UNTUK INDONESIA
DPR Soal Rektor Muda Risa: Yang Penting Kualifikasi
Anggota DPR Abdul Fikri Faqih angkat bicara terkait kabar Risa Santoso rektor termuda di Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang.
Abdul Fikri Faqih. (Foto: Tagar/Nurul Yaqin)

Jakarta - Wakil Ketua Komisi X DPR Abdul Fikri Faqih angkat bicara terkait kabar viralnya Risa Santoso yang berhasil menjadi rektor termuda di Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang, Jawa Timur. Risa baru berusia 27 tahun.

Apalagi pertanyaannya bisa atau tidak? Mampu atau tidak, tentu tergantung syarat dan kualifikasi yang ditentukan. Kalau sadah memenuhi syarat dan kualifikasi ya kita harus percaya.

Menurutnya, yang terpenting dalam sebuah jabatan ialah kemampuan dari seseorang. Siapapun bisa menjadi apapun jika memenuhi syarat dan kualifikasi.

"Yang memenuhi persyaratan dan kualifikasi yang dibutuhkan, umur menjadi tidak relevan didiskusikan," kata Fikri kepada Tagar, Sabtu, 9 November 2019. 

Fikri Faqih mengatakan tidak pantas jika menilai kemapuan seseorang dengan melihat dari segi usianya. Maka dari itu, sosok Risa Santoso pasti bisa menjalankan tugasnya jika sudah dipercaya.

"Apalagi pertanyaannya bisa atau tidak? Mampu atau tidak, tentu tergantung syarat dan kualifikasi yang ditentukan. Kalau sadah memenuhi syarat dan kualifikasi ya kita harus percaya," ujar politikus PKS itu.

Sebelumnya, nama Risa Santoso menjadi pembicaraan publik lantaran prestasinya yang cemerlang. Ia berhasil menjadi rektor termuda di Indonesia

Perempuan kelahiran Surabaya, 27 Oktober 1992 itu dilantik menjadi rektor pada tanggal 2 November 2019.

Sebelumnya, rekor rektor termuda dipegang oleh Riki Saputra, yang menduduki posisi rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) di umur 36 tahun.

Risa Santoso menempuh pendidikan S1 jurusan Ekonomi di University of California Berkeley, Amerika Serikat. Kemudian, melalui jalur beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), Risa melanjutkan pendidikan s2 dengan jurusan Ilmu Pendidikan di Harvard University di Cambridge, Amerika Serikat.

Risa menyelesaikan gelar doktor Ilmu Pendidikan di Harvard University pada Mei 2015 lalu. Diketahui, Harvard merupakan salah satu dari 5 kampus terbaik di dunia. 

Berita terkait
Abdul Fikri Optimis Nadiem Makarim Majukan Pendidikan
Abdul Fikri Faqih mengaku optimis dengan dipilihnya Nadiem Anwar Makarim menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Risa Santoso Sudah Siapkan Program Kerja Bagus
Rektor Termuda di Indonesia Risa Santoso, Berjanji untuk membuat program kerja yang bagus dan bermanfaat.
Perjalanan Risa Santoso, Rektor Termuda di Indonesia
Berikut Tagar rangkumkan sejumlah Fakta mengenai Rektor Termuda di Indonesia, Risa Santoso yang diolah dari berbagai sumber.
0
Presiden Venezuela Kecam Kudeta Bolivia
Presiden Venezuela Nicolas Maduro mengecam kudeta Bolivia.