8 Hutan Paling Angker di Dunia dan Kisah Mistisnya

Selain menjadi tempat berkumpulnya kearanekaragaman hayati, hutan juga dijuluki sebagai salah satu tempat paling angker.
Ilustrasi hutan angker. (Foto: Tagar/iStock)

Jakarta - Hutan merupakan sebuah wilayah daratan yang didominasi oleh pepohonan. Hutan juga dikatakan sebagai paru-paru dunia, pasalnya hutan menjadi tempat berkumpulnya berbagai macam hayati seperti hewan dan tumbuhan yang ada di dunia ini.

Selain menjadi tempat berkumpulnya kearanekaragaman hayati, hutan juga dijuluki sebagai salah satu tempat paling angker. Hal ini tidak terlepas dari banyaknya kejadian-kejadian mistis dan penuh misteri.

Berikut 8 hutan paling angker di dunia lengkap dengan cerita mistisnya


1. Hutan Black Forest, Jerman

Jika biasanya hutan identik dengan warna hijau dari daun-daun pohonnya, hal ini tidak berlaku untuk salah satu hutan yang berada di Jerman. Hutan yang dinamakan Black Forest ini terkenal dengan suasana gelapnya yang mencekam karena daerahnya jarang sekali terkena cahaya sinar matahari. Dengan diisi oleh banyaknya pohon-pohon pinus di sana, siapapun yang datang langsung dibuat merinding oleh suasana gelap yang begitu dingin.

Kisah mistisnya pun beragam, mulai dari penunggang kuda tanpa kepala, seorang raja yang akan menculik seorang gadis untuk dibawa ke istana di bawah air, hingga kesan seram yang dilengkapi oleh berbagai dongeng horor yang dibuat oleh Grimm bersaudara. Dongeng tersebut menceritakan tentang adanya penyihir yang hidup di dalam hutan. 

Ditambah lagi ada cerita pembunuhan yang terdapat dalam novel berjudul The Necromancer pada 1794. Meski begitu, Black Forest menyimpan pemandangan menawan dengan adanya desa-desa kuno dan jalur hiking yang memuaskan mata para traveler.

2. Hutan Hallerbos, Belgia

Cerita tentang negeri dongeng sepertinya selalu melekat pada banyak lokasi di luar negeri. Berbeda dengan Black Forrest, hutan Hallerbos di Belgia ini menyimpan begitu banyak kekayaan alam yang begitu hebat. Terutama saat musim semi tiba, tanah hutan Hallerbos akan tertutupi oleh bunga-bunga biru yang berguguran. Hal itu terlihat seperti hamparan karpet biru agak keunguan yang memenuhi “lantai” hutan – tempat siapapun yang datang ke sana berpijak. Kejadian manakjubkan itulah yang membuai para traveler merasa seperti berada di negeri dongeng – yang tentu saja identik dengan nuansa horor dari cerita adanya penyihir.


3. Hutan Crooked Forest, Polandia

Selain pohon-pohonnya yang menjulang tinggi, hutan Crooked Forest di Polandia ini dianggap sebagai hutan yang angker karena bentuk pohonnya cukup aneh. Seluruh pohon yang ada di hutan yang letaknya di luar Nowe Czarnowo ini seluruhnya seragam, yakni melengkung dan bentuknya benar-benar sama. Pada 1930, diperkirakan ada sekitar 400 pohon-pohon pinus ditanam di sana yang diperuntukkan buat bahan baku pembuatan kapal. Meski begitu, tetap saja penyebab yang membuat pohon tersebut jadi melengkung masih jadi misteri besar yang belum terpecahkan hingga kini.

4. Hutan Aokigahara, Jepang

Hutan Aokigahara memang populer dengan keangkerannya lantaran sering dijadikan sebagai tempat bunuh diri. Hingga kini telah diperkirakan terjadi sekitar 500 kasus bunuh diri sejak 1950-an. Oleh karena itu, tak heran kalau warga setempat sering mendengar jeritan arwah saat tengah malam. Karena kasus bunuh dirinya udah melebihi batas, pemerintah pun turun tangan dengan bentuk tim pada 1970 yang bertugas menyusuri hutan mencari mayat-mayat.

Hal yang bikin merinding lagi, mereka yakin kalau jenazah yang ditemukan itu tak boleh ditinggal sendirian karena bisa menyebabkan peristiwa aneh terjadi, yaitu arwahnya bakal menjerit semalaman dan dapat berpindah tiba-tiba. Traveler dari berbagai belahan dunia pun telah mengakui kalau hutan lebat yang luasnya 32km di barat laut kaki Gunung Fuji ini sangat mengerikan. Tak hanya sebagai lokasi bunuh diri favorit, di hutan Aokigahara ini dianggap punya cadangan besi di bawah tanah yang menyebabkan para pejalan kaki tersesat. Lautan pohon di hutan Aokigahara ini bikin suara apapun di dalam sana tak terdengar ke luar.

5. Hutan Hoia-Baciu Forest, Rumania

Penduduk sekitar banyak yang bilang pernah lihat UFO atau hantu di hutan yang bernama Hoia-Baciu Forest ini. Di tambah lagi pengakuan dari teknisi militer yang mengambil foto UFO terbang di atas hutan pada 1968. Keangkaeran hutan ini pun bertambah dari legenda kliring lingkaran sempurna di tengah hutan yang dinilai merupakan salah satu hal munculnya kejadian-kejadian aneh. Hutan yang berlokasi di Rumania ini terkesan seram lantaran banyak orang yang menghilang. Kalaupun ada yang selamat setidaknya akan terkena penyakit kayak gatal-gatal pada kulit, muntah-muntah, pusing, adanya luka bakar, gelisah, dan gangguan tubuh lainnya. Kisah mistis dari hutan Hoia-Baciu Forest dikenal juga dengan “Segitiga Bermuda dari Transylvania”.


6. Hutan Isla de las Munecas, Meksiko

Di dekat ibukota Meksiko, terdapat sebuah pulau yang di dalamnya banyak bergantungan boneka-boneka di pohonnya. Inilah awal mula hutan yang dinamakan Isla de las Munecas dianggap seram, yaitu konon – Don Julian Santana (penghuni satu-satunya pulau itu) melihat jasad cewek dan boneka di salah satu kanal sekitar 53 tahun lalu. Untuk menghormatinya, Don Julian menggantung boneka itu di pohon, lalu tanpa disadari boneka yang digantungkan pun bertambah sampai ribuan. Dan pada 2001, Don Julian ditemukan di perairan yang sama saat tempat dirinya menemukan jasad cewek itu. Oleh masyarakat, boneka-boneka yang digantung dan tubuhnya tak lengkap dan dipercaya sebagai setan, sedangkan yang lain menganggap itu hanya sebagai penjaga pulau.

7. Hutan Wychwood, Inggris

Salah satu hutan yang sering dijadikan lokasi keluarga kerajaan berburu sejak dulu yaitu Hutan Wychwood di Inggris. Oleh karena itu, tak heran kalau kisah mistisnya pun berasal dari kerajaan, seperti keberadaan hantu Amy Robsart – isri bangsawan Earl of Leicester. Amy dikabarkan ditemukan meninggal di dalam hutan dengan kondisi leher patah, sayangnya hingga kini penyebab peristiwa itu pun belum diketahui pasti. Berhembus kabar juga kalau hantu Amy menemui suaminya yang lagi berburu di dalam hutan itu dan mengatakan kalau suaminya bakal tewas juga 10 hari kemudian. Berita yang tersebar itu pun benar terjadi, yakni Earl of Leicester meninggal dunia karena sakit. Dan sejak itu dipercaya siapapun yang bertemu hantu Amy akan mendapat kisah hidup yang menyedihkan.

Selain itu, ada pula kisah munculnya tangan yang tiba-tiba menyentuh siapapun orang yang jalan sendirian di dalam hutan. Ditambah lagi adanya gerobak yang isinya pasangan suami-istri dengan dua anak yang menangis tiada henti.


8. Hutan Bukit Dow, Kurseong, India

Hutan yang berada di bukti Dow, Kurseong, di India ini memiliki cerita mistis, yakni salah satunya kisah yang diungkapkan oleh tukang kayu yang mengaku pernah lihat anak laki-laki tanpa kepala jalan-jalan di sekeliling pohon. Selain itu, ada pula kisah yang terjadi di The Victoria School Boys sekolah yang beridiri sejak akhir abad 19 yang berhantu. Para siswa berkata kalau mereka sering dengar adanya suara langkah kaki di koridor-koridor, anehnya tak pernah ketahuan siapa yang melangkah. Dan lagi-lagi hutan itu memang sering dijadikan lokasi para paranormal melakukan aktivitasnya.


(Sri Wahyuni Sitorus)


Berita terkait
Sinopsis Film Horor The Maid Kisah Misteri ART
Film The Maid merupakan film horor thriller Thailand yang menceritakan misteri di balik seringnya pergantian ART. Berikut sinopsis singkatnya.
Tangan Misterius di Atas Makam Jane Bikin Salah Fokus
Netizen salah fokus terkait tangan misterius di atas makam Jane Shalimar. Olive kemudian mengklarifikasi hal yang membuat salah fokus tersebut.
Profil Munir Said Thalib, Meninggal di Pesawat Secara Misteri
Kasus pembunuhan Aktivis HAM Munir Said Thalib sudah menjadi misteri selama 17 tahun, ia meninggal di pesawat Garuda secara misterius.
0
5 Aturan Diet Makanan Mentah dan Manfaatnya untuk Kesehatan
Metode diet ini diklaim dapat memberikan Anda energi lebih banyak, memperbaiki penampilan dan kesehatan kulit.