Fakta-fakta Menarik Tentang Iwan Fals

Iwan Fals juga memiliki pengalaman yang sangat menyentuh sebelum menjadi superstar seperti sekarang ini.
Iwan Fals (Foto: Tagar/Instagram @iwanfals)

Jakarta - Siapa yang tak kenal Iwan Fals. Mungkin kamu belum lahir pada era 80-an sampai 90-an. Memiliki nama lengkap Virgiawan Listanto ini merupakan seorang musisi kelahiran Jakarta, 57 Tahun silam. 

Berbekal pengalaman sebagai penulis dan pantai membuat syair mengenai kepekaan lingkungan sosial, moral, sampai politik, membuat namanya terpatri sebagai legenda musik Indonesia.

Iwan Fals juga memiliki pengalaman yang sangat menyentuh sebelum menjadi superstar seperti sekarang ini. Masa-masa sulit yang ia jalani dahulu, nampaknya bisa jadi pelajaran yang bisa diambil semua pelaku seni untuk terus berkarya.

Berikut fakta perjalanan awal musik Iwan Fals.

Kebiasaan mengamen di tempat hajatan

Berawal ketika anak muda (13 Tahun) yang tinggal di daerah Bandung itu mengulik alat musik gitar di pelataran rumahnya. Tanpa disadari, kebiasaan itu berbuah hasil positif menjadi hobi yang menguntungkan. 

Sehingga, pada suatu ketika Iwan Fals muda mempunyai bakat dalam mengemas lagu. Dengan prinsip anak kolong yang mengalir kehidupan sederhana itulah pertama kali tercipta lagu-lagu dengan lirik yang bisa menghibur teman-temanya.


Jual Motor untuk Rekaman

Selanjutnya dalam beberapa waktu berselang, keahliannya membuahkan perhatian salah satu produser musik. Bersama Bambang Bule (produser dari Jakarta), dia menawari Iwan Fals muda untuk mengadu nasib di Jakarta, setelah mendengar kualitas suara Iwan Fals dari Radio 8EH milik ITB. 

Setelah memberanikan diri bertandang ke Jakarta, pelantun 'Sarjana Muda' ini juga menjual sepeda motor miliknya untuk membiayai master rekaman albumnya. Dari sinilah, karyanya mulai dilirik oleh label rekaman profesional pertama kalinya.


Menjadi Bintang Film 'Kantata Takwa'

Setelah bermukim dalam "Kantata Takwa" bersama musisi senior yang digawangi oleh WS. Rendra, Setiawan Djody, Donny Fatah, Jocky Suryo Prayogo, Inisisri, dan Sawung Djabo, Iwan Fals pernah bergabung dengan "Swami" dan membuat hits fenomenal seperti "Bento" dan "Bongkar".


Rekor konser skala internasional

Setelah perjalanan panjang selama lebih dari 3 dekade di industri musik Tanah Air, rekor konser yang paling 'pecah' saat Konser Suara Untuk Negeri. Dimana konser menakjubkan tersebut bekerja sama langsung dengan stasiun televisi.

 Dengan informasi yang meluas di seluruh penjuru Tanah Air, masyarakat secara langsung berpartisipasi ke konser yang diadakan di 4 kota besar di Indonesia seperti Bandung, Jakarta, Surabaya, dan Medan. 

Sehingga, konser tersebut menjadi ajang pembuktian kepada dunia dengan memecahkan rekor Guinness Book of World Record berskala internasional.

Itulah beberapa fakta unik nan menarik tentang Bang Iwan Fals, dengan karya – karyanya yang sangat mewakili orang-orang di indonesia. Tentunya ia sangat di gemari banyak kalangan.[]

(Erlangga)

Baca Juga:

Berita terkait
Hari Musik Nasional 2021, Iwan Fals Rilis Album Mata Dewa Versi Vinyl
Musisi senior Iwan Fals, resmi merilis album Mata Dewa dalam format vinyl alias piringan hitam, tepat pada perayaan Hari Musik Nasional 2021.
Iwan Fals Dorong Jokowi Layani Debat dengan Rocky Gerung
Musisi senior Iwan Fals mendorong adanya pertemuan antara Presiden Joko Widodo dengan pengamat politik Rocky Gerung.
Lirik Lengkap Lagu Galang Rambu Anarki - Iwan Fals
Berikut lirik lengkap lagu Galang Rambu Anarki milik Iwan Fals.
0
Jokowi Tinjau Vaksinasi Covid-19 Bagi Pelajar di Cilacap
Presiden Jokowi meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 massal bagi pelajar yang digelar di SMA Negeri 2 Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah