UNTUK INDONESIA
Enam Antisipasi Ibu Hamil Tak Tertular Virus Corona
Virus corona tidak mengenal usia, bahkan ibu hamil bisa tertular penyakit tersebut. Berikut ulasannya.
Ilustrasi Ibu Hamil. (Foto: Pixabay/estebantroncosofoto0)

Jakarta - Virus corona atau Novel Coronavirus (2019-nCoV) yang mewabah di Wuhan, China telah menggegerkan masyarakat dunia, karena penyebaran parasit ini sangat cepat dan banyak memakan nyawa. 

Virus mematikan tersebut memang tidak mengenal usia, mulai anak-anak sampai dewasa bisa terjangkit penyakit ini. Namun, bagaimana dampak wabah berbahaya ini jika menyerang ibu yang sedang mengandung? Sebab, apapun jenis virusnya, bisa memengaruhi perkembangan janin dan kesehatan ibu hamil. 

Menurut Center for Disease Control and Prevention (CDC), virus corona memang terlihat mirip dengan virus penyebab Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) dan Middle-East Respiratory Syndrome (MERS). Wabah SARS sempat hebohkan dunia sejak 2002 dan MERS muncul pada 2013.

Meski belum diketahui dampak wabah Novel Coronavirus pada ibu hamil, bukan berarti diabaikan pencegahan penularannya. Pasalnya, virus berbahaya tersebut, bisa tertular saat melakukan kontak langsung dengan seseorang yang terinfeksi atau benda yang terkontaminasi. 

Namun jangan khawatir, untuk mencegah penularan virus corona pada ibu hamil dapat dilakukan dengan cara yang mudah. Berikut Tagar rangkum dari berbagai sumber mengenai cara dan langkah-langkah tepat bagi mereka yang sedang hamil untuk terhindar virus mematikan itu. 

  1. Mencuci tangan dan membuang tisu yang digunakan setelah bersin atau batuk.
  2. Menutup hidung dan mulut ketika batuk dan bersin
  3. Mencuci tangan dengan air dan sabun secara rutin
  4. Hindari kontak langsung dengan seseorang yang sedang batuk dan demam
  5. Memeriksakan diri ke dokter, jika merasa mengalami gejala gangguan pernapasan setelah melakukan perjalanan
  6. Memasak telur, ayam, daging, dan bahan pangan hewani lainnya harus benar-benar matang. 

Perempuan yang sedang mengandung begitu sangat rentan dan dikhawatirkan terserang virus corona. Pasalnya, ibu hamil biasanya sistem kekebalan tubuhnya menurun, sehingga disarankan mereka melakukan langkah-langkah pencegahan penularan penyakit tersebut. 

Dengan melakukan upaya pencegahan, setidaknya meminimalisir virus berbahaya semacam ini tertular pada ibu hamil. []

Baca juga:

Berita terkait
Cegah Virus Corona, Wishnutama Alihkan Wisata China
Menparekraf Wishnutama Kusubandio mengimbau semua pemangku kepentingan sektor pariwisata di tanah air, turut mencegah Novel Coronavirus.
Wuhan Bangun Rumah Sakit Khusus Corona
Wuhan bangun rumah sakit corona dalam hitungan hari. China memang punya reputasi menakjubkan untuk kisah ala Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso.
Virus Corona Berpotensi Ganggu Pariwisata Bali
Ketua GIPI Bali IB Agung Partha Adnyana meminta kepada Pemprov Bali untuk mengantisipasi masuknya virus corona ke Bali
0
Dinkes Kota Tangerang Bantah Warga Kena Corona
Dikabarkan salah satu warganya terkena virus corna, Dinkes Kota Tangerang membantah, warga itu hanya lakukan pemeriksaan biasa