UNTUK INDONESIA
Kapolda Sumbar Ditarik ke Mabes Polri
Setelah tiga tahun menjabat Kapolda Sumatera Barat, Irjen Pol Fahkrizal ditarik ke Mabes Polri.
Kapolda Sumbar, Irjen Pol Fahkrizal ketika menyerahkan reward kepada ASN Polri pensiun di HUT Korpri 2019. (Foto: Tagar/dok.Humas Polda Sumbar)

Padang - Sejumlah perwira tinggi polisi berganti posisi dalam gelombang mutasi yang baru saja digulirkan Kapolri Jenderal Idham Azis.

Salah satu yang berpindah tugas adalah Irjen Fakhrizal yang sudah tiga tahun menjabat Kapolda Sumatera Barat (Sumbar). Jenderal Bintang Dua itu ditarik ke Mabes Polri untuk mengisi jabatan Analis Kebijakan Utama Mabes Polri.

Ya benar ada mutasi, sebagai bentuk penyegaran.

Keputusan ini tertuang dalam Surat Telegram ST/3229/XII/KEP/2019 tertanggal 6 Desember 2019. Posisinya sebagai Kapolda Sumbar digantikan Irjen Toni Harmanto yang saat ini berdinas di Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri.

Kabar pertukaran Kapolda ini dibenarkan Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Stefanus Satake Bayu Setianto. Menurutnya mutasi adalah hal lumrah terjadi di tubuh Polri.

"Ya benar ada mutasi, sebagai bentuk penyegaran, tour of duty dan tour of area bagi anggota Polri dalam rangka menghadapi perkembangan zaman yang semakin dinamis dan kompleks," katanya saat dihubungi Tagar, Jumat 6 Desember 2019.

Sedangkan untuk serah terima jabatan, lanjut Kombes Stefanus, biasanya dilangsungkan setelah 14 hari surat telegram di keluarkan.

Selain Kapolda Sumbar, dalam surat telegram itu juga menjawab teka-teki pengisis jabatan Kabareskrim. Irjen Listyo Sigit yang saat ini menjabat sebagai Kadiv Propam Mabes Polri ditunjuk menggantikan posisi yang sempat kosong selama satu bulan terakhir pasca ditinggal Jenderal Idham Azis yang diangkat sebagai Kapolri oleh Presiden. []

Berita terkait
Daerah Rawan Gempa Dikritik Ombudsman Sumbar
Layanan informasi dan prosedur pengelolaan pengaduan mitigasi gempa dan tsunami di Sumatera Barat belum maksimal.
Mantan Suami Dewi Persik Nyalon Gubernur Sumbar
Aldi Taher bertekad maju menjadi calon gubernur Sumatera Barat pada Pilkada 2020.
Dokter Makar Asal Sumbar Divonis Setahun Penjara
Dokter hewan terduga makar asal Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, divonis satu tahun penjara.
0
AHY Restui Bupati Barito Utara Maju Pilkada Kalteng
AHY memberi sinyal positif kepada Bupati Barito Utara Nadalsyah untuk maju di Pilkada Kalimantan Tengah 2020.