UNTUK INDONESIA

Menkominfo Dorong Kemitraan Multipihak

Menkominfo Johnny G Plate menyebut bahwa Kemenkominfo selalu siap dalam mendorong transformasi digital.
Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Johnny G Plate. (Foto:Tagar/kominfo.go.id)

Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Johnny G Plate menyebut bahwa Kemenkominfo selalu siap dalam mendorong transformasi digital. Ia pun menegaskan, peluang kolaborasi dan kemitraan multipihak terbuka luas dalam mengoptimalkan pertumbuhan di sektor komunikasi dan informatika.

"Dalam menjajaki opsi baru solusi teknologi, Kementerian Kominfo kini menantikan kerja sama teknis yang nyata, terutama dalam hal infrastruktur digital dan pengembangan talenta digital," tegasnya, Jumat, 11 Desember 2020.

Menurut dia, kolaborasi tersebut dapat terwujud melalui komitmen konkret dalam membantu para startup dan UMKM untuk mengadopsi solusi teknologi dalam kegiatan bisnisnya, dengan dukungan skema pendanaan yang diperlukan.

Menurut Menteri Kominfo, 2020 telah menjadi tahun yang sangat menantang. Namun masih ada peluang sesuai hasil survei Amcham dan Economic Research Institute for ASEAN and East Asia (ERIA) yang sebagian besar perusahaan mengantisipasi bahwa pandemi akan terus berdampak hingga setidaknya Q2 2021.

Dalam menjajaki opsi baru solusi teknologi, Kementerian Kominfo kini menantikan kerja sama teknis yang nyata

"Tetapi akhirnya ada cahaya di ujung terowongan. Penelitian vaksin menjanjikan dengan efektivitas hampir 90 persen, memberi kami harapan bahwa ini akan membantu menstabilkan bisnis dalam 'normal baru' pada Q2 2021 atau setelahnya," ujarnya.

Menteri Johnny mengakui di masa-masa sulit ini, setiap negara akan membutuhkan lebih banyak sumber daya, kepercayaan, dan mobilitas ekonomi yang lebih tinggi. Semua itu akan membantu ekonomi pulih lebih cepat dan bangkit kembali lebih kuat.

"Kedepan, Pemerintah Indonesia menyambut baik kolaborasi baru dengan Kamar Dagang Amerika dan sektor swasta di sini dalam semangat Partners in Recovery," jelasnya.

Dia berharap forum investasi virtual itu akan menjadi ajang diskusi yang produktif. Apalagi membahas megenai cara dan sarana memanfaatkan potensi sektor digital Indonesia.

"Pembahasan masalah ini sangat tepat waktu, mengingat sektor digital telah menjadi kontributor besar pertumbuhan ekonomi Indonesia, bahkan di tengah pandemi Covid-19," kata dia. []

Baca juga:

Berita terkait
Menkominfo Sampaikan 5 Jubir Proses Vaksin yang Ditunjuk
Pemerintah telah menunjuk lima Juru Bicara (Jubir) yang akan bertugas untuk proses Vaksin Covid-19 di Indonesia.
Menkominfo Pastikan Info Seputar Vaksin Disampaikan Akurat
Menkominfo Johnny G Plate memastikan bahwa informasi yang disampaikan kepada masyarakat harus akurat, kredibel serta proaktif.
Kominfo Ajak Warga Jadikan Dunia Digital ke Media Edukasi Bisnis
Kementerian Komunikasi dan Informatika RI mendorong masyarakat aktif di dunia digital untuk menyajikan konten kreatif ke media edukasi bisnis.
0
Menkominfo Dorong Kemitraan Multipihak
Menkominfo Johnny G Plate menyebut bahwa Kemenkominfo selalu siap dalam mendorong transformasi digital.