban.
Taman Budaya di Langkat Telantar, Digalang Aksi Penyelamatan
Gerakan solidaritas penyelamatan nilai-nilai budaya tengah digalang menyoal kondisi Taman Budaya Tengku Amir Hamzah di Langkat.
Pembalak Hutan di TN Gunung Leuser Langkat Ditangkap
Petugas Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser, Kabupaten Langkat, Sumut, berhasil menangkap pelaku pembalakan hutan.
0
Simak 5 Aplikasi dan Situs Simulasi Tes CPNS
Terdapat lima aplikasi dan situs simulai tes CPNS 2021 yang sudah disiapkan untuk mengisi kota sebanyak 105.777 dari 189.102 formasi ASN yang ada.