UNTUK INDONESIA
Cegah Virus Corona, Wishnutama Alihkan Wisata China
Menparekraf Wishnutama Kusubandio mengimbau semua pemangku kepentingan sektor pariwisata di tanah air, turut mencegah Novel Coronavirus.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio memasuki mobilnya usai menyampaikan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) di gedung KPK, Jakarta, Kamis, 9 Januari 2020. (Foto: Antara/Hafidz Mubarak A)

Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio mengimbau semua pemangku kepentingan sektor pariwisata di tanah air, turut mencegah Novel Coronavirus (2019-nCoV) atau virus corona masuk ke Indonesia. Salah satunya, agen perjalanan wisata yang selama ini menjual paket wisata ke China.

"Kepada agen perjalanan wisata agar memperhatikan situasi dan imbauan pemerintah dalam penjualan paket wisata outbond ke China maupun inbound China ke Indonesia," ucap Wishnutama di Jakarta, Selasa, 28 Januari 2020 seperti dilansir dari Antara.

Baca juga: Virus Corona di China, Bikin Nilai Tukar Rupiah Loyo

Pasalnya, menurut dia saat ini pemerintah RI tengah meningkatkan kewaspadaan mencegah wabah virus corona masuk ke Indonesia. Maka dari itu, Kemenparekraf ikut mengantisipasi masuknya virus lewat pariwisata, misalnya mengalihkan wisata ke negara lain.

"Untuk promosi kami alihkan untuk pasar Wuhan, masih banyak market besar lainnya yang bisa kita ambil seperti Amerika Serikat, Australia, Eropa, New Zealand, dan lainnya, tidak hanya China," ujarnya.

Selain itu, Wishnutama juga mengimbau para pemangku kepentingan pariwisata termasuk asosiasi dan seluruh kepala dinas pariwisata provinsi dan kabupaten/kota memantau arus kedatangan wisatawan mancanegara di pintu masuk kedatangan negara, baik darat, laut, maupun udara di daerahnya masing-masing.

Kemudian, mengantarkan ke rumah sakit terdekat bila menemukan wisatawan yang mengalami gejala-gejala terinfeksi virus corona, antara lain mengeluh sakit, terganggunya saluran pernapasan, pilek, batuk, sakit tenggorokan, sakit kepala, dan demam yang berlangsung beberapa hari.

"Wisatawan tersebut harus langsung dirujuk ke rumah sakit terdekat," tutur dia.

Ia berharap wabah virus corona yang awalnya muncul di Kota Wuhan, Provinsi Hubei itu dapat segera ditangani secepat mungkin. Sehingga tidak semakin meluas dan tidak menimbulkan keresahan bagi semua pihak. []

Berita terkait
Virus Corona Berpotensi Ganggu Pariwisata Bali
Ketua GIPI Bali IB Agung Partha Adnyana meminta kepada Pemprov Bali untuk mengantisipasi masuknya virus corona ke Bali
Virus Corona, Trump Tawarkan China Bantuan
Presiden Donald Trump menawarkan bantuan kepada pemerintah China untuk mengendalikan semakin meluasnya penyebaran virus corona.
Corona Masuk Indonesia Sejak 1957
Corona bukan hanya sebutan nama virus mematikan saja. Ternyata ada sejumlah barang yang memiliki nama yang serupa. Berikut ulasannya.
0
Kekerasan Seksual Anak Terus Meningkat di Banda Aceh
Kasus kekerasan seksual seperti pemerkosaan dan pencabulan terhadap anak di bawah umur di wilayah Banda Aceh terus meningkat dari tahun ke tahun.