DPR Harap Pilkada Serentak Hasilkan Kualitas Demokrasi

Azis Syamsuddin menyatakan harapannya agar pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 dapat menghasilkan kualitas demokrasi yang semakin baik.
Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin meluruskan kabar hoaks soal Omnibus Law UU Cipta Kerja (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/ama/pri).

Jakarta - Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin menyatakan harapannya agar pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 dapat menghasilkan kualitas demokrasi yang semakin baik dan dapat menciptakan kesejahteraan masyarakat.

Ia menyebut, nantinya hal itu bisa dilihat dari evaluasi penyelenggaraan Pilkada.

Untuk itu Polri harus bekerja sama dengan penyelenggara pemilu agar Pilkada Serentak sukses dan berjalan sesuai harapan

"Kita lihat dan evaluasi pasca Pilkada Serentak, tentu kita harapkan demokrasi kita akan lebih baik. Sekaligus mengevaluasi hal-hal yang di pandang masih kurang. Banyak parameter yang perlu dilihat dalam keberhasilan atau tidaknya suatu pesta demokrasi," kata Azis Syamsuddin dalam acara diskusi di Jakarta, Selasa, 17 November 2020.

Mantan Ketua Komisi III itu mengungkapkan, aparat kepolisian dan penyelenggara pemilu dapat mengantisipasi dan mencari sebuah solusi dari kerawanan pemilihan Kepala Daerah serentak pada 9 Desember 2020 mendatang.

Menurutnya, peran Polri sangat penting baik sebelum maupun sesudah atau hasil akhir dari Pilkada Serentak mendatang.

"Kepolisian harus dapat deteksi dini hal-hal yang akan mengganggu suksesnya pelaksanaan Pilkada Serentak 2020. Untuk itu Polri harus bekerja sama dengan penyelenggara pemilu agar Pilkada Serentak sukses dan berjalan sesuai harapan," ucap dia.

Politikus Partai Golkar itu meminta masyarakat dapat menjadi pemilih cerdas dalam menggunakan hak pilihnya. Ia menekankan, agar jangan pesta demokrasi hanya memilih figur semata, namun tidak menciptakan demokrasi yang semakin meningkat.

"Jangan sampai masyarakat memilih pasangan calon karena money politik, " ujar Azis.[]

Berita terkait
DPR Imbau Masyarakat Tak Konsumsi Miras dengan Alasan Apapun
Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin mengimbau agar masyarakat tidak mengonsumsi minuman beralkohol dengan alasan apapun.
Pakar Bandingkan Kasus Anies - Rizieq dengan Pilkada
Pilkada serentak yang akan dilakukan pada Desember 2020 nanti akan diadakan di 270 daerah.
Aktivis: Anies Tak Pernah Ikut Rakor Cuma Asbun Soal Pilkada
IPPI mengatakan, Pernyataan Anies Baswedan yang menyebut kerumunan Pilkada 2020 tidak pernah ditindak adalah statement yang Asal bunyi (Asbun).
0
Simak 5 Aplikasi dan Situs Simulasi Tes CPNS
Terdapat lima aplikasi dan situs simulai tes CPNS 2021 yang sudah disiapkan untuk mengisi kota sebanyak 105.777 dari 189.102 formasi ASN yang ada.