DPR Sebut Peredaran Narkoba Mengkhawatirkan, Perlu Penguatan BNN

DPR ingin memperkuat BNN sebagai garda terdepan penanganan narkoba baik dalam legislasi, anggaran, dan infrastruktur.
DPR RI mengunjungi Balai Rehabilitasi BNN di Lido, Jawa Barat. (Foto:Tagar/BNN)

Jakarta - Usai melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dua pekan lalu, Ketua dan sejumlah anggota Komisi III DPR RI mengunjungi Balai Rehabilitasi BNN di Lido, Jawa Barat. Kunjungan kerja spesifik wakil rakyat tersebut, diterima Kepala BNN Petrus Reinhard Golose, beserta pejabat eselon I dan II di lingkungan BNN.

Kita perlu menguatkan BNN baik dalam legislasi, anggaran, dan infrastruktur, karena BNN merupakan garda terdepan dalam menangani persoalan narkotika.

Ketua Komisi III DPR RI, Herman Herry saat membuka sidang menyampaikan bahwa persoalan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika saat ini telah mencapai situasi yang mengkhawatirkan. Oleh sebab itu, perlu dilakukan penguatan terhadap BNN.

“Kita perlu menguatkan BNN baik dalam legislasi, anggaran, dan infrastruktur, karena BNN merupakan garda terdepan dalam menangani persoalan narkotika,” tutur wakil fraksi PDI-Perjuangan itu berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Tagar, Senin, 30 Maret 2021.

Dalam kesempatan itu, Komisi III DPR juga menyoroti terkait alokasi anggaran BNN dalam lima tahun terakhir yang justru semakin menurun. Herman berharap anggaran BNN dapat ditingkatkan bahkan 5 kali lipat dari anggaran yang telah diberikan saat ini.

BNNDPR RI mengunjungi Balai Rehabilitasi BNN di Lido, Jawa Barat. (Foto:Tagar/BNN)

Sementara soal penyataan kerasnya tentang bubarkan BNN, Herman Herry menyatakan bahwa itu adalah ungkapan cintanya pada instansi BNN. Sebaliknya, ia menyampaikan dukungan penuhnya terhadap BNN di bawah kepemimpinan Petrus Golose seorang pakar dalam mengatasi tindak-tindak kejahatan. 

Dukungan Komisi III DPR RI juga diberikan dengan memasukan revisi Undang-Undang Narkotika menjadi program legislasi nasional (Prolegnas). Sejalan dengan Ketua Komisi III DPR RI, Arteria Dahlan juga menyampaikan dukungannya dalam memperkuat BNN. Anggota fraksi PDI-Perjuangan tersebut berharap BNN dapat diperkuat untuk bekerja secara optimal baik dalam pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika.

“Saya harap BNN dapat memanfaatkan dukungan DPR terhadap masalah narkoba, termasuk di dalamnya rehabilitasi,” sebut Arteria.

Menanggapi ini, Kepala BNN pun menyampaikan terima kasih atas dukungan luar biasa yang diberikan oleh rakyat. Petrus Golose berharap melalui kunjungan ke Balai Besar Rehabilitasi Lido para wakil rakyat dapat merasakan langsung seperti apa layanan yang diberikan BNN kepada masyarakat dan bagimana tantangan yang dihadapi oleh BNN.

“Mudah-mudahan dengan dukungan yang diberikan kita dapat bekerja dengan optimal dan menghadirkan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” tegas Kepala BNN. []

Berita terkait
Kepala BNN Petrus Reinhard Golose Gelorakan Tagline War on Drugs
Kepala BNN RI, Petrus Reinhard Golose menyampaikan upaya penanggulangan narkoba kepada DPR dengan tagline baru, War on Drugs.
BNN RI Harapkan Peserta Seleksi Miliki Terobosan Kreatif
Kepala BNN menekankan pentingnya penilaian ide atau terobosan peserta seleksi yang perlu dipedomani oleh jajarannya maupun Pansel eksternal.
Ikatan Motor Indonesia Siap Dukung BNN Perang Lawan Narkoba
Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia Bambang Soesatyo mengatakan bahwa pihaknya siap melawan Narkoba.
0
Mengenal Efek Samping Kebanyakan Minuman Berenergi
Mengenal efek samping minuman berenergi yang di dalamnya terdapat kafein dan lebih banyak gula serta bahan lainnya jika dikonsumsi terlalu banyak.