UNTUK INDONESIA
Gempa Ambon: 148.619 Warga Masih Mengungsi
Sejak terjadi gempa berkekuatan 6,5 SR pada 26 September lalu, tercatat sebanyak 148.619 orang masih mengungsi
Sejumlah pasien menjalani perawatan di teras RSUD Haulussy, Ambon, Maluku, Kamis, 26 September 2019. Sejumlah pasien kini menjalani perawatan di tenda-tenda yang dibangun di pelataran halaman parkir rumah sakit pascagempa bumi dengan kekuatan 6,5 SR. (Foto: Antara/Izaac Mulyawan)

Ambon- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat hingga Senin 14 Oktober 2019, ada sekitar 148.619 warga yang terdampak gempa berkekuatan 6,5 SR pada 26 September lalu masih mengungsi. Mereka tersebar di kota Ambon, Maluku Tengah, dan Seram bagian barat.

Kepala Pusa Data, Informasi, dan Humas BNPB Agus Wibowo mengatakan selain 148.619 yang masih mengungsi, ada warga yang meninggal. "41 orang meninggal dan 1.602 luka-luka," katanya dalam pesan tertulis yang diterima Tagar, Senin 14 Oktober 2019.

Dia mengatakan, total rumah rusak di wilayah terdampak, yaitu Kabupaten Maluku Tengah, Seram Bagian Barat dan Kota Ambon mencapai 6.355 unit. Dengan rincian total rusak berat 1.273 unit, rusak sedang 1.837 dan rusak ringan 3.245. "Dari total kerusakan itu, tiga wilayah terdampak gempa bumi di Kota Ambon, Maluku Tengah dan Seram Bagian Barat," ujarnya.

Agus menambahkan, Kabupaten Maluku Tengah dan Seram Bagian Barat masih melakukan upaya penanganan darurat. Sedangkan Provinsi Maluku dan Kota Ambon sudah melakukan upaya-upaya transisi darurat ke pemulihan. BMKG mencatat 1.516 gempa susulan pasca gempa tanggal 26 September.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan telah menyalurkan bantuan perbaikan rumah bagi rumah warga yang terdampak bencana gempa bumi di Ambon. Bantuan ini disalurkan melalui Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) untuk 24 rumah yang terdampak di Desa Wayame Kecamatan Teluk Ambon. Saat ini perkembangan  pembangunan rumah layak huni tersebut telah mencapai 60 persen dan diperkirakan akan selesai pada akhir tahun 2019.

“Kami harapkan bantuan BSPS ini dapat meningkatkan kualitas hidup para penerima manfaat dengan memiliki rumah yang lebih layak, sehat dan nyaman," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono beberapa waktu lalu.

Berita terkait
Pengungsi Gempa Ambon Hanya Dibagi Mie Instan
Semenjak gempa bumi melanda kota Ambon beberapa waktu lalu, sebagian warga belum mendapatkan bantuan, bahkan ada warga yang baru mendapatkan mie.
Gempa Bumi di Ambon, Ribuan Warga Dzikir Bersama
Ribuan warga Kota Ambon menghadiri dzikir dan doa bersama demi keselamatan Maluku, usai dilanda beberapa gempa dalam waktu seminggu terakhir.
1 Meninggal dan 8 Luka Saat Gempa M 5,2 Guncang Ambon
Siswa bernama Vincent Ananto, 15 tahun, tertimpa reruntuhan bangunan di depan rumah tokoh milik ayah dan ibunya.
0
Harun Masiku Hilang, KPK Perpanjang Penahanan Wahyu
KPK melakukan perpanjangan penahanan eks Komisioner KPU Wahyu Setiawan dan satu tersangka suap PAW DPR lainnya.