3 Makanan Penumbuh Rambut Berewok, Biar Ikut No Shave November!

Anda yang tidak punya kumis atau janggut mungkin keki tak bisa merayakan tradisi No Shave November. So, konsumsi makanan penumbuh berewok ini.
Aktor Jeremy Thomas. (Foto: Instagram/jeremythomas_jt)

Jakarta - Tahun 2020 sudah masuk bulan ke-11, sebagian orang merayakan tradisi No Shave November. Anda yang tidak mempunyai kumis atau bahkan berewok mungkin keki karena tidak bisa meramaikannya. Siapa bilang? Anda sudah mencoba sejumlah makanan penumbuh rambut agar janggut cepat tumbuh dan tebal?

Ya, No Shave November merupakan tradisi membiarkan rambut di wajah tumbuh bebas sepanjang bulan ke-11. Diinisiasi oleh sekitar 30 pria yang tergabung dalam yayasan sosial Movember di Australia

Awalnya digelar sebagai bentuk penghormatan bagi pasien kanker yang kehilangan banyak rambut. Ketika ikut meramaikannya, kaum Adam juga harus berperilaku seperti pria sejati.

Bagi Anda yang tidak memiliki kumis atau berewok jangan berkecil hati. Tagar punya rekomendasi 3 makanan yang dapat memicu rambut tumbuh lebat. Mereka yang mempunyai janggut juga dapat mengonsumsinya agar rambut pada area di sekitar mulut, pipi, dan di bawah dagu menjadi makin lebat.

Dikutip dari Boldsky, berikut 3 makanan pemicu rambut pada berewok tumbuh:

Aktor berewok Reza RahadianAktor Reza Rahadian. (Foto: dok Agus Apriyanto)

1. Telur

Menurut American Dietetic Association, nutrisi yang memiliki efek positif pada jantung dan organ utama lainnya memiliki efek yang sama pada kulit dan rambut. Kandungan nutrisi itu terdapat pada sebutir telur.

Telur kaya akan biotin yang merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan berewok. Mengonsumsi telur secara teratur efektif untuk tujuan menumbuhkan rambut di area wajah.

Jenis makanan yang dihasilkan dari ayam ini juga membantu meningkatkan ketebalan jenggot dari waktu ke waktu. Penelitian telah membuktikan bahwa kekurangan biotin bisa mengurangi kemungkinan cikal bakal rambut tumbuh pada kumis dan berewok.

Musisi berewok Adam LevineVokalis band Maroon 5, Adam Levine. (Foto: Ist)

2. Ikan

Asam lemak omega-3 yang banyak terdapat pada ikan merupakan sumber lemak terbaik untuk meningkatkan produksi protein dalam tubuh. Baik asam lemak omega-3 dan protein penting untuk pertumbuhan berewok. Untuk khasiat yang lebih baik, Anda dapat mengonsumsi ikan berminyak seperti mackerel, tuna, salmon, dan sarden.

Aktor berewok Jake GyllenhaalAktor Jake Gyllenhaal. (Foto: Rottentomatoes/Han Myung Gu/WireImage)

3. Buah, sayuran, dan kacang tertentu

Pertumbuhan rambut di sekitar mulut, pipi, dan di bawah dagu menjadi lebat sepenuhnya diatur oleh hormon pria DHT dan testosteron. Meningkatkan asupan makanan tertentu berarti meningkatkan kadar kedua hormon tersebut.

Dua hormon tersebut bisa disebut androgen, diperlukan tubuh untuk merangsang pertumbuhan rambut kumis atau berewok. Bersamaan dengan itu, asupan mineral dan vitamin juga berperan besar dalam meningkatkan pertumbuhan berewok.

Jeruk yang kaya vitamin C, sayuran hijau mengandung vitamin E, dan kacang Pinto berisi selenium merupakan androgen merangsang tumbuhnya berewok.

Jeruk dapat dikonsumsi dengan cara dijus. Vitamin C dalam jus jeruk meningkatkan produksi sebum, minyak alami yang diproduksi tubuh untuk melumasi kulit dan melembabkan rambut. Itu bisa membuat janggut Anda tumbuh tebal.

David BeckhamSelebritis dengan berewok di wajah David Beckham saat berpesta memeluk istrinya, Victoria. (Foto: Twitter/dvdbeckham)

Sedangkan sayuran hijau seperti kangkung dan bayam yang kaya akan vitamin E bisa melembutkan rambut berewok. Di satu sisi meningkatkan aliran darah ke folikel rambut, sehingga bisa menumbuhkan rambut di area wajah.

Sementara kacang jenis Pinto kaya akan mineral selenium yang memainkan peran sentral dalam pertumbuhan rambut. Kacang ini juga mengandung asam amino yang disebut glisin dan prolin, ptotein yang bermanfaat untuk menumbuhkan rambut pada wajah, kuku, dan bisa menjaga kesehatan kulit.

Berita terkait
Tips Cegah Gatal di Kulit Tumbuh Berewok, Telat Bisa Dibedah
Beragam faktor bisa memicu kulit yang ditumbuhi berewok terasa gatal. Jangan sampai parah atau mengatasinya bisa dibedah.
Rambut Tumbuh ke Dalam dan 4 Faktor Kulit Berewok Gatal Parah
Belakangan kulit yang ditumbuhi berewok terasa gatal. Selain karena rambut tumbuh ke dalam, ini ragam penyebabnya.
Cara Keramas Pakai Air Teh Hijau, Merangsang Rambut Tumbuh
Manfaat air teh hijau bila dipakai keramas salah satunya untuk merangsang rambut tumbuh dan menjadi lebat. Bagaimana caranya?
0
16 Pesawat Militer China Menyusup ke Wilayah Udara Malaysia
Pemerintah Malaysia akan mengeluarkan protes diplomatik terhadap "penyusupan"16 pesawat militer China ke wilayah udaranya