UNTUK INDONESIA
Gaya Baru Ijab Kabul di Abdya Aceh Karena Corona
Kantor Urusan Agama Abdya Aceh menerapkan pola pencegahan penyebaran virus corona saat melakukan ijab kabul.
Ilustrasi

Aceh Barat Daya - Kantor Urusan Agama (KUA) di Kabupaten Aceh Barat Daya, Aceh sudah menerapkan pola pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19 dengan mengenakan sarung tangan saat melakukan ijab kabul.

Kepala KUA Blangpidie, Khairul Huda mengatakan dalam proses ijab kabul pihaknya saat ini mengikuti pola pencegahan Covid-19 dengan sejumlah langkah, termasuk menerima pendaftaran nikah secara online karena kantor KUA tutup.

"Sudah kita terapkan pola itu di Abdya, tidak hanya saat proses ijab kabul, namun termasuk pendaftaran nikah" kata Khairul Huda, Jumat, 3 April 2020 di Aceh Barat Daya.

Sampai jabat tangan ijab kabul kita terapkan untuk mencuci tangan dan menggunakan sarung tangan.

Khairul Huda, menerangkan proses ijab kabul yang berubah saat ini dibanding proses dulu yakni meliputi pembatasan jumlah yang dibolehkan atau hanya Kepala Desa (Kades), wali kedua pengantin dan orang yang dinilai berkepentingan dengan jumlah 10 orang sudah termasuk pegantin.

Sebelum masuk ruangan, katanya, setiap tamu diminta membersihkan tangan dengan sabun di air mengalir yang sudah disediakan kantor KUA, tamu wajib mengenakan masker dan menjaga jarak saat dalam ruangan.

"Sampai jabat tangan ijab kabul kita terapkan untuk mencuci tangan dan menggunakan sarung tangan," ujar Khairul Huda.

Untuk saat ini, katanya, proses ijab kabul sudah tidak dilaksanakan diluar KUA atau biasanya sering dilaksanakan di dalam masjid, terlebih sudah ada larangan agar masjid tidak melaksanakan kegiatan lain selain salat jemaah, sehingga proses pernikahan dilaksanakan di ruang khusus yang disediakan KUA.

"Seperti Masjid Agung, sudah tidak boleh dan beberapa masjid lain," sebut Khairul Huda.

Untuk saat ini, katanya, KUA Blangpidie masih menerima pendaftaran pernikahan selama aturan yang didapat belum berubah. "Sejauh ini masih kita terima, kalau berubah maka kita langsung terapkan, tentu kita menerapkan aturan sesuai intruksi," tuturnya.

Sejauh ini, angka pasangan yang mendaftar untuk menikah masih stabil. KUA melaksanakan pernikahan dalam satu hari antara satu hingga dua pasangan."Bisa kita katakan stabil," katanya. []

Berita terkait
Update Corona di Aceh: ODP Tembus Angka 1111
ingga Jumat, 3 April 2020, sekitar pukul 15.00 WIB, jumlah ODP Aceh hari ini tercatat sebanyak 1111 kasus.
Hikmah Corona, Narapidana di Aceh Berkumpul Keluarga
52 narapidana di Aceh di bebaskan, setelah mendapatkan asimilasi di rumah sesuai dengan kebijakan dari Kementerian Hukum dan HAM karena corona.
Larangan Masjid Agung Abdya Aceh Selain Salat
Akibat corona, Masjid Agung Abdya, Aceh Barat Daya, Aceh mulai melarang kegiatan selain salat lima waktu.
0
Tambah Tiga, Total Positif Covid-19 di NTB 233 Orang
Tiga sampel kasus baru positif Covid-19 di NTB. Jadi jumlah pasien positif Covid-19 menjadi 233 orang.