Final, Ini Jumlah DPT Pilkada Manggarai 2020

KPU Manggarai NTT tetapkan DPT untuk Pilkada Desember 2020 mendatang. Berikut rincian DPT tiap kecamatan di Kabupaten Manggarai
KPU dan Bawaslu Manggarai usai menandatangani berita acara penetapan DPT Pilkada Manggarai tahun 2020, di kantor KPU Manggarai, Jumat 16 Oktober 2020 malam. (Foto: Tagar/Pepi Kurniawan)

Ruteng - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Manggarai NTT tetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pilkada mendatang melalui rapat pleno terbuka di kantor KPU Manggarai, Jumat 16 Oktober 2020 malam.

Pantauan Tagar, rapat pleno tersebut berlangsung sejak 14-16 Oktober 2020 dan diikuti oleh Bawaslu Manggarai, tim penghubung Pasangan Calon, TNI dan Polri.

Berapapun DPT yang ditetapkan, kita berharap tingkat partisipasinya capai 90 Persen.

Karena situasi pandemi, kegiatan itu tetap mengikuti protokol pencegahan dan penanganan Covid-19, seperti jaga jarak, pakai masker dan wajib cuci tangan sebelum masuk ruang rapat.

Ketua KPU Manggarai, Thomas Aquino Hartono mengatakan, jumlah DPT yang ditetapkan berdasarkan pencermatan yang dilakukan oleh peserta rapat pleno terbuka.

Ia berharap, tingkat partisipasi pemilih dalam Pilkada 9 Desember mendatang akan meningkat yakni minimal 90 Persen.

"Berapapun DPT yang ditetapkan, kita berharap tingkat partisipasinya capai 90 Persen," katanya kepada Tagar, Jumat 16 Oktober 2020 malam.

Sementara Ketua Bawaslu Manggarai, Marselina Lorensia mengatakan proses pleno yang cukup alot dan lama diharapkan mampu meminimalisir masalah pendataan.

Sebab, Bawaslu Manggarai kata dia sangat konsen lakukan pengawasan pendataan yang dilakukan KPU Manggarai, sejak proses pencoklitan hingga penetapan DPT.

Menurutnya, wajar Pleno di KPU Manggarai paling terakhir di NTT, karena jumlah wajib pilih Manggarai paling banyak di NTT selain itu juga pembahasan data dilakukan secara cermat dan detail.

"Ini semua demi meminimalisir persoalan data pemilih, sehingga harus dicermati dengan baik. Mari kita kerjasama untuk sukseskan pilkada Manggarai, tapi bukan kerjasama untuk hal yang tidak baik" katanya.

Diketahui rapat pleno ini berakhir pukul 22.30 WITA.

Berikut DPT Setiap Kecamatan di Kabupaten Manggarai:

Langke Rembong = 38.625
Satarmese = 24.935
Satarmese Barat = 14.220
Satarmese Utara = 10.985
Lelak = 9.105
Ruteng = 30.079
Rahong Utara = 16.045
Wae Rii = 20.818
Cibal = 19.056
Cibal Barat = 11.106
Reok  = 13.337
Reok Barat = 10.809. []

Berita terkait
Polisi Dalami Kasus Penemuan Mayat di Manggarai
Polres Manggarai dalami kasus penemuan mayat Meldiana Saiman yang tergeletak di jalan trans Flores Ruteng-Labuan Bajo Manggarai Barat.
Pasangan Deno-Madur Diperingati Bawaslu Manggarai
Bawaslu Kabupaten Manggarai kembali mengeluarkan surat peringatan tertulis kepada Calon Bupati nomor urut 1, Deno-Madur. Ini Penyebabnya
Pemda Manggarai Rencana Pinjam Uang Ratusan Miliar
Ini alasan Pemda Kabupaten Manggarai NTT meminjam uang Rp 100 hingga Rp 150 miliar.
0
Dewas KPK Pecat Penyidik Robin Terkait Suap Tanjung Balai
Dewan Pengawas KPK memecat penyidik Stepanus Robin Pattuju karena terbukti berhubungan dengan perkara Wali Kota Tanjung Balai M. Syahrial.