Eks Striker Chelsea Demba Ba Putuskan Pensiun di Usia 36

Dengan Hoffenheim, Ba mampu mencetak 37 gol dalam 97 pertandingan. Demba Ba mulai bersinar saat membela Newcastle United dengan 29 gol.
Demba Ba Saat Membela Istanbul Basaksehir (Foto: Tagar/[email protected])

Jakarta - Melalui akun media sosialnya, mantan striker Chelsea Demba Ba telah mengumumkan bahwa ia akan gantung sepatu di usia ke-36 tahun.

“Dengan hati yang dipenuhi rasa syukur saya mengumumkan akhir karier bermain saya. Sungguh perjalanan yang luar biasa,” tulis Demba Ba di lewat Twitter nya.

"Saya ingin berterima kasih kepada semua orang yang pernah bertemu dengan saya dan membantu saya tumbuh, setiap klub dan manajer yang telah memberi saya kesempatan, para suporter atas dukungan luar biasa mereka dan keluarga serta teman-teman saya atas cinta tanpa syarat. Dari lubuk hati saya yang paling dalam, terima kasih. Segala puji bagi Yang Maha Kuasa.”

Klub terakhir yang ia bela sebelum pensiun adalah Lugano, klub dari Liga Super Swiss.

Demba Ba memulai karier sepakbolanya di klub Prancis, Rouen. Setelahnya, ia telah mencicipi beberapa liga di dunia, mulai dari Belgia, Jerman, Inggris, Turki, Tiongkok dan yang terakhir adalah Swiss.

Selama karier klubnya, Demba Ba telah memenangkan Liga Europa bersama Chelsea pada musim 2012/13 dan dua kali meraih gelar Super Lig Turki bersama Besiktas dan Istanbul Basaksehir, masing-masing pada musim 2016/17 dan 2019/20.

Dengan Hoffenheim, Ba mampu mencetak 37 gol dalam 97 pertandingan. Demba Ba mulai bersinar saat membela Newcastle United dimana ia mencetak 29 gol dalam 59 pertandingan.


Dengan hati yang dipenuhi rasa syukur saya mengumumkan akhir karier bermain saya. Sungguh perjalanan yang luar biasa.


Di kancah internasional, ia membela Timnas Senegal dalam kurun waktu 2007 hingga 2015. Selama itu, ia hanya mencetak empat gol dalam 22 pertandingan yang dijalani.

Momen yang paling teringat dari karier sepak bola Demba Ba yaitu saat ia mencetak gol yang iconic ke gawang Liverpool. Gol itu bermula dari terpelesetnya kapten Liverpool Steven Gerrard, Demba Ba langsung mengambil dan berlari dengan cepat. Tanpa pengawalan yang berarti, ia langsung mencetak gol yang membuat Liverpool kalah dan gagal dalam memperebutkan gelar Liga Inggris.[]

(Bariq Yonanda)

Baca Juga:

Berita terkait
Jadwal Liga Inggris, Perang Panas Mourinho Vs Guardiola
Duel Tottenham Hotspur melawan Manchester City, Minggu, 22 November 2020 dini hari WIB, diwarnai mind games Jose Mourinho dan Pep Guardiola.
Hasil dan Klasemen Liga Inggris: dari Chelsea ke Tottenham
Duel sesama London dalam perebutan tahta klasemen Liga Premier Inggris. Tottenham Hotspur bertengger di puncak setelah menggeser Chelsea.
Top Skor Liga Inggris: Salah Bersaing dengan Striker Everton
Perebutan top skor kian ketat setelah striker Everton Dominic Calvert-Lewin gagal menambah gol. Dia disaingi Mohamed Salah dan Son Heung-min.
0
Eks Striker Chelsea Demba Ba Putuskan Pensiun di Usia 36
Dengan Hoffenheim, Ba mampu mencetak 37 gol dalam 97 pertandingan. Demba Ba mulai bersinar saat membela Newcastle United dengan 29 gol.