UNTUK INDONESIA
Sosok Agus Andrianto Dikenal Sebagai Polisi Humanis
Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Agus Andrianto dikenal warga sebagai sosok polisi humanis.
Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Agus Andrianto berperan sebagai petugas pos dan istri berperan sebagai guru (Foto: Tagar/Istimewa)

Medan - Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Agus Andrianto dimutasi Kapolri Jenderal Pol Idham Azis menjadi Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) sesuai dengan Surat Telegram Nomor: ST/3229/XII/KEP/2019 pada Jumat 6 Desember 2019.

Menggantikan Agus adalah Irjen Pol Martuani Sormin yang sebelumnya menjabat sebagai Asops Kapolri. Keluarnya surat telegram tentang mutasi di tubuh Polri membuat masyarakat merasa kehilangan. Sebab, selama ini Agus menunjukkan sosok yang humanis dan peduli dengan masyarakat.

Selamat kepada Pak Agus yang menjadi Kabaharkam

Hal demikian diungkap Ketua Umum Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam (Badko HMI) Sumatera Utara Alwi Hasbi Silalahi di Medan.

"Kita kehilangan sosok polisi yang humanis. Beliau (Agus Andrianto) sering membantu masyarakat. Silakan di cek RS Bhayangkara Medan, banyak warga miskin yang dibantu Kapolda untuk berobat di sana," kata Alwi, Jumat 6 Desember 2019.

Setelah Agus melepas Kapolda Sumatera Utara, tugas berat pun menanti Kapolda Sumatera Utara yang baru, Irjen Pol Martuani Sormin. Sebab, ada banyak kasus di wilayah Sumatera Utara.

"Kalau berkaca dari Pak Agus, Kapolda yang baru akan mendapat tugas yang berat. Setidaknya dapat menyamai Pak Agus, dan kalau bisa kita berharap lebih baik. Contoh kasus misalnya, teroris, lahan eks PTPN II dan lainnya," kata Hasbi.

"Selamat kepada Pak Agus yang menjadi Kabaharkam. Harapannya terus meningkat, dan tentu harapannya bisa jadi Kapolri nantinya," tandas Alwi. [] 

Berita terkait
Jadi Kabaharkam, Ini Jalan Karier Agus Andrianto
Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Agus Andrianto dipercaya sebagai Kabaharkam Polri.
Komisi III Minta Polda Sumut Pastikan Keamanan Hakim
Dalam kunker ke Polda Sumut, Komisi III DPR RI menyoroti kasus tewasnya hakim Pengadilan Negeri Medan Jamaluddin.
Komisi III DPR Bahas Jalan Rusak dengan Kapoldasu
Komisi III DPR RI membahas jalan rusak dengan Kapolda Sumatera Utara.
0
Dituduh Mencuri, Kakek di Malaka NTT Tewas Dibacok
Karena dituduh hendak mencuri sapi, seorang kakek di Malaka Nusa Tenggara Timur (NTT) tewas dibacok.