DPR: Terawan Mundur dari Calon Dubes RI untuk Spanyol

Anggota Komisi I DPR RI sebut Terawan Agus Putranto sudah mengundurkan diri dan namanya sudah tidak ada di daftar calon Dubes RI untuk Spanyol.
Mantan Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto. (Foto: Tagar/ Gugus tugas Covid-19)

Jakarta - Anggota Komisi I DPR RI Taufiq R Abdullah menyebut, nama Mantan Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto sudah tidak ada lagi dalam surat yang diterima DPR atau daftar calon Duta Besar Republik indonesia (Dubes RI) untuk Spanyol.

Sebelumnya, Dewan Perwakilan Rakyat DPR RI telah menerima surat Presiden Joko Widodo terkait permohonan pertimbangan pencalonan duta besar dalam rapat paripurna, Kamis 20 Mei 2021.

Diketahui pula, nama Terawan memang menjadi salah satu kandidat calon Dubes RI, yang kemudian mengundurkan diri setelah surat tersebut diterima DPR. 

“Tadi kan sudah dibacakan di DPR. Terawan udah gak ada di situ," kata Taufiq kepada wartawan, Kamis 20 Mei 2021.

Taufiq membenarkan bahwa Terawan mundur sebagai calon Dubes RI, dengan alasan yang belum diketahui hingga saat ini oleh pihak DPR RI.

"Iya. Iya saya dengar (mundur)," kata Taufiq.


Terawan mundur menjadi calon Dubes RI untuk Spanyol dan sudah diganti dengan kandidat lain.


Taufiq juga mengatakan bahwa nama Terawan sudah diganti dengan kandidat lain, yang tidak diketahui siapa penggantinya sebagai calon Dubes RI untuk Spanyol.

Sebelumnya Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar menyampaikan pimpinan DPR telah menerima permohonan pencalonan duta besar dari pihak Istana.

Dalam rapat paripurna, Muhaimin menuturkan, DPR telah menerima enam pucuk surat dari Presiden Joko Widodo. Tiga di antaranya mengenai pencalonan duta besar. Surat diterima pada tanggal 7, 27, dan 29 April 2021.

"Perihal permohonan pertimbangan atas pencalonan duta besar luar biasa dan berkuasa penuh negara sahabat untuk Indonesia," ujar Muhaimin dalam rapat paripurna. [ ]

Berita terkait
Lebih Murah? Ini 4 Fakta Vaksin Nusantara Buatan Terawan
Berikut 4 fakta Vaksin Nusantara ala Eks Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto yang diklaim berbiaya murah hingga punya kekebalan seumur hidup.
Sertijab, Mantan Menkes Terawan: Saya Minta Maaf
Menkes Terawan Agus Putranto menyampaikan permohonan maaf apabila dalam menjabat sebagai Menkes banyak kekurangan.
0
Hasil Pertemuan AHY dan Surya Paloh di Nasdem Tower
AHY atau Agus Harimurti Yudhoyono mengaku sudah tiga kali ke Nasdem Tower kantor Surya Paloh. Kesepakatan apa dicapai di pertemuan ketiga mereka.