Peringatan Hari Nusantara 2020, Ini Pesan Menkominfo

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengajak seluruh pihak untuk bergerak serentak wujudkan agenda Transformasi Digital Indonesia.
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate. (Foto:Tagar/kominfo.go.id)

Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengajak seluruh pihak untuk bergerak serentak menerjang badai dan halangan dan rintangan untuk mewujudkan agenda besar Transformasi Digital Indonesia.

Hal tersebut disampaikannya tepat pada peringatan Hari Nusantara tahun 2020. Yang menjadi momentum menegaskan kembali semangat bahari untuk mewujudkan Indonesia maju di tengah pandemi Covid-19, 

"Menyongsong tahun 2021 Kementerian Kominfo mengajak seluruh pihak bergerak serentak mewujudkan agenda besar Transformasi Digital Indonesia. Meminjam kalimat Komodor Yos Sudarso kobarkan semangat pertempuran dalam kekinian Indonesia. Mari kita kobarkan semangat untuk melawan pandemi Covid-19. Semangat pertempuran untuk membangkitkan kembali perekonomian bangsa Indonesia: Indonesia Jaya Indonesia Maju," tegasnya dalam Peringatan Hari Nusantara 2020 di Econvention Ancol, Jakarta, Minggu , 13 Desember 2020.

Ia menegaskan semangat pantang menyerah untuk terus bertransformasi merupakan bagian dari nilai-nilai perjuangan leluhur yang harus terus diterapkan. 

Perayaan Hari Nusantara tahun ini berlangsung secara hibrida. Pertemuan secara fisik berlangsung dengan protokol kesehatan yang ketat dan secara digital yang disaksikan melalui teknologi komunikasi dan telematika yang ada di Indonesia saat ini dari seluruh penjuru nusantara.

"Antusiasme dan semangat yang berkorban dari seluruh peserta dan panitia pelaksana menjadikan suasana yang penuh keterbatasan pada peringatan ini tetap dapat dilaksanakan secara meriah. Hikmah momentum ini menunjukkan bahwa sinergi antara teknologi dan semangat berbangsa semangat kesetiaan kita kita sebagai bangsa maritim dapat mewujudkan visi Indonesia maju," jelasnya.

Menurut Menteri Johhny, selebrasi hari nusantara merupakan kristalisasi semangat para pendahulu bangsa Indonesia. Ia menyatakan ketika itu nama Nusantara diagungkan semangat reformatif untuk mewujudkan bangsa yang bersatu adil dan makmur. Semangat itu makin menyatu di antara para pemuda-pemudi nusantara pada masa perjuangan kemerdekaan tahun 1945 untuk melahirkan tanah tumbuh darah yang satu yaitu Indonesia.

"Kebebasan dari belenggu penjajahan pada saat itu tidak serta merta membuat kita berpuas diri. Pertempuran Aru yang mengorbankan Putra Bangsa Komodor Yos Sudarso membuktikan bahwa perjuangan bangsa Indonesia harus terus dikobarkan untuk mengisi kemerdekaan yang telah diraih dengan keringat darah dan air mata," tegasnya menggambarkan bahwa semangat perjuangan senantiasa relevan di setiap zaman.

Dengan semangat yang sama pula, Indonesia bisa mengubah ordonansi Hindia Belanda pada tahun 1939 yang mulanya membatasi pemanfaatan laut hanya sejauh 3 mil dari daratan menjadi 12 mil sehingga Indonesia mendapatkan manfaat yang tidak sedikit manfaat ekonomi maritim yang melimpah.

Wujudkan Poros Maritim Lewat Internet Cepat, Andal dan Aman

Saat ini Kementerian Kominfo tengah mengupayakan akselerasi transformasi digital melalui beberapa kebijakan konstruktif dari hulu ke hilir. Menurut Menteri Kominfo akselerasi kebijakan tersebut dapat dilihat dari empat hal.

"Yang pertama percepatan pemerataan internet akses WiFi untuk seluruh 3.126 fasilitas pelayanan kesehatan yang awalnya dengan cara biasa-biasa saja baru dapat dilakukan atau dapat diselesaikan pada tahun 2027, kali ini dipercepat 7 tahun yang memungkinkan pada akhir tahun ini seluruhnya yang tersebar di seluruh wilayah tanah air dapat terlayani dengan WiFi," ujarnya

Kebijakan kedua adalah melakukan percepatan akselerasi perluasan jaringan 4G ke 12.548 desa dan kelurahan yang belum terjangkau jaringan 4G atau dikenal sebagai blankspot. Baik di daerah 3T (terepan, terpencil dan tertinggal) maupun non-3T. yang awalnya direncanakan selesai pada tahun 2032.

"Atas keteguhan dan dukungan yang kuat dari Bapak Presiden dan tentunya rekan-rekan yang terhormat keputusan politik di DPR RI, bangsa kita dapat mempercepat satu dekade, 10 tahun lebih awal untuk menghadirkan 4G coverage di seluruh desa dan kelurahan di Indonesia 83,218 desa dan kelurahan pada akhir tahun 2022 sudah bisa dilayani dengan 4G sinyal coverage," jelas Menteri Johnny.

Ketiga, dalam rangka mendukung ekosistem ekonomi digital dan ekonomi maritim Kementerian Kominfo juga menginisiasi berbagai program pendampingan pelatihan seperti UMKM Go-Online, Gerakan 1.000 Startup Digital, Digital Entrepreneurship Academy (DEA), serta Petani dan Nelayan Go-Online.

Menurut Johnny, Indonesia membutuhkan internet cepat, internet andal, dan internet aman layaknya bentangan lautan dari Sabang hingga Merauke, dari Miangas sampai Rote yang menyatukan kita menjadi bangsa Indonesia. oleh karena itu jaringan telekomunikasi dan internet akan semakin mengokohkan rasa kebhinekaan.

"Pemanfaatan internet dari hulu ke hilir, khususnya kegiatan ekonomi digital untuk mendukung aktivitas ekonomi maritim akan mempercepat perwujudan visi Indonesia sebagai poros maritim dunia," ujarnya. []

Baca juga:

Berita terkait
Menkominfo Ajak Sebar Semangat Positif Dunia Digital
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengajak seluruh masyarakat untuk menyebarkan semangat positif dan kreatif di dunia digital.
Menkominfo Dorong Kemitraan Multipihak
Menkominfo Johnny G Plate menyebut bahwa Kemenkominfo selalu siap dalam mendorong transformasi digital.
Menkominfo Sampaikan 5 Jubir Proses Vaksin yang Ditunjuk
Pemerintah telah menunjuk lima Juru Bicara (Jubir) yang akan bertugas untuk proses Vaksin Covid-19 di Indonesia.
0
China Izinkan Jumlah Anak Satu Pasutri Jadi Tiga Anak
China cabut batasan mengenai jumlah anak yang diperbolehkan dimiliki satu keluarga dari dua jadi tiga per pasangan suami istri