DPR Tanyakan Internet Gratis Telkom di Masa Covid-19

Anggota DPR dari PDIP Ananta Wahana mempertanyakan terobosan internet gratis dari Telkom selama ada pandemi virus corona atau Covid-19.
Ilustrasi - Menggunakan internet dengan aman termasuk ketika bergaul di media sosial. (Foto: Pixabay/fancycrave1)

Pematangsiantar - Anggota Komisi VI DPR Ananta Wahana mempertanyakan terobosan negara dalam memberikan stimulus paket internet di Indonesia. Pasalnya, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Telekomunikasi yang terbesar, yakni PT Telkom menjadi satu dari beberapa perusahaan pelat merah yang masih bisa memeroleh laba usaha di tengah pandemi Covid-19.

Menurut data yang dimilikinya, saham PT Telkom belakangan naik karena para pengguna data internet meningkat selama stay at home. Namun, dia menyesalkan tidak adanya pemberian intensif paket berlangganan kepada anak usaha BUMN, yaitu Telkomsel.

PT Telkom coba dong memberikan layanan paket gratis untuk pelanggan-pelanggannya di masa sulit ini.

"Yang menjadi masalah, belum ada terobosan dari negara untuk memberikan stimulus dalam hal paket data internet, baik untuk langganan di rumah maupun di telepon genggam. Sebagai contoh, penggunaan data internet di rumah-rumah kan pasti naik dengan adanya stay at home ini. Tetapi tidak ada pemberian insentif paket berlangganan dari PT Telkom dan anak usahanya, Telkomsel," kata Ananta di Jakarta, Selasa, 5 Mei 2020, saat menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) vitrual antara Komisi VI dengan LKBN Antara dan Telkom.

Baca juga: Covid-19, Jokowi Tak Ingin Rakyat Kesulitan Pangan

Dia menjelaskan, layanan IndiHome dari PT Telkom sudah menjangkau 300 kota se-Indonesia, dengan pelanggan sampai 7 juta lebih. Termasuk Telkomsel yang memiliki jumlah pelanggan jauh lebih banyak mencapai 167 juta pelanggan.

"Nah, dengan kondisi rakyat yang semakin berat, PT Telkom coba dong memberikan layanan paket gratis untuk pelanggan-pelanggannya di masa sulit ini. Toh layanan seperti itu tidak akan sampai membuat PT Telkom merugi. Apalagi jika kita melihat laba keuntungan usaha PT Telkom saat ini," ujarnya.

Lantas dia mempertanyakan di mana letak permasalahan jika kebijakan untuk memberikan internet murah kepada masyarakat di tengah pandemi Covid-19 ini.

"Apa sebetulnya masalahnya agar kebijakan itu bisa diberikan untuk rakyat? Apakah koordinasi dengan instansi lain, atau apa?" ucapnya.

Baca juga: Ketimbang Kartu Prakerja, PKS Usul Internet Gratis

Selanjutnya, dia mengatakan, laba usaha Telkom sejak 2015 naik terus. Menurutnya ini merupakan hal yang bagus. Disamping itu, beban utang usahanya juga meningkat tiap tahun, bahkan sampai di angka lebih dari Rp 100 trilliun. Hal tersebut menjadikan Telkom sebagai salah satu dari 10 BUMN dengan beban utang terbesar.

"Nah, di masa krisis wabah ini, dengan operasional yang serba tidak normal, selain restrukturisasi utang, apa saja strategi mitigasi PT Telkom terhadap beban keuangan, termasuk utang, yang akan semakin berat itu?" kata Ananta.

Politisi PDI Perjuangan ini mengaku mempertanyakan hal tersebut agar BUMN tidak begitu mudah menjual aset, untuk bermain dalam investasi.

"Pertanyaan ini perlu saya ajukan agar BUMN jangan sampai gampang menjual aset-asetnya dan bermain-main dalam investasi keuangan yang menjanjikan untung cepat hanya demi laporan neraca keuangan yang terlihat bagus," kata Ananta.

Menurut laporan yang diterimanya dari Dapil Banten III, sinyal yang ada di wilayah tersebut sering mati. Dia mengatakan, kejadian itu layaknya seperti PLN yang sering mati lampu. Persoalan itu kata dia, terjadi dibeberapa daerah, seperti perbatasan Kabupaten Tangerang dan Tangerang Selatan.

"Nah sekarang coba bayangkan kalau di Tangerang Selatan yang tetangga dekat Jakarta saja sinyal masih ada yang suka byar-pet ini bagaimana. Jadi saya perlu tahu di manakah letak kendalanya? Meskipun memang secara keseluruhan sinyal Telkom itu termasuk bagus dan stabil dibandingkan dengan operator swasta," ucap Ananta. []

Berita terkait
Social Distancing, Traffic Internet Telkomsel Naik
Telkomsel mengaku mengalami kenaikan jumlah pengguna internet saat pemerintah Indonesia memberlakukan kebijakan social distancing.
Kuliah Daring, Mahasiswa Lebak Galau Jaringan Internet
Mahasiswa Lebak galau sistem perkuliahan diganti dengan mekanisme daring yang diterapkan di Universitas Mathlaul Anwar.
Ajari Anak Tidak Menggunakan Internet Berlebihan
Selama PSBB, orang tua perlu membuat kesepakatan bersama anak agar tidak memakai internet berlebihan.
0
Mengenal Efek Samping Kebanyakan Minuman Berenergi
Mengenal efek samping minuman berenergi yang di dalamnya terdapat kafein dan lebih banyak gula serta bahan lainnya jika dikonsumsi terlalu banyak.