UNTUK INDONESIA
Fakta-fakta Menara Saidah
Jagat Twitter sedang ramai memperbicangkan Menara Saidah dan menjadi trending topic.
Longsor di depan gerbang Menara Saidah yang terjadi Kamis (12/10) sore. (Foto: Ardha)

Jakarta - Jagat Twitter sedang ramai memperbicangkan Menara Saidah dan menjadi trending topic. Gedung milik keluarga suami Inneke Koesherawati ini sudah satu darsawarsa tidak berpenghuni. Dulu, Menara Saidah berfungsi sebagai pusat perkantoran swasta.

Gedung yang berlokasi di Jalan MT Haryono, Jakarta Timur, ini mendadak viral lantaran unggahan video seorang warganet.

Konten horor yang dibagikan @jtuvanyx itu memperlihatkan kondisi dalam gedung yang disebut-sebut sebagai Menara Saidah. Suasana gelap dan suram menyelimuti isi video itu.

Namun, setelah di-retweet dan disukai belasan ribu akun, video tersebut lenyap, dan @jtuvanyx mengaku tak tahu alasannya.

"Wakz! Perihal twitku tentang Menara Saidah, ada beberapa yang lapor twitnya hilang. Aku udah cek beberpa kali, ternyata beneran hilang padahal enggak diapa-apain.

Ada yang tahu enggak ya kenapa bisa gitu? Kata temenku sih bisa jadi itu terkait kisah mistis Menara Saidah, mungkin ada yang enggak suka jadi viral," cuitnya, Senin (30/9/2019) petang.

Berikut lima fakta Menara Saidah yang dihimpun Tagar dari berbagai sumber.

1. Berdiri Sejak 90-an

Pembangunan Menara Saidah selesai dalam tiga tahun sejak 1995. Di dalam gedung ini terdapat 28 lantai dengan desain interior unik.

Selain dilengkapi patung-patung bernuansa Romawi yang diimpor dari Italia, langit-langit lobi, dengan sentuhan Las Vegas-nya, bisa diganti.

2. Milik Keluarga Suami Inneke Koesherawati

Bintang film Inneke Koesherawati memiliki hubungan yang cukup dekat dengan Menara Saidah lantaran suaminya, Fahmi Darmawansyah, adalah salah satu anggota keluarga Saidah Abu Bakar Ibrahim, pemilik Menara Saidah.

Dulunya, Inneke menggunakan gedung ini untuk acara buka bersama artis. Kabarnya, Menara Saidah terbengkalai karena ada masalah keluarga yang membuat gedung ini kosong hingga kini.

3. Dikabarkan Miring

Salah satu kontroversi tentang Menara Saidah yang berkembang di masyarakat berkaitan dengan pondasinya, yang disebut-sebut miring beberapa derajat.

Konstruksinya pun dinilai bermasalah sejak awal dibangun, tetapi tak ada yang berkenan memberi penjelasan, baik dari pihak pemilik maupun Suku Dinas Pengawasan dan Penertiban Bangunan (P2B).

Tapi, kabar itu dibantah Kepala Dinas Cipta Karya, Pertanahan, dan Tata Ruang (Kadis Citata) DKI Jakarta, Heru Hermawanto. 

Kepada CNBC Indonesia, Senin (30/9/2019), Heru membantah soal kabar Manara Saidah miring. Tahun 2013, pihak kontraktor gedung Menara Saidah, Hutama Karya juga menepis hal yang sama.

4. Ditutup pada 2007

Pada 2007, dikabarkan karena pondasinya tidak tegak dan membahayakan keselamatan penghuninya, Menara Saidah ditutup.

Namun, pihak pengelola Menara Saidah membantah gedungnya miring dan mengaku dikosongkan karena untuk selanjutnya, Menara Saidah akan disewakan secara keseluruhan satu gedung.

5. Kisah Mistis

Setelah bertahun-tahun kosong, Menara Saidah tak ayal menyisakan beragam kisah mistis, seperti suara yang terdengar tanpa wujud nyata hingga kemunculan sosok misterius di dalam lift.

Driver ojek online (ojol) juga kerap mendapat orderan mistis dari Menara Saidah. Bambang, yang tinggal di belakang Menara Saidah mengaku sering bertemu dengan driver ojol.

Bambang mengatakan para driver ojol tersebut mendapatkan pesanan penumpang atau paket yang ditujukan ke Menara Saidah. Tukang ojek online itu juga sering mendapat orderan di lobi Menara Saidah. 

Tahun 2015, gedung bekas perkantoran ini pernah dijadikan lokasi syuting film horor Menara Stasiun Cawang, yang tadinya berjudul Menara Saidah.

Aktris dan aktor yang terlibat dalam proses syuting film mengaku, kerap mendengar suara gaib di dalam gedung yang disebut-sebut angker itu. []

Berita terkait
Noni Belanda dan 3 Hantu Lain yang Eksis di Bantaeng
Di beberapa kota di Indonesia banyak cerita mistis yang melegenda begitupun di Kabupaten Bantaeng, berikut hantu yang eksis di kota Bantaeng Sulsel
Tragedi Berdarah Rumah Berhantu di Bantaeng
Di sebuah rumah angker tak berpenghuni di Bantaeng, Sulawesi Selatan, kabarnya sempat terjadi tragedi berdarah, saat suami memenggal istrinya.
Misteri Kampung Paccallayya di Gowa
Paccallayya adalah sebuah kampung di Kabupaten Gowa di mana jika melewati kampung tersebut tidak boleh mencela orang lain
0
Harga Rempah Melonjak di Depok Akibat Corona?
Harga rempah-rempah di pasar tradisional di depok dan Kramat Jati, Jakarta Timur melonjak drastis dari harga normal.