Medan - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menyampaikan keinginannya untuk mengubah wajah Belawan menjadi salah satu tempat rekreasi menarik.

Hal itu dikatakannya saat meninjau layanan mudik Lebaran Idul Fitri 1440 H di Pelabuhan Bandar Deli Belawan, Jalan Pelabuhan Lama, Belawan, Medan, Sabtu 1 Juni 2019.

"Ini nanti akan segera digambar, dibuatkan blueprint-nya, sehingga semua akan dikomunikasikan ke seluruh pihak. Di samping pelabuhan saya ingin Belawan ini menjadi tempat rekreasi seperti halnya Pelabuhan Tanjung Perak," ujarnya.

Edy berjanji akan melakukan rapat dengan pihak terkait memulai penataan Pelabuhan Bandar Deli Belawan.

"Nanti kita akan rapat dan duduk bersama-sama, mau seperti apa kita buat Belawan ini. Yakinkan masyarakat juga, ini akan kita benahi, saya ingin rakyat nyaman datang ke sini," tambahnya

Edy Rahmayadi juga melakukan pengecekan persiapan mudik moda transportasi laut. "Saya datang ke sini untuk melihat persiapan mudik, yang menjadi prioritas adalah rute Kapal Kelud Medan-Batam. Sudah saya tanyakan pada pihak Pelindo kesiapan sudah kondusif, tiket terpenuhi dengan penumpang seribu orang," katanya.

Sebelum bertolak menuju Belawan International Container Terminal (BICT) dan Terminal Peti Kemas Domestik Belawan (TPKDB), Gubernur Edy pun berpesan agar pemudik tetap memperhatikan cuaca saat ini.

"Pesan untuk pemudik, jaga keamanan, perhatikan cuaca saat ini, tetap jaga kesehatan dan saya ucapkan selamat berhari raya," katanya.

Seakan menyambut keinginan Gubernur Sumut, Ketua DPRD Sumut Wagirin Arman pun mengapresiasinya. "Belawan ini merupakan salah satu pintu gerbang masuk ke Indonesia bagian wilayah barat, saya senang Bapak Gubernur punya langkah perbaikan untuk Belawan ini, mudah-mudahan bisa direalisasikan. Walau pun nanti saya sudah tidak menjadi ketua DPRD, akan tetap saya dukung program ini," ucap Wagirin.

Dalam kegiatan tersebut Gubernur Edy turut didampingi Danlantamal I Laksamana Pertama TNI Ali Triswanto, Direktur Utama Pelindo 1 Dian Rachmawan, Kepala Dinas Perhubungan Sumut Haris Lubis dan Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Belawan Sugeng Wibowo.[]

Baca juga: