UNTUK INDONESIA
Enam Makanan Sedap Disantap Saat Musim Hujan
Cuaca yang cenderung dingin, membuat tubuh lebih mudah lapar, sehingga makanan yang hangat menjadi pilihan.
Ilustrasi. (Foto: Pixabay/Rita E.)

Jakarta - Sejumlah daerah khususnya di wilayah barat Indonesia tengah memasuki musim hujan. Cuaca yang cenderung dingin, membuat tubuh lebih mudah lapar, sehingga makanan yang hangat menjadi pilihan.

Berikut Tagar rangkum enam makanan yang sedap untuk disantap saat musim hujan.

1. Bakso Kuah

Bakso kuah menjadi salah satu santapan yang paling populer di Indonesia. Jadi, tidak bisa dipungkuri makanan ini selalu banyak di cari masyarakat dalam situasi apapun. 

Banyak tempat makan yang menawarkan bentuk bakso yang unik, seperti bakso granat, bakso pipih, hingga bakso gepeng untuk menarik pengunjung. 

Bakso yang memiliki tekstur lembut tersebut sangat lezat dihidangkan bersama mie rebus dengan saus dan sambal.

Rasa pedas dan panas yang dipadukan antara mie dengan bakso sapi, membuat makanan tersebut menjadi sangat cocok disantap ketika musim hujan datang. 

Jangan heran meski udara saat hujan dingin, keringat akan bercucuran karena menyantap bakso kuah yang telah di campurkan dengan saus dan sambal pedas.

Bakso KuahSemangkuk bakso kuah. (Foto: Pixabay/Stivian Putra)

2. Roti Bakar

Roti bakar merupakan salah satu makanan yang cocok disantap saat musim hujan. Makanan ini lebih renyah dengan isian manis seperti cokelat, stroberi, dan blueberry. 

Roti bakar sangat cocok disantap ketika hangat, terutama lelehan selainya menambah kenikmatan yang luar biasa. Apalagi disantapnya ketika sore hari saat hujan mulai turun. 

Makanan yang biasa dijadikan pengganti nasi ini, sangat cocok disantap dengan minum teh tawar atau kopi susu hangat. Apalagi,  sembari berkumpul dan ngobrol santai bersama teman atau keluarga.

Roti BakarIlustrasi. (Foto: Pixabay)

3. Saksang Sapi

Makanan khas Batak ini juga dapat diolah dengan daging sapi. Saksang memiliki sensasi rasa yang pedar dan segar. 

Rahasia kelezatannya terletak pada bumbu khas Batak, yakni andaliman dan cabai keriting yang ditambahkan ke daging.

Saksang sangat cocok disantap dengan nasi dan air putih hangat. Sensasi getir dan hangat tidak hanya selesai di lidah saja. Tetapi, juga terasa di dalam perut beberapa saat setelah selesai makan.

Saksang Daging AnjingSepiring saksang. (Foto: Istimewa)

4. Sop Iga

Sop iga memiliki rasa yang lembut dengan kuah hangat yang segar. Panganan yang terbuat dari daging sapi ini sangat cocok disantap dengan nasi hangat bersama teh manis panas. 

Kamu juga bisa merasakan sensasi kelezatan sumsum iga yang berada di dalam tulang. Meski, biasanya harga sop iga sedikit mahal, rasa makanan ini sangat cocok untuk disantap ketika musim hujan.

Sop IgaIlustrasi Sop Iga. (Foto: Istimewa)

5. Martabak Mesir

Meski bernama Martabak Mesir, kudapan ini tidak berasal dari negara Afrika. Makanan yang diyakini berasal dari Sumatera Barat tersebut terbuat dari adonan tepung yang berisi telur, daging, dan bawang yang digoreng. 

Biasanya makanan ini disajikan saat hangat bersama cuka sebagai bumbu pelengkap.

Makanan ini biasanya dapat ditemukan pada saat malam hari dan cocok disantap dalam kondisi hangat. Dengan rasa yang lembut, nikmat, dan hangat tersebut makanan ini sangat cocok disantap saat hujan.

Martabak AcehMartabak Mesir. (Foto: Tagar/Fahzian Aldevan)

6. Mie Instan Kuah

Mie instan menjadi pilihan paling populer di berbagai kalangan, terutama di saat akhir bulan. Selain menjadi penyelamat di tanggal tua, makanan dari tepung ini cocok disantap pada musim hujan.

Biasanya, mie instan kuah rasa kaldu ayam menjadi pilihan saat hujan melanda. Makanan ini sangat cocok disajikan dengan telur rebus atau ceplok. 

Namun, akan lebih menggugah selera jika mie instan disajikan sesuai dengan gambar yang tampak pada bungkusnya.

Mie InstanIlustrasi. (Foto: Pixabay/Rita E.)

 Baca juga:

Berita terkait
Kabuto dan Enam Makanan Khas Kendari
Kota Kendari memiliki beberapa makanan khas yang menggugah selera, dijamin bakal memanjakan lidah.
Mochi dan Empat Makanan Khas Tahun Baru di Jepang
Jepang yang memiliki kebiasaan menghidangkan makanan khas di momen tahun baru, apa sajakah itu?
5 Makanan Khas Madiun, Kota Terjadinya Peristiwa 1948
Mengenal lebih dekat Kota Malang, lewat makanan khas yang dimilikinya, salah satunya adalah Brem.
0
Sekjen NasDem: Soal Kabinet, Itu Kewenangan Presiden
Pertemuan Prabowo Subianto dengan Surya Paloh tidak membicarakan soal koalisi, opsisi dan jatah menteri karena merupakan kewenangan presiden