UNTUK INDONESIA
DKI Jakarta, Daerah Penerima Bantuan APD Terbanyak Pemerintah
DKI Jakarta menjadi provinsi terbanyak penerima Alat Pelindung Diri (APD) dan masker dari pemerintah.
Ilustrasi petugas medis menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) dan masker. (Foto: Pixabay)

Jakarta - Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Oscar Primadi mengatakan pihaknya terus mendistribusikan logistik kesehatan untuk penanganan Covid-19 ke 34 provinsi di Indonesia. DKI Jakarta menjadi provinsi terbanyak penerima Alat Pelindung Diri (APD) dan masker dari pemerintah.

"Sampai saat ini, bantuan sudah didistribusikan secara merata oleh Kementerian Kesehatan, didahului dengan kajian terkait jumlah kasus dan permintaan kebutuhan dari masing-masing provinsi, tujuannya agar distribusi tepat sasaran," kata Oscar lewat keterangan tertulisnya pada Kamis 5 November 2020.

Oscar menuturkan, berdasarkan data yang dihimpun Pusat Krisis Kesehatan, per tanggal 4 November 2020, logistik kesehatan yang telah sampai ke daerah yaitu APD sebanyak 4.638.071 pcs, Masker N95 sejumlah 5.509.760 pcs dan masker bedah sebanyak 15.150.070 pcs.

Yang membutuhkan masker maupun logistik kesehatan lainnya untuk segera berkoordinasi dengan dinas kesehatan setempat.

VaksinasiSeorang dokter yang mengenakan alat pelindung diri (APD) memberikan penjelasan sebelum melakukan vaksinasi kepada anak di Rumah Vaksin Sawangan, Depok, Jawa Barat, Rabu, 10 Juni 2020. Pemerintah dan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengajak orang tua agar tetap melakukan vaksinasi kepada anak sesuai jadwal meskipun saat pandemi Covid-19 untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak dalam mencegah penyakit tertentu. (Foto: Antara/Wahyu Putro A)

Oscar mengatakan, DKI Jakarta menjadi penerima bantuan terbanyak logistik kesehatan berdasarkan kajian yang telah dilakukan Kamenkes. 

Alasan utamanya karena Ibu Kota terdata memiliki jumlah kasus positif Covid-19 terbanyak di Indonesia, diikuti Provinsi Jawa Timur, Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Lebih lanjut, Oscar menjelaskan, seluruh logistik kesehatan yakni APD, masker N95 dan masker bedah didistribusikan melalui Dinas Kesehatan Provinsi.

Sebab itu, bagi rumah sakit, puskesmas maupun klinik yang membutuhkan dapat berkoordinasi dengan Dinkes Kab/Kota untuk selanjutnya diajukan ke Dinkes Provinsi sebagai titik penyaluran logistik kesehatan.

"Kami meminta kepada rumah sakit, puskesmas dan klinik yang membutuhkan masker maupun logistik kesehatan lainnya untuk segera berkoordinasi dengan dinas kesehatan setempat," tuturnya.

Berita terkait
Merasakan Makanan Seperti Ini? Bisa Jadi Anda Positif Corona
Mereka yang menduga terinfeksi virus corona bisa mengujinya dengan mengetes indera pengecap saat merasakan makanan.
3 Makanan Penumbuh Rambut Berewok, Biar Ikut No Shave November!
Anda yang tidak punya kumis atau janggut mungkin keki tak bisa merayakan tradisi No Shave November. So, konsumsi makanan penumbuh berewok ini.
Fobia Makanan, Wanita Ini Hanya Makan Nugget Selama 15 Tahun
Wanita ini baru belajar cara menggunakan sendok dan garpu. Setelah makan nugget selama 15 tahun akibat fobia makanan.
0
Kenangan Terakhir Ngadiran Membuat Ki Seno Tertawa
Seorang penggemar Ki Seno, Ngadiran memiliki topeng yang bisa membuat almarhum tertawa saat pertunjukan Seni di Mlati, Sleman.