UNTUK INDONESIA
Ganjar Bantu Anies Karena Bansos Jakarta Bermasalah
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo disebut membantu Gubernur DKI Anies Baswedan karena bansos Jakarta bermasalah.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bermain TikTok, Rabu (19/2/2020). (Foto: dok Humas Pemprov Jabar)

Jakarta - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berencana mengirim bantuan kepada warganya yang terkurung di Jakarta akibat kebijakan larangan mudik. Tindakan Ganjar setelah janji bantuan dari Pemerintah Provinsi DKI untuk warga Jateng di Ibu Kota tak kunjung datang.

"Karena data penerima bansos akibat Covid-19 di DKI Jakarta amburadul, maka Ganjar sebagai gubernur Jateng khawatir warganya kelaparan, karena mereka dilarang pulang kampung," kata Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta, Gembong Warsono kepada Tagar, Jakarta, Kamis, 14 Mei 2020.

Ganjar mengaku telah mempersiapkan anggaran untuk membantu warganya yang merantau di Jakarta. Bukan hanya Jakarta, Ganjar menyebut akan membantu warganya yang juga berada di daerah sekitar Jakarta seperti Bogor, Depok, Bekasi dan Tangerang.

Jumlah penerima mencapai 26 ribu orang setelah melalui tahap verifikasi. Bantuan berupa sembako ini akan dikirim melalui PT Pos Indonesia.

"Saya minta cepat, mudah-mudahan minggu depan sudah bisa dikirim ke sana," kata Gubernur yang juga politisi PDIP ini, Senin, 11 Mei 2020.

Baca juga:

Meski demikian Ganjar belum pernah menyebut alasan pengiriman lantaran bansos di Jakarta bermasalah. Ia hanya mengatakan, Pemprov Jawa Tengah ingin mengkoordinir pihak-pihak di wilayahnya yang ingin mengirimkan bantuan ke Jakarta.

"Bupati Batang juga menyampaikan sudah mengirim, lalu ada alumni SMAN 1 Tegal yang mengirimkan bantuan serupa. Memang ini sporadis, maka kami minta dijadikan satu agar bisa tepat sasaran," ujarnya.

Gembong Warsono mengatakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan seharusnya instropeksi diri dengan adanya aliran bantuan ke Jakarta ini. Ini cermin Jakarta belum mampu menyalurkan bantuan dengan terukur dan merata.

"Seharusnya Pak Anies malu, sampai ada gubernur lain yang mengirim bantuan sembako," kata Gembong.

Penyaluran bansos di Jakarta tengah menjadi sorotan publik selama Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB). Selain masalah anggaran yang dianggap tidak mencukupi, data penerima dilaporkan banyak yang tidak akurat.

Berita terkait
Ganjar Kalahkan Anies dalam Survei, LIPI: Itu Pesanan
Pengamat Politik LIPI Wasisto Raharjo Jati menilai lembaga survei adalah bisnis pesanan pro Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan kepala daerah lain.
Bahaya saat Anies Baswedan Tunda Sebar Bansos PSBB
Ombudsman mengingatkan bahaya yang dihadapi menyusul Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menunda penyaluran bansos saat PSBB.
Hari Pendidikan, Anies Baswedan Bicara Ki Hajar Dewantara
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menilai negara di dunia dengan sistem pendidikan terbaik banyak mengamalkan ajaran Ki Hajar Dewantara.
0
Kronologi Kebakaran Tewaskan Nenek di Padang Sumbar
Polsek Lubuk Begalung, Padang belum mengetahui penyebab kebakaran yang menewaskan seorang nenek 90 tahun.