Kementerian ATR/BPN Bangun Transformasi Digital di Indonesia

Kementerian ATR/BPN bangun transformasi digital yang terus digalakkan ke seluruh satuan kerja di Indonesia hingga perbaikan pada SDM.
Kementerian ATR/BPN bangun transformasi digital di Indonesia. (Foto: Tagar/Dok Kementerian ATR BPN)

Jakarta - Menjadi organisasi berstandar dunia di bidang pertanahan dan tata ruang, merupakan salah satu visi Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) yang akan diwujudkan dalam waktu dekat. 

Untuk itu, perlu dibangun dari berbagai aspek, di antaranya transformasi digital yang terus digalakkan ke seluruh satuan kerja di Indonesia, hingga perbaikan pada Sumber Daya Manusia, dalam hal ini dimulai dari penyeleksian pada jabatan administrasi.

Sekretaris Jenderal, Himawan Arief Sugoto menjelaskan bahwa untuk mewujudkan hal tersebut, ke depan akan terus dilakukan seleksi dengan standar yang akan terus ditingkatkan. 

"Nanti standar akan terus meningkat sehingga kita bisa menjadi organisasi yang berstandar dunia di bidang pertanahan dan tata ruang. Maka dibutuhkan kemampuan-kemampuan seperti kepemimpinan, manajerial bahkan kemampuan literasi digital. Karena saat ini kemampuan dalam teknologi informasi sangatlah penting dan akan terus berkembang," ujarnya.


Kita semua harus bisa setidaknya memahami kompetensi teknis sesuai core competence Kementerian ATR/BPN jadi harus memahami aspek teknis seperti membaca peta pendaftaran tanah penataan ruang bahkan administrasi dan teknologi informasi.


Hal ini disampikan saat membuka kegiatan Seleksi Pengisian Jabatan Administrasi di Lingkungan Kementerian ATR/BPN yang diselenggarakan di Gedung Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM), Rabu, 1 September 2021. 

Di samping itu, pembangunan SDM juga syarat untuk memenuhi amanat dari Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 3 Tahun 2020 tentang Manajemen Talenta Aparatur Sipil Negara, maka Kementerian ATR/BPN melaksanakan Pengisian Kelompok Rencana Suksesi (KRS) dalam rangka Seleksi Pengisian Jabatan Administrasi di Lingkungan Kementerian ATR/BPN.

Lebih lanjut, Sekretaris Jenderal Kementerian ATR/BPN, Himawan Arief Sugoto mengatakan bahwa ini merupakan salah satu persyaratan dalam seleksi jabatan, namun ada pertimbangan lain sebagai penentu yang harus dimiliki para peserta. 

"Ada berbagai aspek yang juga menentukan dan harus dimiliki para peserta, seperti pengetahuan, keterampilan dan cara bersikap. Saya imbau dan harap para peserta dapat mengikuti dengan baik tahapan-tahapan seleksi ini, karena ini peluang yang belum orang lain bisa dapatkan," ujar Himawan Arief Sugoto.

Himawan Arief Sugoto berpesan kepada para peserta yang saat ini mengikuti seleksi dan yang nanti lulus dalam seleksi jabatan administrasi ini diharapkan tidak hanya terbatas pada kompetensi yang ada. 

"Kita semua harus bisa setidaknya memahami kompetensi teknis sesuai core competence Kementerian ATR/BPN. Jadi harus memahami aspek teknis seperti membaca peta, pendaftaran tanah, penataan ruang bahkan administrasi dan teknologi informasi," ucapnya.

Dalam laporannya, Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian Deni Santo mengatakan bahwa tujuan kegiatan pengisian KRS dalam rangka seleksi pengisian jabatan administrasi di lingkungan Kementerian ATR/BPN untuk mendapatkan calon pejabat yang sesuai dengan kapasitas kompetensi jabatan. 

"Pengisian KRS tahun 2021 ini untuk mencari calon pejabat yang tepat untuk menduduki jabatan yang lowong sesuai dengan standar kompetensi jabatan yang ada, mengingat fungsi jabatan adminstrasi sangat vital dan strategis dalam mendukung organisasi mencapai tujuan," ujarnya. []

Berita terkait
Program Kementerian ATR/BPN Tetap Berjalan dengan Strategi
Kementerian ATR/BPN melalui Direktorat Jenderal Pengadaan Tanah dan Pengembangan Pertanahan memaparkan bahwa program agraria masih berjalan.
Bangun Citra Positif, Kementerian ATR/BPN Luncurkan Podcast
Kementerian ATR/BPN Podcast pada tanggal 20 Oktober 2020 dengan tujuan menyebarkan informasi dan menyosialisasikan program strategis di lembaga.
Kementerian ATR/BPN Tingkatkan Keterampilan Kelompok UMKM
Dalam rangka mendukung pemberdayaan masyarakat di Minahasa Selatan Kementerian ATR/BPN tingkatkan keterampilan dan kompetensi kelompok UMKM.
0
Kementerian ATR/BPN Bangun Transformasi Digital di Indonesia
Kementerian ATR/BPN bangun transformasi digital yang terus digalakkan ke seluruh satuan kerja di Indonesia hingga perbaikan pada SDM.