UNTUK INDONESIA
Emak-emak di Pulau Selayar Sulsel Bisnis Sabu
Faktor ekonomi membuat seorang emak-emak di Selayar nekat terlibat dalam bisnis sabu.
Ibu rumah tangga di Selayar diamankan Polda Sulsel karena diduga terlibat bisnis sabu. (Foto: Polda Sulsel)

Selayar - Seorang ibu rumah tangga (IRT) di Selayar, RI 26 tahun, diduga terlibat dalam peredaran narkotika jenis sabu. Emak-emak ini ditangkap personel Satuan Narkoba Polres Selayar di rumahnya, Lingkungan Parappa, Kelurahan Bontobangun, Bontoharu. 

Direktur Reserse Narkoba Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) Kombes Pol Hermawan mengatakan penangkapan IRT ini atas dasar laporan masyarakat. Bahwa yang bersangkutan diduga terlibat dalam peredaran dan penyalahgunaan narkoba.

"Pelaku ditangkap di rumahnya. Ia diduga sering mengedarkan narkoba jenis sabu di Selayar," kata dia, Jumat, 10 Januari 2020.

Dia mengedarkan sabu karena terdesak oleh kebutuhan ekonomi.

Dihadapan petugas, emak-emak mengaku  terpaksa mengedarkan sabu karena terdesak kebutuhan ekonomi. Selama ini, hanya sebagai ibu rumah tangga yang tak punya penghasilan tetap. Juga tidak punya kemampuan khusus untuk bekerja. 

Ia akhirnya nekat bisnis sabu demi memenuhi kebutuhan sehari-hari pribadi maupun keluarganya. "Dia mengedarkan sabu karena terdesak oleh kebutuhan ekonomi," jelas Hermawan.

Dalam penggerebekan di rumah RI, polisi menemukan barang bukti satu klip berisi sabu yang disembunyikan di pembungkus rokok. Atas perbuatannya, ia dijerat dengan pasal 114 ayat 1 atau pasal 112 ayat 1 Jo pasal 132 ayat 1 UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

"Pelaku diancam dengan pidana penjara paling singkat empat tahun dan paling lama 20 tahun atau seumur hidup," sebut Hermawan. []

Baca juga: 

Berita terkait
2 Kg Sabu Digagalkan di Bandara SIM Aceh
Polisi di Aceh menggagalkan penyelundupan narkotika jenis sabu sebanyak dua kilogram di Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Aceh Besar.
Dua Mahasiswa Makassar Ditangkap Karena Sabu
Dua oknum mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM) ditangkap Satuan Reserse Narkoba Polrestabes Makassar karena mengkonsumsi narkona jenis sabu.
Oknum Polisi di Wajo Sulsel Digrebek Saat Pesta Sabu
Salah seorang anggota polisi di Kabupaten Wajo diduga ditangkap basah karena berpesta narkoba bersama lima orang temannya
0
Hati-hati, 12 Lintasan Tol Jasa Marga Kebanjiran
Jasa Marga mencatat sebanyak 12 titik ruas jalan tol yang kebanjiran karena curah hujan yang tinggi sejak Selasa dini hari, 25 Februari 2020.