Bisa Jadi Ide Berjualan, Ini Resep Sempol Ayam Tanpa Daging

Menjadi gorengan yang selalu berhasil memikat pelanggan dengan cita rasa khasnya, berikut resep sempol ayam tanpa daging dan ini cara membuatnya.
Ilustrasi - Sempol ayam. (Foto: Tagar/Instagram/@sempole_sempol)

Jakarta - Sempol merupakan jajanan pasar dan sekolah yang dikenal memiliki cita rasa yang lembut dan enak. Selain itu, jajanan satu ini juga dijajakan dengan harga ramah kantong yang tidak hanya dapat dibeli oleh orang dewasa saja, namun juga anak-anak.

Oleh karenanya, tidak heran jika makanan mirip otak-otak yang berbentuk lonjong ini populer dan dapat dengan mudah ditemukan di sekitar kita. Terlebih, di tempat-tempat yang ramai pengunjung.

Tidak hanya itu, sempol juga memiliki bahan-bahan yang murah dan mudah ditemukan. Bahkan, kamu juga bisa membuat jajanan satu ini menjadi ide berjualan yang menarik. Menjadi gorengan yang selalu berhasil memikat pelanggan dengan cita rasa khasnya, berikut resep sempol ayam tanpa daging.


Bahan-bahan yang dibutuhkan


Cara membuatnya

  1. Campurkan 12 sdm tepung tapioka, 8 sdm tepung terigu, 1 sdt garam, dan ½ sdt lada bubuk, lalu aduk hingga semua bahan tercampur merata.
  2. Tambahkan 200 ml air panas secukupnya sedikit-sedikit secara bertahap ke dalam mangkuk adonan, lalu aduk dengan sendok. Sisihkan dan dinginkan di suhu ruang sebentar.
  3. Uleni adonan yang telah mendingin hingga terlihat halus dan sisihkan.
  4. Siapkan loyang yang telah ditaburi sedikit tepung terigu agar tidak lengket, lalu ambil adonan sempol sedikit demi sedikit dan bentuk memanjang.
  5. Tusuk adonan yang sudah dibentuk dengan tusuk sate dan bentuk kembali adonan secara berulang hingga adonan sempol habis.
  6. Masak air hingga mendidih dan tambahkan 1 sdm minyak goreng, lalu masukkan sempol yang telah dibentuk satu per satu. Tunggu hingga matang atau terlihat mengapung dan tiriskan.
  7. Kocok lepas 1 butir telur dan olesi ke tiap sempol yang telah direbus. Sisihkan.
  8. Masukkan sempol yang telah dibaluri telur ke dalam wajan berisi minyak dan masak hingga matang atau terlihat kecoklatan.
  9. Tiriskan sempol yang telah matang, lalu tata dan sajikan selagi hangat.

(Eka Cahyani)

Berita terkait
Resep Membuat Gyudon Makanan Khas Jepang
Gyudon termasuk ke dalam makanan cepat saji tetapi menggunakan bahan makanan yang lebih sehat dan segar.
Resep Makanan Khas Korea Selatan Kimchi Pancake
Tren kuliner Korea Selatan semakin banyak diminati di Indonesia. Berikut resep Korean Kimchi Pancake yang bisa Anda coba di rumah masing-masing.
Resep Makanan Populer di Indonesia, Bakso Aci Kuah
Sudah mencoba rasa varian bakso aci kuah yang sedang hits di Indonesia saat ini? Begini cara membuatnya.
0
Bisa Jadi Ide Berjualan, Ini Resep Sempol Ayam Tanpa Daging
Menjadi gorengan yang selalu berhasil memikat pelanggan dengan cita rasa khasnya, berikut resep sempol ayam tanpa daging dan ini cara membuatnya.