UNTUK INDONESIA
Gagal ke Chelsea, Donnarumma Siap Bertahan di Milan
Belum ada klub yang serius merekrut kiper AC Milan Gianluigi Donnarumma setelah Chelsea batal membeli. Donnarumma pun siap bertahan di Milan.
Belum ada klub yang serius merekrut kiper AC Milan Gianluigi Donnarumma (kiri) setelah Chelsea batal membeli. Donnarumma pun siap bertahan di Milan. (Foto: uefa.com)

Jakarta - Chelsea yang nyaris merekrut kiper AC Milan Gianluigi Donnarumma mundur dari persaingan. Belum ada kepastian dari klub lain yang sebelumnya menyatakan ketertarikannya merekrut Donnarumma. Sang kiper sendiri menyatakan siap bertahan di Milan dan berharap memperbarui kontraknya. Namun dia mengajukan syarat kepada Milan. 

Donnarumma berstatus bebas transfer pada Juni 2021. Bila tidak diperpanjang kontraknya, Milan bakal melepas kiper tim nasional Italia itu di bursa transfer musim panas.

Milan tak ingin salah satu pemain pilar ini pergi secara gratis bila tak memperbarui kontraknya. Apalagi sudah banyak klub yang antre ingin merekrut Donnarumma. Harga 69 juta euro atau Rp 1,8 triliun pun dipatok Milan untuk kiper tersebut.

Saya adalah fan Milan. Jadi saya berusaha melakukan yang terbaik untuk Milan

Chelsea sempat menunjukkan keseriusannya merekrut kiper berusia 21 ini. Klub Liga Premier Inggris ini berharap dia bisa menggantikan kiper Kepa Arrizabalaga yang performanya mengalami penurunan. 

Hanya, Chelsea kemudian mundur dari persaingan tersebut. Klub tak ingin mengeluarkan dana untuk membeli Donnarumma. Manajer Frank Lampard diminta untuk tetap memaksimalkan Kepa yang tercatat sebagai kiper termahal di dunia saat dibeli dari Athletic Bilbao pada 2018.

Selain The Blues, Paris Saint-Germain, Real Madrid, dan Manchester United tertarik memboyong dia. Termasuk Juventus yang ingin menukar Donnarumma dengan pemainnya, Federico Bernardeschi. 

Persoalannya tidak ada kepastian dari klub-klub tersebut untuk menindaklanjuti rencana pembelian Donnarumma. Adanya pandemi Covid-19 yang menghajar finansial klub sepak bola Eropa menjadikan mereka harus selektif membeli pemain. 

Madrid yang memburu Paul Pogba dan Kylian Mbappe tidak akan gegabah menawar Donnarumma. Demikian Man United yang tak sepenuhnya mengincar kiper karena David de Gea masih bisa diandalkan. 

Donnarumma Hadapi Dilema

Donnarumma sendiri sesungguhnya dihadapkan pada dilema. Dirinya ingin berkompetisi di Eropa karena saat ini sulit bagi Rossoneri meraih tiket ke Liga Champions. Milan bukan lagi The Dream Team seperti era 1980 dan 1990 an. Mereka sudah berubah menjadi tim medioker yang lebih sering menghuni papan tengah. 

Namun dirinya juga ingin bertahan di Milan, klub yang menjadi idolanya sejak kecil. Donnarumma juga tak pernah meninggalkan Milan sejak diperkuatnya pada 2015. 

Dirinya pun siap memperbarui kontraknya. "Saya adalah fan Milan. Jadi saya berusaha melakukan yang terbaik untuk Milan," jawabnya. 

Hanya, kiper yang memiliki 16 caps ini tetap mengajukan syarat kepada Milan. Menurut Tuttosport, sang pemain siap bertahan asal gajinya tak berubah, yaitu sebesar 6 juta euro atau Rp 100 miliar untuk setiap tahun.

Dia memang tidak meminta kenaikan gaji di kontrak barunya. Donnarumma yang menjalani karantina juga menyatakan segera menghubungi CEO Ivan Gazidis terkait perpanjangan kontraknya.

Persoalannya, permintaan ini memang memberatkan Milan yang ingin membatasi gaji pemain. Pemilik Milan, Elliot Management, menyatakan tidak lagi memberikan gaji tinggi kepada pemain. []

Berita terkait
Chelsea Batalkan Rencana Lampard Rekrut Donnarumma
Chelsea membatalkan rencana membeli kiper AC Milan Gianluigi Donnarumma. Klub meminta manajer Frank Lampard memaksimalkan kiper Kepa.
Chelsea Waspadai Madrid Ingin Rebut Donnarumma
Chelsea mengincar kiper AC Milan Gianluigi Donnarumma gantikan Kepa Arrizabalaga. Namun Chelsea bersaing dengan Real Madrid untuk menggaetnya.
Juventus Ingin Tukar Bernardeschi dengan Donnarumma
Juventus menawari AC Milan melakukan pertukaran pemain. Juve siap melepas Federico Bernardeschi untuk ditukar kiper Gianluigi Donnarumma.
0
KUR Kena Corona, Tenang Jokowi Beri Subsidi Bunga 6%
Jokowi melalui Kementerian Koordinator bidang Perekonomian menyiapkan sejumlah program untuk mempertahankan perekonomian nasional di tengah corona.