UNTUK INDONESIA
Doa Martuani Sormin Siregar di Salib Kasih Taput
Irjen Polisi Martuani Sormin Siregar dipercaya memimpin jabatan strategis, sebagai Kapolda Sumatera Utara.
Irjen Martuani Sormin Siregar saat mengikuti rapat Pendeta HKBP, Senin 22 Oktober 2019 di Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara. (Foto: Tagar/Jumpa P Manulang)

Tarutung - Irjen Polisi Martuani Sormin Siregar dipercaya memimpin jabatan strategis. Dia menerima amanah sebagai Kapolda Sumatera Utara menggantikan Irjen Agus Andrianto.

Dalam satu pertemuan gerejawi, dia pernah bersaksi, bahwa jabatan itu datang berkat kuasa Tuhan.

Dia bersaksi, awal menapaki karier posisi strategis Polri setelah memanjatkan doa di Salib Kasih Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara.

Di tengah malam pukul 12.00 WIB dia pergi bersujud dan memanjatkan doa seperti yang dilakukan Yakob di tepi sungai Yordan.

"Tuhan, kalau Tuhan telah memberikan kepemimpinan nabiah kepada Bapak Nomensen, saya juga minta hak yang sama. Puji Tuhan saya lulus Sespati, jadi kalau mau sukses silakan berdoa di Salib Kasih," ungkap Martuani mengutip isi doanya saat di Salib Kasih, di hadapan ribuan pendeta HKBP, pada 22 Oktober 2019 silam.

Dia memberi ceramah kurang lebih satu jam dengan paparan, peran kekristenan membangun bangsa.

Pria kelahiran Lobu Sonak, Desa Lumban Sormin, Kecamatan Pangaribuan, Kabupaten Tapanuli Utara, pada pada 30 Mei 1963 itu merupakan lulusan Akabri 1987 dan sudah mapan dalam jabatan strategis Polri.

Riwayat karier Irjen Martuani Sormin Siregar sejak diwisuda dari Akabri, tahun 1987 sebagai Pamapta Polres Aceh Tenggara, tahun 1989 Kasat Sabhara Polres Aceh Tenggara, tahun 1989 Kapolsek Lawe Sigala-Gala.

Tahun 1992 sebagai Kasat Serse Narkotika Direktorat Serse Polda Aceh. Pada tahun 1996 menjabat Kapuskodal Polres Metro Jakarta Selatan.

Lalu tahun 1998 menjabat Kapolsek Metro Gambir Resor Metro Jakarta Pusat dan tahun 2002 menjabat Kepala Bagian Pengamanan Satuan Direktorat Intelijen dan Pengamanan Polda Sumatera Selatan.

Kita berkeyakinan beliau mampu membuat Sumut yang lebih aman dan nyaman

Pada tahun 2003 sebagai Kapolres Musi Banyuasin dan tahun 2006 sebagai Wakil Kepala Polres Kota Besar Palembang.

Pada tahun 2007 menjabat Penyidik Utama Tk. III Direktorat III/Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri dan 2010 sebagai Direktur Reserse Kriminal Polda Kepulauan Bangka Belitung.

Tahun 2011 menjabat Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Kepulauan Bangka Belitung lalu tahun 2012 menjabat Analis Kebijakan Madya bidang Pideksus Bareskrim Polri.

Pada tahun 2013 menjabat Kabrio Operasi Polda Maluku, tahun 2014 menjabat Kabiro Operasi Polda Jawa Barat.

Tahun 2015 sebagai Kepala Biro Operasi Polda Metro Jaya, tahun 2016 Widyaiswara Madya Sespim Lemdikpol Kabiro Pengamanan Internal Divisi Profesi dan Pengamanan Polri.

Tahun 2016 menjabat Kapolda Papua Barat dan menjadi Kadiv Propam pada tahun 2017. Pada tahun 2018 menjabat Kapolda Papua dan tahun 2019 sebagai Asisten Operasi Kapolri. Sejak 6 Desember 2019 dipercaya menjadi Kapolda Sumatera Utara.

Setelah Martuani Sormin Siregar ditunjuk oleh Kapolri sebagai Kapolda Sumatera Utara terpantau ratusan ucapan selamat dan tanggapan di media sosial.

Dari ragam status memberi keyakinan padanya bisa memberi bakti terbaik menciptakan kamtibmas yang kuat.

Demikian juga tanggapan positif Jonius Taripar Hutabarat mantan Kapolres Tapanuli Utara saat diwawancarai Tagar, Jumat 6 Desember 2019.

Dia sangat optimis putra Tapanuli Utara itu bisa memberi perubahan dalam menciptakan kondisi kamtibmas.

"Kita yakin beliau putra daerah yang sudah mengetahui kultur dan karakteristik Sumut, dan keberhasilan ketika beliau Kapolda Papua. Menjadi modal utama, sehingga atas dasar itu kita berkeyakinan beliau mampu membuat Sumut yang lebih aman dan nyaman," kata Jonius, yang saat ini menjadi anggota DPRD Sumatera Utara.[]

Berita terkait
Sosok Agus Andrianto Dikenal Sebagai Polisi Humanis
Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Agus Andrianto dikenal warga sebagai sosok polisi humanis.
Jadi Kabaharkam, Ini Jalan Karier Agus Andrianto
Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Agus Andrianto dipercaya sebagai Kabaharkam Polri.
Kapolda Sumbar Ditarik ke Mabes Polri
Setelah tiga tahun menjabat Kapolda Sumatera Barat, Irjen Pol Fahkrizal ditarik ke Mabes Polri.
0
Saat Jadi Menteri, Susi Pudjiastuti Rugikan Nelayan
Dewan Penasihat HNSI Jawa Timur, Bambang Haryo Seokartono sebut selama jadi menteri, banyak kebijakan Susi Pudiastuti yang rugikan nelayan.