UNTUK INDONESIA

Dramatis, Detik-detik Mobil Pikap Masuk Jurang di Lumajang

Sebuah video merekam kejadian dramatis, detik-detik mobil pikap masuk jurang di Lumajang, jawa Timur. Penumpang dan sopir selamat.
Potongan gambar dari video yang merekam detik-detik dramatis mobil pikap jatuh ke jurang di Lumajang, Jawa Timur, Selasa, 24 November 2020. (Foto: Tagar/Istimewa)

Semarang - Sebuah mobil pikap jatuh ke jurang saat melintasi jalanan yang tengah dibersihkan warga karena tertimbun tanah longsor di Lumajang, Jawa Timur. Video yang merekam kejadian dramatis detik-detik jatuhnya pikap beredar di sejumlah platform media sosial.

Informasi yang didapat, kecelakaan tunggal tersebut terjadi di wilayah Dusun Gedok, Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang pada Selasa pagi, 24 November 2020. Tak ada korban jiwa karena penumpang maupun sopir sempat melompat dan terlempar ketika pikap terguling-guling di jurang sedalam lebih dari 50 meter itu.

Dari video yang didapat Tagar dari pesan grup WhatsApp, terlihat sebuah mobil pikap terlihat melaju kencang menyusuri jalanan di bawah sebuah tebing. Jalan itu masih tertutup lumpur sisa longsoran tebing karena baru saja dibersihkan warga.

Di awal mobil melaju, terdengar suara kompresi mesin cukup tinggi yang mengindikasikan sopir menginjak pedal gas cukup dalam. Tak lama kemudian, karena di badan jalan masih ada sisa lumpur tanah, laju pikap menjadi oleng. 

Wong kongkon meneng kok (kan sudah disuruh berhenti).

Dalam video berdurasi 30 detik itu, sopir nampak berupaya menjaga keseimbangan mobilnya dengan mengarahkan kemudi ke kanan dan ke kiri. Upaya mengurangi laju pihak juga terlihat dari pengereman dan suara kompresi mesin yang menurun. 

Namun karena jalan licin, mobil tetap meluncur tak terkendali ke arah jurang yang menganga lebar di pinggir jalan. Sempat menabrak sebuah pohon, pikap jatuh dan meluncur bebas di jurang. 

Tiga penumpang di bak belakang berhamburan terlempar ke jalan dan di tebing bawah jalan. Sementara sopir masih berada di dalam, ikut terguling beberapa kali bersama pikap.

Salah satu penumpang berbaju hijau yang selamat sempat berupaya mengejar pikap yang terus terguling tak terkendali. Hingga akhirnya ia berhenti ketika mengetahui rekan sopirnya terlempar keluar dalam kondisi selamat.

"Astagfirullahaladzim, sing nyopir sopo? (Siapa yang mengemudikan?)," kata salah satu warga di video tersebut.

"Wong kongkon meneng kok (kan sudah disuruh berhenti)," sahut warga lain.

Baca juga: 

Video detik-detik pikap jatuh ke jurang ini juga diunggah oleh akun Instagram @viralterkini99. Akun tersebut juga memberikan informasi jika sopir dan penumpangnya selamat.

"Kronologis sementara warga saat itu sedang membersihkan jalanan karena tertimbun longsor. Tiba-tiba datang mobil pick up dari bawah dan langsung melewati jalanan tersebut, diduga karena jalanan licin mobil pick up langsung hilang kendali dan terjun bebas ke jurang," tulisnya. 

Akun @viralterkini99 menyebutkan peristiwa pikap masuk jurang terjadi di Dusun Gedok, Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang. [] 

Berita terkait
Mobil Masuk Jurang Kelok 44 Agam, 1 Tewas
Kecelakaan tunggal minibus pengangkut sayur di Kelok 44 Agam menewaskan seorang penumpang.
Mobil Pickup Masuk Jurang di Toba, Tiga Tewas
Satu unit mobil pickup Mitsubishi L-300 yang membawa 27 penumpang masuk jurang di Dusun Dolok Nauli, Kabupaten Towa, menyebabkan 3 orang tewas.
Hendak Memutar, Mobil Avanza Masuk Jurang di Samosir
Hendak berbalik arah, sebuah mobil mini bus di Kabupaten Samosir terjun ke jurang sedalam 100 meter. Ini kronologinya
0
Dramatis, Detik-detik Mobil Pikap Masuk Jurang di Lumajang
Sebuah video merekam kejadian dramatis, detik-detik mobil pikap masuk jurang di Lumajang, jawa Timur. Penumpang dan sopir selamat.