Garuda Indonesia Tawarkan Program Pensiun Dini

PT Garuda Indonesia menawarkan program pensiun dini bagi karyawannya, untuk menyehatkan kembali perusahaan yang terdampak Covid-19.
Garuda Indonesia menawarkan pensiun dini bagi karyawannya. (Foto: Tagar/Kaskus)

Jakarta - PT Garuda Indonesia (Persero) menawarkan program pensiun dini kepada para karyawannya, hal ini bertujuan untuk memulihkan kinerja perseroan di tengah tantangan pandemi Covid-19.

Manajemen Garuda Indonesia menyebutkan alasan keputusan ini diambil untuk kembali menyehatkan perusahaan yang terdampak Covid-19, dan adaptif menjawab tantangan kinerja usaha di masa sekarang.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, penawaran program ini dilakukan sejalan dengan upaya pemulihan kinerja perusahaan yang tengah dijalankan pihaknya.

"Kami sampaikan bahwa saat ini manajemen tengah dalam tahap awal penawaran program pensiun yang dipercepat bagi karyawan Garuda Indonesia yang memenuhi kriteria dan persyaratan keikutsertaan program tersebut," ujar Irfan Setiaputra dalam keterangan resmi, Jumat, 21 Mei 2021.

Dia juga memastikan karyawan yang mendapatkan tawaran pensiun dini merupakan pegawai yang memenuhi kriteria dan persyaratan keikutsertaan program tersebut. Selain itu, program tersebut bersifat sukarela untuk karyawan.


Dalam situasi pandemi yang masih berlangsung ini, mengharuskan perusahaan melakukan langkah penyesuaian aspek supply and demand. 


Irfan menyebut, hal ini seiring dengan penurunan kinerja operasi imbas penurunan trafik penerbangan yang terjadi secara signifikan.

Melalui program ini, pihak Garuda memberikan kesempatan kepada karyawan yang ingin merencanakan masa pensiun sebaik mungkin, khususnya bagi mereka yang memiliki prioritas lain di luar pekerjaan, maupun peluang karir lainnya di luar perusahaan.

Ini merupakan langkah berat yang harus ditempuh perusahaan. Namun opsi ini harus kami ambil untuk bertahan di tengah ketidakpastian situasi pemulihan kinerja industri penerbangan yang belum menunjukkan titik terangnya di masa pandemi covid-19 ini," katanya.

Dia juga menyebutkan bahwa keputusan yang diambil ini senantiasa mengedepankan kepentingan bersama seluruh pihak, dalam hal ini karyawan maupun Garuda. []

Berita terkait
Garuda Sediakan Rapid Test Antigen Gratis Bagi Penumpang Rute Domestik
Garuda Indonesia, meluncurkan program layanan rapid test antigen gratis bagi seluruh penumpang rute domestik periode 2 Maret - 31 Maret 2021.
Garuda Indonesia Pastikan Boeing B777-300ER Layak Terbang
Garuda Indonesia memastikan 10 armada B777-300ER yang dioperasikan, telah memenuhi kriteria layak terbang.
Garuda Selesaikan Proses Pencairan Dana OWK Rp 1 Triliun
Garuda Indonesia, telah menyelesaikan proses pencairan dana hasil penerbitan Obligasi Wajib Konversi (OWK) sebesar Rp 1 triliun.
0
DPR Minta Pemerintah Tetap Sediakan Slot Jalur PNS Bagi Guru
Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda meminta pemerintah untuk tetap menyediakan slot jalur pegawai negeri sipil untuk para guru di Indonesia.