dr Tirta: Orang-Orang di Indonesia Banyak yang ‘Unik’

dr Tirta juga menyampaikan bahwa kita jangan meremehkan rasa sakit apapun di masa pandemi seperti saat ini, agar menjadi tahap pencegahan yang baik
dr Tirta dalam webinar FestiFund 2021, Minggu 5 September 2021. (Foto: Tagar/Bariq Yonanda)

Jakarta - Dokter sekaligus relawan Covid-19, Tirta Hudhi menyampaikan bahwa banyak orang-orang di Indonesia yang unik karena lebih memprioritaskan hal-hal yang bersifat sekunder.

“Orang-orang di Indonesia tuh banyak yang ‘unik’, mereka punya mobil bagus dan mewah lalu rusak, mereka ingin langsung di servis, handphone rusak langsung di servis. Namun, disaat badannya sudah lemah, malah bersikap santai dan terus bekerja," kata dr Tirta dalam webinar FestiFund 2021, Minggu 5 September 2021.

"Mereka dapat mengistirahatkan mobil jika dipakai terus menerus, tapi memaksa tubuh untuk bekerja tanpa tahu batasan tubuh mereka sampai mana. Padahal, kesehatan tubuh kita semua merupakan hal yang paling penting dan semakin menua sel di tubuh kita semakin lama recovery nya," katanya.

Dr Tirta juga menyampaikan bahwa penyakit-penyakit yang kemungkinan terjadi pada hari tua nanti dapat diantisipasi dengan cara menjaga pola hidup sehat.

“Sebenarnya kita bisa hidup lebih panjang lagi (terhindar dari penyakit yang berpotensi terjadi saat hari tua) kalau kita bisa menjaga pola hidup dengan baik, kecuali kalau takdir berkehendak lain seperti kecelakaan dan bencana alam, yang penting kita sudah berikhtiar menjaga pola hidup sehat” Lanjutnya.

Selain itu, dr Tirta juga menyampaikan bahwa kita jangan meremehkan rasa sakit apapun di masa pandemi seperti saat ini, agar menjadi tahap pencegahan yang baik.

“Virus Covid-19 semakin awal ditangani maka semakin baik, kesalahan umum yang kerap terjadi adalah mereka takut ‘di covid kan’. Jadi saran saya untuk kalian, kalau kalian sudah sakit yang sangat mengganggu, bahkan itu hanya sakit lambung, kalian bergegas ke fasilitas kesehatan terdekat dan kalian cek," ujarnya.

Baca Juga:

Berita terkait
Menpora Sebut PON Panggung Bagi Atlet-atlet Junior Indonesia
Dalam pelantikan PB PRSI Menpora Zainudin Amali menyatakan bahwa Pekan Olahraga Nasional (PON) merupakan panggung bagi atlet-atlet junior.
Maarif Institute Minta Indonesia Tak Longgarkan Prokes
Endang Tirtana mengatakan negara tetangga Indonesia saat ini memperlihatkan lonjakan yang signifikan.
Kementerian ATR/BPN Bangun Transformasi Digital di Indonesia
Kementerian ATR/BPN bangun transformasi digital yang terus digalakkan ke seluruh satuan kerja di Indonesia hingga perbaikan pada SDM.
0
dr Tirta: Orang-Orang di Indonesia Banyak yang ‘Unik’
dr Tirta juga menyampaikan bahwa kita jangan meremehkan rasa sakit apapun di masa pandemi seperti saat ini, agar menjadi tahap pencegahan yang baik