Ditutup Karena Pandemi Perbatasan Australia Akan Dibuka

Perbatasan Negara Bagian Queensland Australia akan dibuka kembali mulai 1 Februari 2021 setelah ditutup karena pandemi virus corona
Riverside Expressway yang sepi terlihat pada hari pertama karantina wilayah di Brisbane pada 9 Januari 2021, Australia dalam "siaga tinggi" atas munculnya jenis Covid-19 yang lebih menular (Foto: voaindonesia.com/AFP)

Jakarta – Negara Bagian Queensland di Australia, dengan Ibu Kota Brisbane, mengumumkan akan membuka kembali perbatasannya dengan New South Wales setelah ditutup karena pandemi virus corona (Covid-19). Hal ini disampaikan Menteri Utama Queensland, Annastacia Palaszczuk, pada 28 Januari 2021,

Menteri Palaszczuk mengatakan semua penduduk negara bagian New South Wales akan disambut kembali pada 1 Februari 2021 dan tidak harus dikarantina pada saat kedatangan mereka. Palaszczuk mendesak agar warga Sydney yang ingin berlibur untuk melakukan perjalanan ke negara bagian yang dipimpinnya.

Palaszczuk mengatakan ada banyak hal yang dapat dilakukan di Queensland, terutama karena kondisi cuacanya yang mendukung. Warga Australia dari luar Queensland kini bisa datang tanpa perlu izin deklarasi perbatasan.

queenslandPosisi Negara Bagian Queensland di Australia (Foto: britannica.com)

Warga Queensland juga menyambut keputusan pembukaan perbatasan ini. Namun, keputusan pemerintah negara bagian itu diharapkan akan berlaku lebih lama, tidak hanya dua minggu seperti sebelumnya.

Sejumlah pemilik bisnis di Queensland mengatakan, mereka berharap pembukaan perbatasan ini akan menggairahkan kondisi perekonomian negara bagian itu yang sangat terpukul akibat pandemi virus corona dan kebijakan-kebijakan terkait usaha penanggulangannya.

Queensland menutup perbatasannya dari kawasan metropolitan Sydney dan sekitarnya setelah wabah merebak pada akhir Desember 2020. Keputusan itu mengganggu perjalanan Natal antara Queensland dan New South Wales di mana Sydney berlokasi (ab/uh)/voaindonesia.com. []

Berita terkait
Australia Mungkin Tidak Buka Perbatasan Internasional 2021
Ada kemungkinan Australia tidak akan membuka perbatasan internasionalnya sepanjang tahun 2021 biar pun semua warga sudah divaksinasi corona
0
Nasib Pekerja Seks Komersial di Melbourne Ketika Lockdown
Sejumlah pekerja seks komersial (PSK) di Negara Bagian Victoria, Australia, terpaksa bekerja secara ilegal atau manfaatkan alasan "pasangan dekat"