UNTUK INDONESIA
DPRD Kota Malang Usulkan Bentuk Perda Arema Day
DPRD Kota Malang mendorong adanya Perda khusus untuk Arema agar setiap perayaan HUT seluruh warga mengenakan jersey tim berjuluk Singo Edan.
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Malang I Made Rian Diana Kartika bersama bersama Wali Kota Malang Sutiaji saat merayakan HUT ke-33 Arema FC di Gedung DPRD Kota Malang. (Foto: Tagar/Moh Badar Risqullah)

Malang – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Malang I Made Rian Diana Kartika mengungkapkan pihaknya akan membuat sebuah Peraturan Daerah (Perda) khusus terkait Arema FC. Bertajuk Arema Day, dia menyampaikan bahwa nantinya akan diwajibkan semua masyarakat mengenakan baju atau jersey klub berjuluk Singo Edan di setiap hari ulang tahunnya pada 11 Agustus.

Dia menjelaskan Perda Arema Day tersebut merupakan bentuk inisiatif sendiri anggota DPRD Kota Malang. Selain apresiasi kepada Arema sebagai klub kebanggaan masyarakat Malang Raya. Dia berharap juga bisa menghidupkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Malang.

Kalau disetujui, baru dibahas. Tapi, Perda Arema Day ini targetnya awal sidang Januari 2021 sudah mulai dibahas.

"Ini kan masih usulan. Tapi, ini nantinya bisa menjadi penguat bahwa setiap tanggal 11 Agustus merupakan hari Arema," kata Made dalam keterangannya usai perayaan HUT ke-33 Arema di Gedung DPRD Kota Malang, Selasa, 11 Agustus 2020.

Baca juga:

Oleh karena itu, dia menyampaikan terkait Perda Arema Day ini di masa sidang ketiga pada November 2020 akan dilakukan pengajuan ke Prolegda. Setelah itu, kata dia, pembahasannya akan ditetapkan lewat sidang paripurna antara tim hukum Pemerintah Kota Malang dengan DPRD Kota Malang.

"Kalau disetujui, baru dibahas. Tapi, Perda Arema Day ini targetnya awal sidang Januari 2021 sudah mulai di bahas," kata politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini.

Sebenarnya, Made mengungkapkan pihaknya mau mengajukan tahun ini. Akan tetapi, pengajuan Perda di 2020 tidak memungkinkan lagi. Sehingga dia mengaku baru bisa mengajukannya pada November 2020 untuk kemudian dibahas pada Januari 2021.

"Kenapa, karena kita ingin perayaan ulang tahun ada maknanya. Semangat Arema bisa menyatu dengan masyarakat Kota Malang. Bukan hanya ASN dan pegawai, tapi seluruh masyarakat wajib memakai baju Arema," tuturnya.

"Artinnya, ini sebagai bentuk adanya perlakukan istimewa terhadap Arema. Kota Malang itu identik dengan Arema dan sudah menjadi icon," kata dia.

Sebagaimana diketahui, Arema FC merupakan sebuah klub sepak bola asal Malang, Jawa Timur yang didirikan pada 11 Agustus 1987. Mempunyai julukan Singo Edan, klub yang bermarkas di Stadion Kanjuruhan Malang ini menjadi ikon warga Malang Raya dengan memiliki kelompok suporter bernama Aremania dan Aremanita. []

Berita terkait
Peresmian Toko Sport Mamuju Dihadiri Pemain PSM dan Arema
Peresmian toko sport di Kabupaten Mamuju Sulawesi Barat diharidi pemain PSM Makassar dan pemain Arema FC.
Covid-19, Gaji Pemain Arema FC Dipotong 75 Persen
Kompetisi Shopee Liga 1 2020 berhenti sampai 29 Mei 2020. Situasi itu menjadikan Arema FC memotong gaji pemain 75 persen selama 4 bulan.
PSIS Kalahkan Arema FC, Ricuh Suporter di Magelang
Laga PSIS Semarang saat menjamu Arema FC di laga Shopee Liga 1 2020 sedikit ternoda dengan tindakan rusuh suporter. Namun aparat cepat mengatasi.
0
Federasi Petani Australia Desak Datangkan Pekerja Backpacker
Kalangan petani dan pelaku usaha pariwisata Australia mendesak pemerintah untuk memperbolehkan pekerja backpacker