Dua Pejabat Pimpinan Tinggi Madya Kemkominfo Dilantik

Menkominfo) Johnny G. Plate melantik serta mengambil sumpah jabatan kepada dua pejabat Pimpinan Tinggi Madya
Pelantikan dua pejabat Kementerian Kominfo (Foto:Tagar/kominfo.go.id)

Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate melantik serta mengambil sumpah jabatan kepada dua pejabat Pimpinan Tinggi Madya Kementerian Kominfo. Dua pejabat yang dilantik antara lain Mira Tayyiba sebagai Sekretaris Jenderal dan Hari Budiarto Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia.

Menkominfo ketika sambutan setelah pelantikan menegaskan agar kedua pejabat bisa mengembangkan SDM di lingkungan Kementerian Kominfo dan Talenta Digital Nasional.

"Persoalan masalah sumber daya manusia atau SDM menjadi perhatian yang serius Bapak Presiden Joko Widodo. dalam arahan beliau tentang Akselerasi Transformasi Digital," ujarnya di Aula Anantakupa Kementerian Kominfo, Jakarta, Rabu , 23 Desember 2020.

Johnny G. Plate, berpendapat pengembangan SDM tidak hanya untuk eksternal atau masyarakat luas, maupun talenta digital mahir dalam memasuki era transformasi digital guna menempuh era teknologi 4.0.hal tersebut perlu disiapkan SDM di lingkungan Kementerian Kominfo.

"Yang nantinya memandu kebijakan dan menjadi benchmark talenta digital juga perlu di-upgrade dan upskilling keahlian dan kompetensinya. Adalah tugas kesekjenan untuk menyiapkan aparatur sipil negara memiliki kapasitas dan kapabilitas untuk menjalankan beragam kebijakan dan program berkaitan dengan transformasi digital dimaksud. Sementara, Badan Penelitian dan Pengembangan SDM memiliki peran menyiapkan atau talenta digital andal dalam memasuki era transformasi digital menyongsong era teknologi 4.0," jelasnya.

Kementerian Kominfo juga menerapkan Flexible Working Space, ruang kerja fleksibel guna beradaptasi dengan pandemi. ASN yang bekerja di kantor disusun sedemikian rupa agar mampu meminimalkan potensi penularan Covid-19 sesuai dengan aturan kepegawaian yang berlaku.

"Selama ini, proses kerja dan kinerja sudah berjalan dengan baik. Namun, tak boleh berpuas diri. Oleh karena itu, perlu dirumuskan terobosan agar Kementerian Kominfo menjadi yang terdepan dalam pemanfaatan teknologi. Bagaimana ASN terlindungi namun tanggung jawab masing-masing orang juga ditunaikan dengan baik," ucapnya.

Kita sama-sama tahu computer will take human jobs, but computer will also create another job for human

Kementerian Kominfo kini berupaya menyiapkan serta mengembangkan talenta digital dengan berfokus pada aspek literasi dan pengembangan teknis kemampuan teknologi baru. Menteri Kominfo berpendapat, literasi ditujukan guna meningkatkan kesadaran, pengetahuan, dan rasa percaya dalam pemanfaatan teknologi, sedangkan pengetahuan teknis dibutuhkan karena banyak pekerjaan yang diproyeksikan akan tergantikan dengan teknologi baru sejalan pemanfaatannya yang semakin kuat.

"Kita sama-sama tahu computer will take human jobs, but computer will also create another job for human," ucapnya.

Kementerian Kominfo berupaya mengembangkan talenta dalam beberapa tahun terakhir melalui program program stimulus pelatihan digital, melalui Gerakan Nasional Literasi Digital, Digital Talent Scholarship, dan Digital Leadership Academy.

"Hari ini secara khusus saya mintakan kepada Kepala Badan Litbang SDM yang baru untuk juga mereviu dan menyiapkan peta jalan pengembangan STMM Sekolah Tinggi Multi Media Kominfo untuk menjadi center of excellence SDM digital Indonesia sesuai dengan kebutuhan transformasi digital nasional. Marilah kita melihat STMM baru untuk kebutuhan Indonesia masa kini dan masa depan," katanya.

Dia berharap agar bisa menyesuaikan diri guna menciptakan birokrasi yang efektif dan efisien. Selain itu, ia mengajak berdoa agar Tuhan Yang Maha Esa memberikan petunjuk serta kekuatan kelancaran dalam melaksanakan tugas dan pengabdian kepada bangsa dan negara.

"Mari bersama kita menatap hari esok dengan tekad, semangat dan memancang harapan baru untuk Indonesia. Harapan akan Indonesia Digital, Indonesia Towards Digital Nations, yang kita wujudkan bersama dengan kerja keras, kerja cerdas dan tentunya kerja ikhlas," tuturnya.

Menteri Kominfo turut mengajak semua pihak mitra kerja serta Kementerian Kominfo untuk membagun dan mewujudkan ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan.

"Untuk kesehatan pulih dan ekonomi bangkit menuju Indonesia Maju: Indonesia Sehat, Indonesia Kerja, Indonesia Tumbuh!" ucapnya.

Menteri Johnny, diakhir sambutannya mengatakan terima kasih dan penghargaan kepada pejabat Sekjen serta Kepala Badan Litbang SDM sebelumnya.

"Saya menyampaikan terima kepada Ibu Niken Sekjen yang lama dan Pak Ismail Plt Sekjen. Kepada Pak Basuki Kepala Badan Litbang SDM dan Pak Semmy Plt. Kepala Badan Litbang SDM, yang telah melaksanakan tugas dengan baik. Dengan mengambil bagian dalam titik sambung dalam perjalanan sejarah Kominfo dan pengabdian kepada negeri kita yang tercinta Indonesia," jelasnya.

Pelantikan serta Pengambilan Sumpah Jabatan Pimpinan Tinggi Madya dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Presiden No 200/TBA Tahun 2020 Pegangkatan dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya di lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika. Ketika pengambilan sumpah, Menteri Johnny menegaskan kata dengan penuh tanggung jawab yang diulangnya sebanyak dua kali. []

(Handini)

Baca juga:

Berita terkait
Kominfo Terima Predikat Wilayah Bebas Korupsi Tahun 2020
Kementerian Komunikasi dan Informatika memperoleh penghargaan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi.
Menkominfo Terima Kunjungan Delegasi Pemerintahan Perancis
Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika menerima kunjungan dari delegasi Pemerintahan Perancis.
Menkominfo Lantik 6 Pejabat Tinggi Pratama
Menkominfo Johnny G Plate melantik enam pejabat tinggi pratama. Menurutnya, pejabat yang dilantik ini perlu memiliki peran strategis.
0
Dewas KPK Pecat Penyidik Robin Terkait Suap Tanjung Balai
Dewan Pengawas KPK memecat penyidik Stepanus Robin Pattuju karena terbukti berhubungan dengan perkara Wali Kota Tanjung Balai M. Syahrial.