UNTUK INDONESIA
DPRD Jabar Soroti Peran Warga Lokal dan Desa Wisata
Anggota DPRD Jawa Barat dari Fraksi PKS Didi Sukardi meminta masyarakat lokal dan BUMDes dilibatkan dalam pengembangan desa.
Anggota DPRD Jawa Barat dari Fraksi PKS Didi Sukardi saat reses di Dapil-nya (Foto: Tagar/Fitri Rachmawati).

Bandung - Anggota DPRD Jawa Barat dari Fraksi PKS Didi Sukardi meminta Pemerintah Provinsi Jabar melibatkan masyarakat lokal dalam mengembangkan desa wisata, termasuk melibatkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam pengelolaan desa wisatanya.

Semua wilayah harus dikembangkan wisatanya, apalagi wisata alam di Jawa Barat itu banyak potensial.

“Saya sangat mendukung apa yang dilakukan Pak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum dalam mengembangkan desa wisata di Jawa Barat," tutur Didi Sukardi kepada Tagar di Bandung, Jumat 14 Februari 2020.

Hanya saja, kata Didi, ada yang harus digaris bawahi soal keterlibatan masyarakat lokal dan BUMDes-nya. Pelibatan masyarakat lokal dan BUMDes penting dilakukan agar ekonomi masyarakat desa tumbuh dan berkembang.

“Saya berharap pengelola desa wisata-nya nanti BUMDes-nya dan masyarakat lokalnya, jadi penghasilannya bisa masuk ke mereka dan akan secara otomatis desa tersebut akan berkembang, pembangunan desa pun berjalan,” ucap dia.

Menurut dia, label wisata halal dinilai tidak perlu karena wisata di Jawa Barat dipastikan ramah untuk semua orang. Sehingga, kata dia, tak perlu diberikan label halal dan sebagainya.

“Tak usah pakai label wisata halal (nanti di desa wisatanya), ini sudah cukup (label budaya),” katanya.

Didi mengatakan Jawa Barat kaya akan sumber daya alam (SDA), selain desa wisata yang dikembangkan, wisata alam harus dikembangkan pula. Karena, wisata alam lebih banyak menarik wisatawan lokal ataupun mancanegara.

Semua wilayah harus dikembangkan wisatanya, apalagi wisata alam di Jawa Barat itu banyak potensial. Mulai dari hutan, laut, danau pasti sangat menarik wisatawan apalagi dari mancanegara.

"Mudah-mudahan setelah Pangandaran, Cileutuh ke depannya bakal ada destinasi wisata baru lainnya, dan bermunculan desa-desa wisata,” ucap dia . []

Berita terkait
DPRD Jabar Sebut Holding BPR Masih dalam Kajian
Anggota Komisi III DPRD Jawa Barat dari PPP, Pepep Saeiful Hidayat menyampaikan progres rencana holding BPR di Jabar
DPRD Jabar Tegaskan Jangan Import Bawang Putih
Anggota DPRD Jabar dari Fraksi Partai Gerindra Ihsanudin meminta Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat tidak tergantung impor bawang putih.
Harapan Komisi IV DPRD Jabar untuk Pelabuhan Patimban
Anggota DPRD Jawa Barat dari Fraksi PAN M. Hasbullah Rahmad berharap keberadaan Pelabuhan Patimban mampu mendongkrak perekonomian Jabar.
0
Harga Minyak Menguat Menjelang Pertemuan OPEC
Harga minyak mentah pada Kamis, 5 Maret 2020 menguat menjelang pertemuan OPEC pekan mendatang.